Insight

Pelatihan Bahasa Inggris dan Digital Marketing: Kunci Masa Depan di Era Perubahan

Bagikan

Penguasaan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan pada era digital seperti saat ini, karena dalam perebutan posisi di dunia ketenagakerjaan, kita akan bersaing dengan banyak kompetitor, tak menutup di antaranya dengan tenaga kerja asing.

Di masa di mana semua dilakukan dengan ‘go digital’, kita bisa menawarkan keahlian melalui teknologi internet, dan itu dilakukan bukan hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri. Semuanya dilakukan dengan Bahasa Inggris, sebuah keterampilan yang bisa memberikan nilai lebih dan memperluas kesempatan.

Penegasan itu menjadi kesimpulan Live Instagram ‘Ngobrol Santai Kartu Prakerja dengan Pijar Mahir’. Ngobrol Santai yang dipandu Indah Dian Novita ini menampilkan narasumber Business Lead Pijar Mahir, Elnofian, menjelaskan kelas-kelas pelatihan melalui Pijar Mahir, satu-satunya BUMN yang menjadi mitra platform digital dalam Program Kartu Prakerja.

Pijar Mahir merupakan platform belajar online yang dikembangkan PT Telkom Indonesia dan menaungi 20 lembaga pelatihan yang menyediakan lebih dari 200 judul pelatihan dalam Program Kartu Prakerja.

“Karena pentingnya keterampilan Bahasa Inggris itulah, maka kelas Bahasa Inggris di Pijar Mahir menjadi kelas yang banyak diambil oleh Sobat Kartu Prakerja. Saat melamar kerja, kita bisa menjual portofolio, dan penguasaan Bahasa Inggris bisa kita tunjukkan dalam portofolio yang kita miliki,” jelas Elno.

Berbagai kelas keterampilan Bahasa Inggris yang ditawarkan melalui lembaga-lembaga pelatihan di bawah Pijar Mahir antara lain ‘Cara Meraih Sukses dengan Bahasa Inggris’, ‘Cepat Cakap Inggris Khusus Presentasi’, ‘Cepat Cakap Inggris Khusus Job Interview’, ‘Bagaimana Melakukan Presentasi Bisnis dalam Bahasa Inggris’, ‘Bahasa Inggris untuk Pencari Kerja’, ‘Bahasa Inggris untuk Pengemudi’, ‘Bahasa Inggris untuk Petugas Pelayanan Pelanggan’, dan Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Mudah (Strategi Jitu Menjawab Tantangan Abad 21).

Selain Bahasa Inggris, satu topik penguasaan keterampilan yang ditekankan oleh Pijar Mahir yakni kemampuan digital marketing.

Kenapa pelatihan pemasaran, khususnya digital marketing, juga menjadi hal penting dan menarik banyak perhatian penerima Kartu Prakerja?

“Kemampuan pemasaran digital sangat dibutukan, apalagi dalam keadaan saat ini, di tengah pandemi Covid-19 di mana pertemuan-pertemuan secara fisik sangat dibatasi,” tegasnya.

Elno mencontohkan, dengan memanfaatkan teknologi internet menggunakan platform e-commerce yang banyak sekarang ini, kita bisa jadi reseller, atau bahkan berjualan tanpa perlu modal.

“Di sinilah kita dituntut kita harus menguasai pemasaran dari platform e-commerce tersebut. Untuk itu, Pijar Mahir menyediakan kelas pemasaran untuk platform e-commerce dan berbagai kelas lainnya yang mengarah ke pemasaran digital tanpa modal dan hanya bermodalkan handphone atau platform media sosial,” terangnya.

Berbagai kelas keterampilan Digital Marketing yang ditawarkan melalui lembaga-lembaga pelatihan di bawah Pijar Mahir antara lain ‘Fundamental of Digital Marketing’, ‘Melakukan Marketing untuk Bisnis Kuliner’, ‘Strategi Praktis Jago Jualan Online Dengan Google Ads’, ‘Cara Dapat Income Puluhan Juta Rupiah Hanya Lewat Instagram’, ‘Cara Cepat Dapatkan Omzet 50jt Pertama Hanya Modal Website’, ‘Strategi Praktis Memulai Bisnis Online Dengan Google dan SEO, ‘Cara Jadi Youtuber untuk Pemula’, ‘Modal Camera Sederhana, Yuk Jadi Fotografer Pemula’, ‘Cara Jualan Laku di Tokopedia’, dan ‘Empat Jam Menguasai Video untuk Berjualan’.

