Desain Grafis Bisa Dipelajari Segala Profesi

Senin , 24 Mei 2021 14:53 WIB
Desain Grafis Bisa Dipelajari Segala Profesi

Dalam berkomunikasi, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Selain verbal, pesan atau informasi juga bisa disampaikan lewat elemen grafis.

Desain grafis saat ini bisa dipelajari oleh siapa pun untuk kepentingan beragam. Misalnya, pembuatan content media sosial atau materi presentasi.

Bagi desainer grafis profesional, program Adobe Illustrator, Corel Draw, maupun Adobe Photoshop lumrah dikuasai. Namun demikian, masyarakat umum tetap bisa membuat content grafis tanpa harus menguasai ketiga program tersebut. 

Sobat Prakerja tetap dapat belajar desain grafis untuk berbagai kepentingan dengan mengakses berbagai aplikasi desain, website ilustrasi, website foto, maupun website font yang tidak berbayar.

“Ada banyak aplikasi maupun website yang bisa diakses baik lewat desktop maupun HP secara gratis,” kata Iksan Bangsawan, Founder Skena, saat pelatihan gratis Ngabuburit bertema “Dasar Desain Grafis untuk Segala Profesi” yang digelar Kartu Prakerja bersama HelloMotion Academy, Selasa, 27 April 2021. 

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan lewat smartphone adalah Canva yang memiliki banyak template desain. Tak hanya itu, Sobat Prakerja juga bisa mengakses lewat lama canva.com untuk bisa membuat materi desain yang menarik.

“Bahkan ada sejumlah template untuk infografis,” katanya.

Selain gambar atau foto, unsur yang perlu diperhatikan dalam membuat desain adalah komposisi warna dan teks. Untuk desain makanan, ia menyarankan untuk menggunakan warna cerah seperti kuning, merah, dan jingga. 

“Warna hijau juga bisa digunakan untuk healthy food,” tuturnya.

Sementara itu, untuk pesan bertema perempuan biasanya identik dengan warna merah muda.

Dalam kesempatan itu, Iksan membedah content Instagram akun @prakerja.go.id yang terdiri atas shape, teks, logo, dan foto. 

“Semua unsur itu disusun agar pesan mudah dibaca. Hal itu bisa banget dibuat oleh semua orang,” ujarnya.

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan