Artikel

Program Kartu Prakerja Dorong Kewirausahaan Anak Muda di Jawa Timur

Program Kartu Prakerja Dorong Kewirausahaan Anak Muda di Jawa Timur

Awal pandemi Covid-19, Maylinda Rachma Sari dirumahkan dari pekerjaan sebagai petugas fotokopi di sebuah perusahaan. Mengetahui adanya program Kartu Prakerja, perempuan 26 tahun asal Sidoarjo ini segera mendaftar dan berhasil diterima di Gelombang 9. Setelah mendapatkan ilmu tentang bisnis dari berbagai pelatihan yang diikuti, Maylinda memutuskan untuk berwirausaha dan melihat usaha cetak foto dan fotokopi sebagai peluang, karena lokasi tempat tinggalnya dekat dengan sekolah dan kelurahan.

“Dana insentif yang saya terima digunakan sebagai modal usaha untuk mencicil kredit pembelian berbagai peralatan seperti laptop, alat laminating, dan printer. Saat ini usaha saya sudah berjalan selama lebih dari satu tahun,” kata Maylinda.

Lain lagi cerita Miftakhul Huda, penerima Kartu Prakerja Gelombang 8. Awalnya Huda bekerja sebagai petugas keamanan di sebuah pabrik, namun harus diberhentikan karena pandemi Covid-19. Sempat galau karena tidak memiliki pekerjaan, Miftakhul mendapatkan informasi tentang adanya program Kartu Prakerja dari media sosial.

Setelah mendapatkan i

Pembuatan Akun Kartu Prakerja 2022 Dibuka, Submit Data Diri Hanya di Situs Resmi

Pembuatan Akun Kartu Prakerja 2022 Dibuka, Submit Data Diri Hanya di Situs Resmi

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengumumkan bahwa hari ini, Rabu, 5 Januari 2022, Program Kartu Prakerja membuka pembuatan akun untuk calon penerima Kartu Prakerja 2022 melalui website www.prakerja.go.id.

“Silakan Sobat Prakerja membuat akun, sembari menunggu Gelombang 23 yang waktu pembukaannya akan kami umumkan saat kami mendapatkan keputusan dari Komite Cipta Kerja,” kata Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Hengki Sihombing.

Dengan membuat akun sebelum pembukaan gelombang para calon penerima Kartu Prakerja akan memiliki kemudahan dengan memiliki akun di dashboard Kartu Prakerja.

“Pada saatnya nanti Gelombang 23 dibuka, Sobat Prakerja yang telah memiliki akun tinggal klik ‘Gabung Gelombang’ untuk mengikuti seleksi, tanpa harus lagi mengisi kelengkapan administrasi serta rangkaian tes awal,” tambah Hengki.

Untuk informasi mengenai pembukaan gelombang, Sobat Prakerja dapat mengikuti updatenya di akun Instagram Kartu Prakerja yakni @prakerja.go.id

Selain itu, dengan memiliki akun dan masuk ke dashboard prakerja.g

Kartu Prakerja dalam Angka 2021, Sampai Jumpa dengan Semangat Baru 2022

Kartu Prakerja dalam Angka 2021, Sampai Jumpa dengan Semangat Baru 2022

Jakarta, 31 Desember 2021

Selama sebelas pembukaan gelombang pada 2021, dari batch ke-12 hingga 22, Program Kartu Prakerja menjangkau 5.931.574 penerima efektif. Dengan capaian ini, dalam dua tahun pelaksanaannya sejak April 2020, program Kartu Prakerja telah membuka sebanyak 22 batch, menjaring penerima lebih dari 11,4 juta orang, dari total email pendaftar yang register di situs mencapai lebih dari 83 juta.

“Di pergantian tahun ini, Manajemen Pelaksana mengucakan terima kasih atas antusiasme Sobat Prakerja terhadap Program Kartu Prakerja selama tahun ini.. Hasil ini bisa tercapai karena kerjasama yang baik antara Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dengan berbagai lembaga, mitra, dan tentunya Sobat Prakerja. Semoga apa yang kita capai bersama bisa menyalakan kobaran semangat untuk mencapai kemajuan dan menyongsong masa depan yang lebih baik,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari.

Secara khusus, pada tahun 2021, Provinsi Papua Barat menjadi Provinsi dengan pertumbuhan jumlah penerima terbanyak di Indo

Kado Tahun Baru dari Kartu Prakerja: Fitur ‘Job Search’ Permudah Temukan Pekerjaan Impianmu!

Kado Tahun Baru dari Kartu Prakerja: Fitur ‘Job Search’ Permudah Temukan Pekerjaan Impianmu!

Di ujung tahun 2021 menjelang Tahun Baru 2022, Program Kartu Prakerja memberi kado khusus bagi angkatan kerja di tanah air untuk lebih mudah menemukan pekerjaan yang diimpikan.

Tampilan baru dashboard Prakerja kini menyajikan fitur ‘Job Search’ yang bisa diakses oleh semua pendaftar Program Kartu Prakerja.

Caranya mudah. Pertama, kunjungi situs resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id

Login ke dashboard, pilih ‘Info Pekerjaan’. Lalu ketik judul pekerjaan di kolom pencarian. Gunakan filter untuk menyaring pekerjaan yang Sobat inginkan.

Selanjutnya, pilih lokasi di mana Sobat Prakerja ingin bekerja. Pilih pendidikan terakhir. Pilih industri pekerjaan sesuai keahlian. Pilih perkiraan gaji sesuai keinginan. Pilih jenis pekerjaan (full time, paruh waktu, kontrak atau magang).

Setelah itu, hasil filter pencarian pekerjaan akan muncul sesuai dengan keinginan Sobat Prakerja.

Klik salah satu lowongan pekerjaan untuk melihat detail informasi pekerjaan tersebut.

Jika dianggap sesuai kriteria, klik tombol di

Program Kartu Prakerja Bantu Purna PMI Kembali Bekerja

Program Kartu Prakerja Bantu Purna PMI Kembali Bekerja

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengucapkan Selamat Hari Migran Internasional pada 18 Desember 2021.

“Semoga kehadiran Kartu Prakerja dapat terus dirasakan manfaatnya oleh Purna Pekerja Migran Indonesia,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Purbasari.

Majelis Umum PBB menetapkan 18 Desember menjadi Hari Migran Internasional. Penetapan tanggal tersebut mengadopsi Konvensi Internasional tentang Perlindungan Hak Semua Pekerja Migran dan Anggota Keluarganya (A/RES/45/158) yang dirilis 18 Desember 1990.

Tema peringatan Hari Migran Internasional untuk tahun 2021 yaitu ‘Memanfaatkan Potensi Mobilitas Manusia’. Tema ini menyoroti berbagai kontribusi yang dapat diberikan para migran di seluruh dunia.

Terpaan pandemi menyebabkan perubahan besar di berbagai aspek kehidupan. Termasuk dalam sektor ketenagakerjaan, khususnya penempatan Pekerja Migran Indonesia di luar negeri.

Sebelumnya, dalam lima tahun terakhir, pemerintah mencatat penempatan PMI mencapai rata-rata 234 ribu orang per tahun. Rata-rata remitansi,

Kartu Prakerja 2021 Ditutup, Menko Airlangga Hartarto: Program Kartu Prakerja Jadi Contoh Presidensi Indonesia G20

Kartu Prakerja 2021 Ditutup, Menko Airlangga Hartarto: Program Kartu Prakerja Jadi Contoh Presidensi Indonesia G20

Pemerintah secara resmi menutup penyelenggaraan Kartu Prakerja tahun 2021 pada Rabu, 15 Desember 2021. Pada penutupan ini dilaporkan beberapa pencapaian selama tahun 2021, baik dari segi pelaksanaan, tata kelola, maupun hasil evaluasi dampak Program Kartu Prakerja yang dilakukan secara independen oleh lembaga penelitian kelas dunia.

Apresiasi disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Konferensi Pers Penutupan Seri Program Kartu Prakerja Tahun 2021.

“Secara khusus, terkait dengan inklusivitas keuangan yang dilakukan, Program Kartu Prakerja dapat menjadi contoh bagi Presidensi Indonesia di Group of Twenty (G20). Program ini dapat direplikasi untuk emerging countries atau negara berkembang lainnya,” kata Airlangga.

Rilis Hasil Studi Evaluasi Dampak Program Kartu Prakerja yang dikeluarkan The Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-PAL) Southeast Asia (SEA) menyebutkan bahwa dari sisi layanan keuangan, Kartu Prakerja meningkatkan kepemilikan e-wallet 53% lebih tinggi daripada non-penerima dan memiliki probabilitas 40% lebih tingg

Kementerian PAN RB: Program Kartu Prakerja Role Model Jawab Tantangan Digitalisasi

Kementerian PAN RB: Program Kartu Prakerja Role Model Jawab Tantangan Digitalisasi

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memberikan apresiasi terhadap Program Kartu Prakerja yang selama hampir dua tahun ini menjalankan layanan publik dengan cara-cara baru.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Akik Dwi Suharto Rudolfus saat menjadi narasumber dalam Rapat Kerja Tim Operasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja di Bandung, 13-14 Desember 2021.

Dalam acara ini, Akik hadir bersama Perencana Madya Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Weki Handono.

“Program Kartu Prakerja menjadi role model bagi instansi pemerintahan lain karena beroperasi dengan menggunakan platform yang baru. Di sini kita melihat ada pola-pola pembelajaran yang melibatkan mitra strategis yang bekerja secara profesional,” kata Akik.

Menurut Akik, pelibatan mitra strategis dari sektor swasta dapat menjembatani keterbatasan sumber daya di lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Aki

Program Kartu Prakerja Tantang Mitra untuk Terus Berinovasi

Program Kartu Prakerja Tantang Mitra untuk Terus Berinovasi

Keberhasilan Kartu Prakerja memanfaatkan teknologi digital dan membangun kemitraan dengan lembaga pelatihan dalam memberikan ilmu serta penyaluran insentif bagi sobat Prakerja merupakan salah satu bukti keberhasilan dari program ini.

Penegasan itu disampaikan Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari saat menjadi pembicara kunci dalam Webinar Kartu Prakerja-Tokopedia dengan tema ‘Bangkit Bersama Program Kartu Prakerja’, Jumat 10 Desember 2021.

“Sejak pertama kali diluncurkan, Program Kartu Prakerja telah menarik besar perhatian dari masyarakat. Ini terbukti dengan jumlah pendaftar mencapai 77 juta,” kata Denni.

Ia memaparkan, dari 22 gelombang pendaftaran yang dibuka sejak 11 April 2020, telah ditetapkan sebanyak 11,4 juta orang penerima Kartu Prakerja dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

Ini semua dilakukan kurang dari dua tahun, menjadikan Kartu Prakerja sebagai sebuah program yang berinovasi untuk menjangkau banyak penerima manfaat (coverage beneficiaries),” terannya.

Selain itu, Progr

Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Pandemi mendorong masyarakat untuk semakin fasih dalam menggunakan fitur-fitur keuangan digital agar kian bisa beradaptasi di tengah perubahan.

Poin itu tersampaikan dalam Live Instagram Ngobrol Santai ‘Cerdas Mengatur Keuangan di Masa Pandemi’, Kamis 9 Desember 2021.

“Untuk menguasai cara dalam mengatur keuangan, hal pertama yang harus diketahui adalah seberapa besar biaya yang kita perlukan bagi kebutuhan sehari-hari dalam waktu satu bulan,” kata Chief Marketing Officer Gopay Fibriyani Elastria.

Fibri menerangkan, patokan mengetahui besarnya kebutuhan bulanan itu penting , baik untuk kebutuhan sendiri atau misalnya untuk membantu kehidupan keluarga.

“Setelah mengetahui jumlah pengeluaran rutin tiap bulannya, selanjutnya kita harus tahu bagaimana cara mengalokasikan kebutuhan tersebut dengan baik. Dengan memahami hal ini kita bisa disiplin, bisa displin mengatur, dan memonitor pengeluaran keuangan,” lanjutnya pada acara yang dipandu host Ario Astungkoro ini.

Fibriyani pun menjelaskan beberapa fitur yang dimiliki Gopay untuk mempermudah par

Empati pada Peserta, Prakerja Inventasi Contact Center Bintang Lima

Empati pada Peserta, Prakerja Inventasi Contact Center Bintang Lima

“Layanan live chat di Contact Center Kartu Prakerja bagus sekali. Fast respon. Penjelasannya to the point dan tepat sasaran, tidak membuat saya panik. Terima kasih ya…”

Testimoni itu datang dari Leoba Agustini Sudarsih, penerima Kartu Prakerja Gelombang 20 dari Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Awalnya Leoba bertanya tentang info rekening / e-wallet agar bisa upgrade/KYC.

