Kolaborasi UNDP dan Prakerja untuk Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Indonesia #JadiBisa

Artikel Acara


Kolaborasi UNDP dan Prakerja untuk Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Indonesia #JadiBisa

Acara Kartu Prakerja 1 Juni 2024 2 Menit Baca
Kolaborasi UNDP dan Prakerja untuk Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Indonesia #JadiBisa

Jakarta, 22 Mei 2024 – Prakerja menerima kunjungan dari United Nations Development Programme (UNDP) ke kantor Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP). Diskusi ini membahas potensi kerja sama strategis yang berfokus pada pengembangan keterampilan pemuda dan peningkatan kesempatan kerja melalui program Skill Our Future (SOF).

Pertemuan ini  dihadiri beberapa perwakilan penting dari kedua organisasi, yaitu  Analis Teknis untuk Keuangan Inovatif dan Berkelanjutan, Greget Kalla Buana, Asisten Teknis untuk Keterlibatan Pemuda UNDP, Randa Sandhita, Koordinator Program YDEEP UNDP, Lady Diandra, Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem MPPKP, Dwina M. Putri, dan Direktur Pemantauan dan Evaluasi MPPKP, Cahyo Prihadi. 

Perwakilan UNDP memaparkan inisiatif yang bertujuan untuk peningkatan employability atau keterampilan kerja untuk 40.000 pemuda marjinal pada tahun 2024. Program yang diperkenalkan oleh UNDP ini menawarkan lima jalur pembelajaran yang mencakup keterampilan teknis, keterampilan dasar Microsoft, pemahaman AI, soft skills, dan kesiapan kerja. 

United Nations Development Programme (UNDP) mengunjungi kantor Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP)

Prakerja, yang selama ini telah dikenal sebagai program inovatif dalam membantu pemerintah Indonesia meningkatkan keterampilan dan employability tenaga kerja, membuka potensi kolaborasi dengan UNDP untuk memperluas cakupan dan efektivitas programnya. “Kita ingin belajar dari Prakerja, what are the lesson learned, gap mana yang bisa kita isi, karena core purpose kita ada disini adalah membantu pemerintah Indonesia dan bagaimana strategi nasionalnya bisa tercapai,” ujar Lady Diandra. Salah satunya adalah potensi pengembangan modul bersama terkait digital skills, green jobs, dan juga keterampilan lain yang sesuai dengan pasar kerja saat ini.  

Dengan potensi kolaborasi ini, Prakerja berkomitmen untuk dapat bersinergi dalam program-program yang inklusif dan terus berkontribusi dalam menciptakan tenaga kerja Indonesia yang kompeten serta siap bersaing di pasar tenaga kerja. #JadiBisa

Banner image laporan 2023

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon telpWhatsappIcon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan