Artikel

Yuk, Kuasai Pekerjaan dengan Permintaan Tinggi di Indonesia

Yuk, Kuasai Pekerjaan dengan Permintaan Tinggi di Indonesia

Hai Sobat Prakerja!

Berdasarkan hasil laporan IndOTaSk 2020, terdapat 51 pekerjaan dengan permintaan tinggi di Indonesia. Profesi-profesi ini dinilai banyak dibutuhkan atau penting untuk perekonomian Indonesia.

IndOTaSk atau Tugas dan Keterampilan Pekerjaan Indonesia (Indonesia’s Occupational Tasks and Skills) merupakan studi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan data untuk kebijakan pembangunan dan pemantauan keterampilan tenaga kerja. Bank Dunia dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia (Bappenas) menggelar penelitian untuk mengetahui profesi apa saja yang dibutuhkan Indonesia saat ini.

Hasilnya, ada lima pekerjaan penting dari 51 profesi itu, yakni:

1. Software Developer
2. Desainer Grafis
3. Arsitek Bangunan
4. Marketing Manager
5. Analis Keuangan

Mau tahu tugas utama dari lima jenis profesi ini?

– Software Developer atau Pengembang Perangkat Lunak cocok buat Sobat Prakerja yang memiliki minat di bidang teknologi. Tugas utama Pengembang Perangkat Lunak adalah meneliti, merancang, mengimplement

Tips Siap Berbisnis Online di Masa Pandemi

Tips Siap Berbisnis Online di Masa Pandemi

Ada tiga hal utama yang harus Sobat Prakerja ingat jika hendak memulai bisnis online, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

Pertama, tentukan dulu produk apa yang mau dijual. Baik makanan maupun produk barang dan jasa, amati dengan baik, tren apa yang sedang laku. Caranya, bisa misalnya dengan cek Instagram Story tokoh terkenal, dan bisa mengetahui, barang apa yang lagi dimauin oleh publik.

Kedua, kenali target market yang akan disasar. Target market di sini yakni siapa segmen produknya, dan di mana mereka berada (demografis dan geografis).

Ketiga, buat ‘Business Plan’ atau ‘Rencana Bisnis’. Dengan perencanaan usaha yang matang, kita akan tahu bagaimana rencana permodalan, target omzet, dan sebagainya.

Tiga kunci itu disampaikan Head of Food and Platform Merchant Marketing Gojek, Felicia Wijaya, dalam Live Instagram Program Kartu Prakerja-Gojek, Kamis, 15 Juli 2021.

Talk show yang dimoderatori announcer dan aktor Ario Astungkoro ini juga menghadirkan Rangga Purnama, salah seorang wirausahawan al

Manajemen Pelaksana Tegaskan Efisiensi Program Kartu Prakerja di Era Digital

Manajemen Pelaksana Tegaskan Efisiensi Program Kartu Prakerja di Era Digital

 

Dalam menjalankan programnya, Program Kartu Prakerja telah ‘clean and clear’ melalui berbagai tahapan pengawalan dan audit berbagai institusi, di antaranya Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan juga juga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pada tahap awal pelaksanaan program ini, konsultasi dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) juga telah dilakukan.

Penekanan itu disampaikan Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari saat menjadi narasumber Focus Group Discussion bertema ‘Dinamika Permasalahan Akuntabilitas Keuangan Negara di Masa Pandemi Covid:19: Studi Kasus Pengelolaan Program Kartu Prakerja’ yang digelar Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara Badan Keahlian DPR RI, Senin, 28 Juni 2021.

“Pada 2 Maret 2021, KPK melalui Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring Pahala Nainggolan mengirimkan surat yang menyatakan bahwa Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja telah mengimpl

Di Seri Diskusi ‘Bicara Prakerja’ UNS Surakarta, Hengki Sihombing Pastikan Keamanan Data Penerima Kartu Prakerja

Di Seri Diskusi ‘Bicara Prakerja’ UNS Surakarta, Hengki Sihombing Pastikan Keamanan Data Penerima Kartu Prakerja

Surakarta, 19 Juni 2021

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menjamin keamanan data dalam sistem informasi dan teknologi Program Kartu Prakerja. Baik dari serangan pihak luar yang mencoba mengganggu sistem, maupun pada proses pertukaran data, termasuk saat penerima Kartu Prakerja membelanjakan insentif pelatihannya.

Penegasan ini disampaikan Direktur Operasi dan Teknologi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Hengki Sihombing saat menjadi narasumber kegiatan seri diskusi ‘Bicara Prakerja’ di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta, akhir pekan ini.

“Selain itu, Manajemen Kartu Prakerja bertindak sangat ketat dan hati-hati dalam menjaga akses data pribadi dan informasi penerima Kartu Prakerja,” kata Hengki.

Berbicara pada sesi ‘Technology Stack Prakerja’ bersama Kepala Teknologi Informasi dan Komunikasi UNS Bambang Harjito, Hengki Sihombing memaparkan bahwa komponen keamanan teknologi Program Kartu Prakerja dapat dibagi dalam beberapa hal.

Dari tampilan umum yang dilihat publik yakni website www.prakerja.go.id, menggunakan bah

Apresiasi Kemauan Belajar dan Adaptasi Alumni Kartu Prakerja di Masa Pandemi

Apresiasi Kemauan Belajar dan Adaptasi Alumni Kartu Prakerja di Masa Pandemi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mengapresiasi tekad kuat alumni Program Kartu Prakerja yang melihat program ini sebagai sebuah peluang untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengolah dan memasarkan produk usahanya.

Penegasan itu disampaikan Menko Airlangga saat Sabtu, 19 Juni 2021 mengunjungi alumni Program Kartu Prakerja sekaligus membagikan masker sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah menangani Covid-19 sekaligus memulihkan ekonomi nasional.

Selain menerapkan beberapa kebijakan, Program Kartu Prakerja diinisiasi Pemerintah sebagai salah satu upaya memulihkan ekonomi nasional melalui peningkatan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja Indonesia sekaligus untuk mendorong kewirausahaan di masa pandemi.

Dalam rangkaian kegiatan temu alumni Kartu Prakerja yang dilakukan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jawa Tengah, Menko Airlangga bertolak ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk bertemu dengan Abdul Jalal salah satu alumni Progra

Kartu Prakerja Buktikan Diri Sebagai Program yang Inklusif di Tengah Pandemi

Kartu Prakerja Buktikan Diri Sebagai Program yang Inklusif di Tengah Pandemi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai program Kartu Prakerja berhasil memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi. Meskipun pada awalnya program ini bukanlah program yang dirancang untuk masa pandemi, namun pada akhirnya program ini menjadi sangat penting di era pandemi karena mendorong perluasan literasi digital masyarakat.

Hal itu disampaikan Menko Airlangga saat menghadiri kegiatan tatap muka Temu Alumni Kartu Prakerja di Surakarta, Jumat, 18 Juni 2021. Pada kegiatan ini, Menko Airlangga berdialog dengan perwakilan alumni Program Kartu Prakerja yang berasal dari berbagai kalangan.

“Hari ini kita melihat bahwa program Kartu Prakerja berhasil menjangkau seluruh lapisan demografi. Mulai dari laki-laki, perempuan, ibu-ibu, generasi muda dari berbagai kalangan dan wilayah. Semua yang hadir di sini membuktikan bahwa Program Kartu Prakerja bisa memberikan manfaat yang nyata kepada penerimanya,” kata Airlangga.

Airlangga menegaskan, konsep digitalisasi yang diterapkan dalam pelaksanaan program Kartu Prakerja terbukti inklusif menjan

Menko Airlangga: Program Kartu Prakerja Berperan dalam Upskilling SDM dan Ciptakan Lapangan Kerja Baru Guna Pulihkan Ekonomi Nasional

Menko Airlangga: Program Kartu Prakerja Berperan dalam Upskilling SDM dan Ciptakan Lapangan Kerja Baru Guna Pulihkan Ekonomi Nasional

Pemerintah menargetkan rasio kewirausahaan nasional mencapai 3,9% dan pertumbuhan wirausaha baru sebesar 4% pada tahun 2024. Hal ini menjadi penting untuk terus didorong karena kewirausahaan berperan menciptakan lapangan pekerjaan dan secara otomatis dapat membantu pemulihan ekonomi nasional. Upaya peningkatan jumlah wirausaha ini juga diiringi oleh Program Kartu Prakerja yang merupakan inisiasi Pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam talkshow yang bertajuk ‘Antara Tren, Produk dan Konsumen’ di Bandung dan dihadiri oleh alumni Kartu Prakerja, Jumat 4 Juni 2021.

“Saya bangga hari ini dapat bertemu lagi secara langsung dengan para pejuang yang tangguh. Negara ini tentunya membutuhkan masyarakat yang mampu dan terus semangat beradaptasi dengan keadaan. Saya ucapkan terima kasih kepada alumni Kartu Prakerja yang telah menerapkan ilmunya untuk berwirausaha sehingga membantu Pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan di masa pandemi seperti ini,” kata Airlangga.

Lakukan Kunjungan ke Lokasi Usaha, Menko Airlangga Apresiasi Alumni Kartu Prakerja

Lakukan Kunjungan ke Lokasi Usaha, Menko Airlangga Apresiasi Alumni Kartu Prakerja

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengunjungi dua lokasi usaha milik alumni program Kartu Prakerja di Kota Bogor, Jawa Barat. Pada kesempatan ini, Airlangga memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada penerima Kartu Prakerja yang telah secara maksimal memanfaatkan program ini untuk pengembangan diri. Tak hanya itu, Airlangga juga mengungkapkan rasa bangganya kepada masyarakat yang tidak menyerah di tengah situasi sulit di masa pandemi ini.

“Dua lokasi usaha yang kita kunjungi hari ini telah memberikan inspirasi bagi kita semua. Di masa pandemi seperti ini, tidak mematahkan semangat masyarakat Indonesia untuk terus saling bahu-membahu memulihkan kondisi perekonomian Indonesia. Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat karena telah mau bekerja keras dan berusaha,” kata Airlangga.

Salah satu lokasi usaha yang dikunjungi oleh Menko Airlangga adalah Kedai Kopi Bencoolen milik alumni Kartu Prakerja gelombang 8, Syarief Hidayat. Sebelumnya, Syarief berprofesi sebagai freelance project officer event.

Namun, Ia pun me

Desain Grafis Bisa Dipelajari Segala Profesi

Desain Grafis Bisa Dipelajari Segala Profesi

Dalam berkomunikasi, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Selain verbal, pesan atau informasi juga bisa disampaikan lewat elemen grafis.

Desain grafis saat ini bisa dipelajari oleh siapa pun untuk kepentingan beragam. Misalnya, pembuatan content media sosial atau materi presentasi.

Bagi desainer grafis profesional, program Adobe Illustrator, Corel Draw, maupun Adobe Photoshop lumrah dikuasai. Namun demikian, masyarakat umum tetap bisa membuat content grafis tanpa harus menguasai ketiga program tersebut. 

Sobat Prakerja tetap dapat belajar desain grafis untuk berbagai kepentingan dengan mengakses berbagai aplikasi desain, website ilustrasi, website foto, maupun website font yang tidak berbayar.

“Ada banyak aplikasi maupun website yang bisa diakses baik lewat desktop maupun HP secara gratis,” kata Iksan Bangsawan, Founder Skena, saat pelatihan gratis Ngabuburit

Ngabuburit Bersama Kartu Prakerja: Tingkatkan Penjualan dengan Facebook Marketing

Ngabuburit Bersama Kartu Prakerja: Tingkatkan Penjualan dengan Facebook Marketing

Pelatihan gratis ‘Ngabuburit Bersama Kartu Prakerja’ yang digelar pada Selasa, 27 April 2021, menghadirkan tema ‘Tingkatkan Penjualan dengan Facebook Marketing’ dipersembahkan oleh platform digital ‘Pijar Mahir’ dan lembaga pelatihan ‘Sertifikasiku’.

Dipandu oleh Mudrika Kemala, pelatihan bagaimana mengoptimalkan Facebook sebagai sarana promosi produk/jasa ini menampilkan narasumber Juanda Marvelim, seorang mentor ‘Sertifikasiku’ yang menekuni bidang digital marketing.

“Satu karakteristik yang harus kita perhatikan, saat ini pengguna facebook mayoritas melakukannya melalui telepon seluler,” kata Juanda.

Pengarang buku ‘Digital Marketing in Action’ dan ‘Naked Sales’ ini menerangkan, pengguna Facebook terbagi dalam tiga ‘kolam’. Pertama, Personal Profile, dengan jumlah teman terbatas hanya 5 ribu orang.
Kedua, Facebook Group.
Ketiga, Facebook Business.

“Pastikan bahwa teman-teman Anda di Facebook harus mereka yang benar-benar menjadi target market Anda,” kata Juanda.

Juanda menyampaikan beberapa kiat agar kita sukses menjadikan Facebook

Ngabuburit bersama Kartu Prakerja: Strategi Marketing Dasar untuk Jualan

Ngabuburit bersama Kartu Prakerja: Strategi Marketing Dasar untuk Jualan

Salah satu kelas program pelatihan gratis ‘Ngabuburit bersama Kartu Prakerja’, Senin, 26 April 2021 membahas topik ‘Strategi Marketing Dasar untuk Jualan’ dipersembahkan oleh platform digital Bukalapak dan lembaga pelatihan Sekolahmu.

Pelatihan gratis selama hampir dua jam ini dibawakan oleh CEO Brodo Foot Wear, Yukka Harlanda, dipandu Chief Operating Officer Sekolahmu Radinka Qiera.

Sebagai bos sepatu branded produk dalam negeri, Yukka menjelaskan prinsip dasar penjualan terletak pada produk yang berkualitas.

“Kalau produknya memang bagus, tidak pakai strategi marketing pun tetap akan laku, karena banyak konsumen akan menyebarkannya dari mulut ke mulut,” kata lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung ini.

Pemasaran dengan metode ‘word of mouth’ seperti itulah yang menurut Yukka justru paling efektif dalam menjual barang.

“Ibarat multilevel marketing, pembeli yang puas, baik atas produk maupun layanan kita, tak tahan untuk sharing ke temannya,” jelasnya.

Jadi, Yukka kembali menegaskan, fokus pertama adalah

Pasar Kerja Masa Depan Berubah, Asah Keterampilan Komunikasi agar Tetap Eksis

Pasar Kerja Masa Depan Berubah, Asah Keterampilan Komunikasi agar Tetap Eksis

Kebutuhan pasar kerja di masa depan bakal berubah drastis. Pekerjaan yang terkait teknologi bakal lebih mendominasi. Seiring dengan itu, keterampilan kerja yang dibutuhkan untuk masa depan pun tak sama lagi dengan saat ini.

World Economic Forum (WEF) dalam laporannya menyebutkan ada 15 keterampilan yang paling dibutuhkan pada 2025. Hasil survei WEF mencatat, 2 dari 15 keterampilan itu terkait kemampuan teknis. Lantas, sisanya atau sebagian besar adalah kemampuan non-teknis atau soft skill.

Di Indonesia sendiri, WEF mencatat sejumlah soft skill yang memang perlu dimiliki para pekerja untuk bisa tetap diserap pasar kerja masa depan. Satu di antaranya adalah kepemimpinan dan kemampuan bersosialisasi.

Soft skill ini bisa diasah dengan mengikuti pelatihan atau pengalaman bekerja. Selain memiliki jiwa kepemimpinan, pekerja masa depan diharapkan memiliki k

  • First
  • Previous
  • 1(current)
  • 2
  • 3
  • Next
  • Last

Yuk, persiapkan masa depanmu bersama-sama!

Daftar Sekarang

Halo, Sobat Prakerja.

Butuh bantuan?

Halo, Sobat Prakerja.

Butuh bantuan?

Live Chat FeatureForm PengaduanHubungi Kami