Ngabuburit bersama Kartu Prakerja: Cepat Cakap Inggris untuk Front Office dan Resepsionis
Artikel Insight
Ngabuburit bersama Kartu Prakerja: Cepat Cakap Inggris untuk Front Office dan Resepsionis
Hari kedua program pelatihan gratis Ngabuburit bersama Kartu Prakerja, Kamis 21 April 2021, menyajikan beberapa kelas. Salah satu topik yang ditampilkan yakni ‘Cepat Cakap Inggris untuk Front Office & Resepsionis’. Dipersembahkan oleh Mau Belajar Apa dan Cakap, pelatihan gratis ini dibawakan Teacher Lala dengan sangat komunikatif.
Pelajaran dasar pertama yang disampaikan Teacher Lala yakni sapaan oleh front office atau resepsionis, dengan memberikan sapaan atau tawaran siap memberikan bantuan.
“Greeting dan offering assistant bisa disampaikan dengan kalimat good morning, good afternoon, atau good evening, welcome to … (nama tempat di mana kita bekerja). Diikuti dengan ‘What can i help you with?’ atau ‘How may I Help you?’” kata Teacher Lala.
Preposisi atau kata depan ‘with’ harus diletakkan di bagian akhir kalimat jika digabungkan dengan kata ‘what’ atau ‘anything’ seperti pada kalimat ‘‘What can i help you with?’ dan ‘Is there anything I can help you with?”
Pelajaran dasar lain yang diberikan yakni bagaimana seorang front office dan resepsionis menawarkan produk. Misalnya dengan kalimat “Our product/service range include, we recently launched, could I offer you/interest you in, would you be interested in?”
Menurut Lala, dalam sapaan berbahasa Inggris, menggunakan bentuk lampau akan lebih sopan. Misalnya memilih diksi ‘could’ daripada ‘can’ dan ‘would’ dibandingkan ‘will’.
Teacher Lala tak lupa mengingatkan, saat memberikan salam, penawaran bantuan dan produk, kita harus memakai ‘body language’ dan ‘hospitality’ yang baik.
“Jangan sampai lupa memberikan senyum dan kontak mata pada customer,” kata Lala.
Pelajaran berikutnya yakni bagaimana menyimpulkan sebuah percakapan dengan ‘sealing the deal’ atau memastikan kesepakatan di waktu berikutnya.
Misalnya dengan kalimat, ‘Thank you so much for shopping with us’, ‘We hope you enjoyed shopping with us’, ‘We hope you’ll visit us again’, ‘Looking forward to seeing you again’, ‘Feel free to call us anytime if you have any questions’, atau ‘We hope you enjoyed shopping with us. Please feel free to call us anytime if you have questions about your new product’.
Bagian lain yang tak kalah penting yakni berterimakasih serta minta maaf kepada customer.
“’Thank You’ perlu diungkapkan, karena perusahaan sudah memberi kepercayaan pada produk kita. Demikian pula ‘apologize’ untuk minta maaf,” kata Lala sembari memberi beberapa contoh penggunaan verbs yang tepat.
Kelas ‘Cepat Cakap Inggris untuk Front Office & Resepsionis’ ini berjalan menarik dan berlangsung interaktif. Banyak peserta bertanya atau mencoba menerapkan kemampuannya berbahasa Inggris dengan berperan sebagai front office atau resepsionis.
Artikel dengan kategori Insight
Memanfaatkan Platform Digital untuk Kesejahteraan Inklusif di Asia Tenggara
21 Nov 2024 7 Menit BacaSudirta: Alumni Prakerja dari Minahasa yang Mengubah Tantangan Pandemi Menjadi Peluang
14 Okt 2024 5 Menit BacaKarier Perbankan Digital: Anti Risau Soal Batasan Usia
05 Sep 2024 4 Menit BacaPerut Kenyang, Otak Cerdas: Advokat Sekjen PBB singgung Program Makan Bergizi Gratis untuk Pembangunan Berkelanjutan
12 Jul 2024 4 Menit BacaMengenal Green Skills: Kunci Masa Depan Kerja Ramah Lingkungan
04 Jun 2024 6 Menit Baca