Suara lain datang dari Sistanto Purnomo penerima Kartu Prakerja Gelombang 19 yang menyampikan kendala membeli pelatihan. Sistanto memberi apresiasi, bahwa selain ramah, respon layanan konsumen (customer service) di nomor Contact Center Kartu Prakerja sangat cepat.

“Jawabannya tidak bertele-tele dan sangat solutif. Saya merasa sangat terbantu,” kata Sistanto yang berasal dari dari Duren Sawit, Jakarta Timur.

Sebagai institusi yang menyatakan diri sebagai layanan start-up pemerintah pertama di Indonesia, Program Kartu Prakerja melengkapi diri dengan semua aspek, termasuk untuk urusan pengaduan bagi masyarakat pengguna.

Di Program Kartu Prakerja, layanan berlangsung en

Workshop Statistik Prakerja: Cerita di Balik Layar Metodologi dan Implementasi Evaluasi Dampak

Workshop Statistik Prakerja: Cerita di Balik Layar Metodologi dan Implementasi Evaluasi Dampak

Program Kartu Prakerja telah bergulir sejak April 2020 menjaring 11,4 juta orang penerima manfaat dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia melalui 22 gelombang yang berbeda. Memiliki basis data yang berasal dari data administrasi pendaftar serta hasil survei evaluasi, Program Kartu Prakerja memiliki data yang sangat kaya. Namun, dengan struktur data dan proses bisnis yang berbeda dari pengumpulan data-data statistik yang umumnya ada di Indonesia, kerap membuat peneliti masih belum memahami proses bisnis dari Program Kartu Prakerja. 

Untuk itu, melalui acara Workshop Statistik Program Kartu Prakerja: Metodologi dan Implementasi Evaluasi Dampak, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengedukasi para peneliti dan mahasiswa untuk memahami lebih lanjut bagaimana proses bisnis dan metode evaluasi dampak yang tepat khususnya pada Program Kartu Prakerja.

“Dalam mengevaluasi sebuah program diperlukan serangkaian pemahaman untuk menjawab dampak pelayanan program.

Peneliti Harvard dan MIT: Program Kartu Prakerja Tingkatkan Kebekerjaan, Kepemilikan Usaha, dan Ketahanan Pangan

Peneliti Harvard dan MIT: Program Kartu Prakerja Tingkatkan Kebekerjaan, Kepemilikan Usaha, dan Ketahanan Pangan

Program Kartu Prakerja terbukti mampu meningkatkan setidaknya empat manfaat bagi penerimanya, yakni dari sisi kebekerjaan, pelatihan dan kompetensi, ketahanan pangan dan layanan keuangan. Program ini bahkan mampu mendorong penerima manfaat untuk tidak mengambil pinjaman guna menutupi kebutuhan sehari-hari. 

Fakta-fakta itu terungkap dalam hasil studi “Impact Evaluation of Kartu Prakerja” oleh Vivi Alatas (Asakreativita), Rema Hanna (Harvard Kennedy School), Achmad Maulana (Prospera), Benjamin Olken (MIT), Elan Satriawan (TNP2K), dan Sudarno Sumarto (TNP2K), dengan dukungan dari Pemerintah Australia, USAID, serta the Bill & Melinda Gates Foundation. Temuan awal dari kajian yang merupakan kerja sama resmi antara J-PAL SEA/LPEM FEB UI dan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) ini disampaikan melalui webinar pada Rabu (1/12/2021).

Di awal paparan, Ekonom TNP2K Elan Satriawan menjelaskan, studi tersebut dilakukan melalui penyebaran Survei Endline

  • First
  • Previous
  • 1(current)
  • 2
  • 3
  • Next
  • Last

Yuk, persiapkan masa depanmu bersama-sama!

Daftar Sekarang

Halo, Sobat Prakerja.

Butuh bantuan?

Halo, Sobat Prakerja.

Butuh bantuan?

Live Chat FeatureForm PengaduanHubungi Kami