Kado Tahun Baru dari Kartu Prakerja: Fitur ‘Job Search’ Permudah Temukan Pekerjaan Impianmu!

Rabu , 20 April 2022 14:03 WIB
Kado Tahun Baru dari Kartu Prakerja: Fitur ‘Job Search’ Permudah Temukan Pekerjaan Impianmu!

Di ujung tahun 2021 menjelang Tahun Baru 2022, Program Kartu Prakerja memberi kado khusus bagi angkatan kerja di tanah air untuk lebih mudah menemukan pekerjaan yang diimpikan.

Tampilan baru dashboard Prakerja kini menyajikan fitur ‘Job Search’ yang bisa diakses oleh semua pendaftar Program Kartu Prakerja.

Caranya mudah. Pertama, kunjungi situs resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id

Login ke dashboard, pilih ‘Info Pekerjaan’. Lalu ketik judul pekerjaan di kolom pencarian. Gunakan filter untuk menyaring pekerjaan yang Sobat inginkan.

Selanjutnya, pilih lokasi di mana Sobat Prakerja ingin bekerja. Pilih pendidikan terakhir. Pilih industri pekerjaan sesuai keahlian. Pilih perkiraan gaji sesuai keinginan. Pilih jenis pekerjaan (full time, paruh waktu, kontrak atau magang).

Setelah itu, hasil filter pencarian pekerjaan akan muncul sesuai dengan keinginan Sobat Prakerja.

Klik salah satu lowongan pekerjaan untuk melihat detail informasi pekerjaan tersebut.

Jika dianggap sesuai kriteria, klik tombol di bagian bawah untuk melamar pekerjaan tersebut di situs job platform.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengungkapkan pihaknya terus melakukan inovasi untuk memberikan banyak manfaat kepada angkatan kerja Indonesia. Tidak hanya untuk mereka yang berhasil diterima sebagai peserta program, tapi juga kepada semua angkatan kerja yang menjadi user situs prakerja.go.id.

“Fitur pencarian pekerjaan dibuat untuk membantu semua pendaftar Kartu Prakerja dalam menemukan pekerjaan sesuai keinginan. Kehadiran fitur ‘Job Search’ ini melengkapi layanan yang sudah ada sebelumnya, yakni fitur ‘Job Recommendation’ dan ‘Trend Recruitment’,” kata Denni.

Fitur pencarian pekerjaan ini terwujud berkat kerja sama Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dengan tiga job platform, yakni Jobs.id, karir.com dan topkarir.com

Pada dua tahun pelaksanaannya, Program Kartu Prakerja telah membuka sebanyak 22 gelombang, dengan total penerima lebih dari 11,4 juta orang, dari total email pendaftar yang register di situs mencapai lebih dari 83 juta.

Badan Pusat Statistik telah merilis hasil Sakernas Agustus 2021, yang mengkonfirmasi bahwa program Kartu Prakerja semakin diketahui, dipahami dan bermanfaat bagi Angkatan Kerja. Sebanyak 87,22% penerima yang menyelesaikan pelatihan menganggap program ini meningkatkan keterampilan kerja mereka. Sementara 83,33% penerima menggunakan insentif untuk kebutuhan sehari-hari, dan 34,15% untuk modal usaha.

“Selain itu, studi evaluasi dampak oleh peneliti Harvard, MIT, dan TNP2K yang tergabung dalam lembaga penelitian J-PAL SEA menemukan bukti empiris adanya dampak positif Program Kartu Prakerja terhadap 9 dari 10 indikator termasuk di antaranya ketahanan pangan, ketahanan finansial, kebekerjaan, kewirausahaan, pendapatan, maupun inklusi keuangan,” papar doktor ekonomi lulusan University of Colorado at Boulder, Amerika Serikat, ini.

Dengan 181 lembaga pelatihan di bawah 7 platform digital, Program Kartu Prakerja menyediakan pelatihan yang beragam untuk peserta yang beragam.

Pelatihan-pelatihan itu antara lain bidang teknologi informasi (Excel, Data Science, Python, Agile, Scrum, Cisco, Google Analytics, Java,Product Manager), penjualan dan pemasaran (bisnis online, digital marketing, property agent, telemarketing), gaya hidup (tata rias, fashion design, fotografi, salon, tukang jahit), Manajemen ( bisnis digital, manajemen K3, human resource, manajemen humas), perkantoran (sekretaris, administrasi, MS Office, customer service), makanan dan minuman (teknik pastry, Usaha Kedai kopi, food safety, pramusaji, japanese food ), pertanian (hidroponik, beternak lele, teknik vertikultur) dan topik-topik lain (reporter, penulis naskah, tour guide).

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan