Insight

Perlengkapi Dirimu dengan Enam ‘Skill Cuan’ di Tahun Pemulihan Ekonomi

Bagikan

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 terjadi di hampir semua sektor kehidupan. Tak sedikit perusahaan harus merumahkan karyawannya. Industri banyak yang ditutup, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan.

Tahun 2021 diharapkan menjadi tahun pemulihan setelah banyak sektor diporakporandakan akibat penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-Cov-2 ini.

Head of Karier.mu Sekolah.mu, Rangga Septyadi mengatakan,  menghadapi tahun pemulihan di 2021 ini, masyarakat -khususnya penerima Kartu Prakerja- harus mempersiapkan skill lebih karena persaingan nanti cukup ketat.

Pentingnya memiliki ‘Skill Cuan’ atau keterampilan yang menghasilkan duit ini diungkapkannya saat menjadi narasumber ‘Ngobrol Santai Kartu Prakerja  dipandu host Ridho Rahatesa live di Instagram Kartu Prakerja.

“Kita perlu menyiapkan diri mengisi keterampilan kita dengan skill-skill yang bagus untuk bisa menghadapi di tahun 2021. Baik posisi kita misalnya untuk bekerja kembali atau bisa saja di antara kita ada yang memutuskan untuk  berwirausaha,” kata dia.

Rangga menekankan agar setiap orang perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi tahun 2021.

Menurutnya, ada enam skill yang harus dimiliki untuk memulai sesuatu pekerjaan maupun usaha di tahun 2021 ini.

Pertama, kemampuan untuk belajar pengetahuan dan keterampilan baru sehingga bisa jadi sumber penghasilan lain bagi para penerima manfaat Kartu Prakerja.

“Contohnya koki. Selain mahir masak, jika dia ingin buka usaha sendiri ya dia juga harus memiliki kemampuan bisnis juga,” papar Rangga. Termasuk di antaranya kemampuan mengemas produk (packaging) serta melakukan promosi lewat media sosial.

Kedua, kemampuan beradaptasi yang baik dengan lingkungan, bertemu hal-hal baru.

Ketiga, penguasaan teknologi informasi dasar. Seperti penggunaan Zoom, Google Meet, Microsoft Word dan lainnya. Hal ini sangat penting karena banyak proses yang terjadi di dunia usaha maupun perusahaan memanfaatkan teknologi dasar perkantoran terutama di masa pandemi.

“Jangan khawatir juga. Saat ini banyak sekali aplikasi dasar di internet yang bisa kita manfaatkan templatenya untuk dimodifikasi sesuai keinginan kita,” jelasnya.

Keempat, kemampuan berkomunikasi alias membangun hubungan dengan pihak lain.

“Komunikasi merupakan kunci utama untuk mengembangkan karir dan dunia bisnis yang kita jalankan. Dimulai dari cara sharing, menyampaikan bisnis baru kita ke teman-teman terdekat,” terangnya. Penguasaan keterampilan berkomunikasi ini tidak saja komunikasi verbal tapi juga tertulis.

Kelima, kemampuan menyelesaikan masalah dan mampu memberikan ide-ide baru baik ke perusahaan ataupun dunia usaha yang akan kita geluti.

“Contohnya, bagaimana caranya agar orang-orang bisa membeli produk kita, bagaimana caranya kita bisa mendapatkan bahan baku yang murah dan berkualitas,” katanya.

Dan keenam, kemampuan berbahasa Indonesia dan bahasa asing. Di zaman sekarang ini kemampuan Indonesia yang baik dan benar ditambah penguasaan bahasa asing sangat dibutuhkan di hampir semua perusahaan maupun dunia usaha.

Enam hal di atas merupakan hal sangat penting di tahun 2021 ini dan semuanya telah disiapkan oleh Sekolah.mu. Jadi bagi penerima manfaat Kartu Prakerja dapat memanfaatkan saldo yang ada untuk membeli kelas pelatihan di atas di platform Sekolah.mu yang merupakan salah satu platform digital resmi pemerintah untuk program Kartu Prakerja.

“Sobat Kartu Prakerja dapat memilih pelatihannya di Sekolah.mu. Contohnya untuk komunikasi, Sekolah.mu telah bekerjasama dengan lembaga pelatihan Daya Dimensi Indonesia, dan tersedia kelas pelatihan dasar dalam berkomunikasi,” terangnya.

Adapun kelas pelatihan yang ada di Sekolah.mu di antaranya; pentingnya berkomunikasi sama pelanggan, penguasaan mahir bahasa asing, ketrampilan dasar dalam berkomunikasi, membangun kolaborasi yang sukses dalam tim.

“Nah, bagi sobat Kartu Prakerja tunggu apa lagi, manfaatkan saldo Anda untuk membeli pelatihan yang sesuai dengan keinginan,” ajaknya.

Sekolah.mu berharap bisa menjadi partner efektif bagi penerima Kartu Prakerja untuk bangkit kembali setelah pandemi Covid-19 ini.

Kolaborasi Sekolah.mu dengan berbagai mitra yang ada di seluruh Indonesia juga diharapkan dapat membuat Sobat Prakerja meningkatkan kemampuan dan bangkit di tengah pandemi.

Artikel Lainnya

InsightPembukaan Gelombang 12 Program Kartu Prakerja: Kembangkan Kompetensi Sekaligus Perlindungan Sosial di Masa Pandemi

Melanjutkan kesuksesan Program Kartu Prakerja di tahun 2020, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa, 23 Februari 2021, secara resmi membuka Gelombang 12 yang menandai dimulainya Program Kartu Prakerja tahun 2021. Menko Airlangga selaku Ketua Komite Cipta Kerja mengatakan bahwa Program Kartu Prakerja berhasil menjalankan mandatnya sebagai program pengembangan kompetensi kerja sekaligus sebagai program perlindungan …

InsightDengan Cara Belajar Baru, Kartu Prakerja Buat Masyarakat Jadi Tangguh

Untuk sebuah program yang baru berusia setahun dan menghadapi berbagai tantangan besar di awal berdirinya, Program Kartu Prakerja dapat dijalankan dengan baik dan mencapai target pada tahun pertamanya. Hal ini terbukti dengan distribusi penerima manfaat Kartu Prakerja pada 2020 kepada 5,5 juta orang dari pendaftar awal yang mencapai 43 juta orang di 514 kabupaten dan …

InsightWow, Layanan Aduan Kartu Prakerja Terima 41 Ribu Live Chat, 23 Ribu Email, dan 2.100 Telepon Sehari!

Sejak awal peluncuran Kartu Prakerja, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja memiliki komtmen tinggi terhadap aspek pelayanan spesifik keterjangkauan. Hal ini diwujudkan dengan menyediakan dua kanal aduan, yakni telepon dan email sementara media sosial Instagram lebih sebagai sarana sosialisasi. Namun sering berjalannya waktu dan makin tingginya antusiasme calon penerima Kartu Prakerja, maka manajemen Kartu Prakerja pun …

InsightBelajar dan Disiplin, Kunci Utama Wujudkan Mimpi Besar

Di zaman sekarang ini kemajuan teknologi berkembang begitu pesat. Bahkan setiap detik terjadi perubahan. Kita pun dituntut untuk belajar menguasai, mengikuti perubahan dan menjadikanya sebagai partner dalam mengembangkan diri. Hal itu ditegaskan M. Saepul Fauzi seorang karyawan sekaligus wirausahawan muda dalam acara ‘Ngobrol Santai Kartu Prakerja bersama MauBelajarApa’ di Live Instagram @prakerja.go.id. Dalam acara yang …