Pijar Mahir juga memiliki kelas-kelas mengenai riset pasar untuk mendorong peserta yang ingin mulai berjualan untuk melihat trend barang yang sedang dicari, visual yang tepat untuk digunakan, dan konten teks narasi apa saja yang bagus untuk pemasaran.

Selain Bahasa Inggris dan Digital Marketing, kelas di Pijar Mahir lain yang banyak diminati yakni pelatihan membuat dokumen perkantoran dengan memanfaatkan Microsoft Words.

“Ketika kita bekerja membuat dokumen perkantoran atau administrasi, keterampilan seperti ini benar-benar dibutuhkan. Harapannya, Sobat Prakerja yang mengambil pelatihan dokumen perkantoran bisa memasukkan penguasaan keterampilan ini ke dalam CV saat nanti melamar pekerjaan,” urainya.

Elno pun mengisahkan cerita pengalaman penerima Kartu Prakerja yang berhasil membuka usaha berkat mengikuti kelas Pijar Mahir.

“Kami memiliki engagement dengan peserta yang mengambil pelatihan di Pijar Mahir. Namanya Fadlan Maulana. Fadlan ini telah membuka usaha roti bakar dengan memanfaatkan Kartu Prakerjanya dan tiga kali mengambil pelatihan di Pijar Mahir,” ungkapnya.

Elno mengenang, di awal Program Kartu Prakerja, Pijar Mahir menyediakan pelatihan pembuatan masker yang bisa diikuti secara gratis.

“Kami sangat senang dan bangga karena apa yang kami lakukan betul-betul memberi manfaat ke para penerima Kartu Prakerja,” pungkasnya.

Ikuti perbincangan ini selengkapnya di link

https://www.instagram.com/p/CGKQ_YXlXUW/

 

Artikel Lainnya

InsightPembukaan Gelombang 12 Program Kartu Prakerja: Kembangkan Kompetensi Sekaligus Perlindungan Sosial di Masa Pandemi

Melanjutkan kesuksesan Program Kartu Prakerja di tahun 2020, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa, 23 Februari 2021, secara resmi membuka Gelombang 12 yang menandai dimulainya Program Kartu Prakerja tahun 2021. Menko Airlangga selaku Ketua Komite Cipta Kerja mengatakan bahwa Program Kartu Prakerja berhasil menjalankan mandatnya sebagai program pengembangan kompetensi kerja sekaligus sebagai program perlindungan …

InsightDengan Cara Belajar Baru, Kartu Prakerja Buat Masyarakat Jadi Tangguh

Untuk sebuah program yang baru berusia setahun dan menghadapi berbagai tantangan besar di awal berdirinya, Program Kartu Prakerja dapat dijalankan dengan baik dan mencapai target pada tahun pertamanya. Hal ini terbukti dengan distribusi penerima manfaat Kartu Prakerja pada 2020 kepada 5,5 juta orang dari pendaftar awal yang mencapai 43 juta orang di 514 kabupaten dan …

InsightWow, Layanan Aduan Kartu Prakerja Terima 41 Ribu Live Chat, 23 Ribu Email, dan 2.100 Telepon Sehari!

Sejak awal peluncuran Kartu Prakerja, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja memiliki komtmen tinggi terhadap aspek pelayanan spesifik keterjangkauan. Hal ini diwujudkan dengan menyediakan dua kanal aduan, yakni telepon dan email sementara media sosial Instagram lebih sebagai sarana sosialisasi. Namun sering berjalannya waktu dan makin tingginya antusiasme calon penerima Kartu Prakerja, maka manajemen Kartu Prakerja pun …

InsightBelajar dan Disiplin, Kunci Utama Wujudkan Mimpi Besar

Di zaman sekarang ini kemajuan teknologi berkembang begitu pesat. Bahkan setiap detik terjadi perubahan. Kita pun dituntut untuk belajar menguasai, mengikuti perubahan dan menjadikanya sebagai partner dalam mengembangkan diri. Hal itu ditegaskan M. Saepul Fauzi seorang karyawan sekaligus wirausahawan muda dalam acara ‘Ngobrol Santai Kartu Prakerja bersama MauBelajarApa’ di Live Instagram @prakerja.go.id. Dalam acara yang …