MPPKP dan UGM Menjajaki Kerjasama untuk Database Publik Prakerja

Artikel Acara


MPPKP dan UGM Menjajaki Kerjasama untuk Database Publik Prakerja

Acara Kartu Prakerja 8 Mei 2024 3 Menit Baca
MPPKP dan UGM Menjajaki Kerjasama untuk Database Publik Prakerja

Yogyakarta, 29 April 2024 – Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) melakukan kunjungan ke Universitas Gadjah Mada untuk mendiskusikan perkembangan terkini dan keberlanjutan Program Kartu Prakerja

Pada 25 April 2024, Direktur Eksekutif Prakerja Denni Purbasari, beserta jajaran Direksi MPPKP bertemu Dekan FEB UGM Didi Achjari beserta jajaran. Dalam pertemuan tersebut, Denni menekankan pentingnya kerja sama antara Prakerja dengan FEB UGM, khususnya rencana pengembangan Database Publik Prakerja sebagai salah satu bentuk transparansi program dan legacy pada ilmu pengetahuan.

“Dalam semangat ini, Prakerja ingin meninggalkan warisan kepada dunia pendidikan dan riset, sebuah sampel database yang dapat diakses oleh publik. Prakerja memilih jalan ini agar program dapat didokumentasikan, dipelajari, dan ditelaah oleh siapapun,” ujar Denni.  

Didi Achjari, dalam responnya, menyampaikan antusiasme dan dukungan FEB UGM untuk berkontribusi pada rencana tersebut. Lebih lanjut, Didi menyoroti bagaimana database ini tidak hanya akan mendukung transparansi program, tetapi juga membuka peluang baru untuk penelitian dan pengembangan kebijakan berbasis data. 

Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama dan Alumni Gumilang Aryo Sahadewo turut mendukung rencana pengembangan database publik Prakerja. Database yang komprehensif tersebut, menurutnya, dapat melengkapi ketersediaan data penelitian yang telah dikelola oleh FEB UGM. Selain itu, adanya database publik Prakerja dapat mendorong penelitian lebih luas terhadap program pemerintah.

 

Dalam rangkaian kegiatan yang sama, pada tanggal 29 April 2024, Direktur Eksekutif juga bertemu dengan Rektor UGM Profesor. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed, Sp.OG(K)., Phd di Kantor Rektorat UGM. Pada kesempatan ini, MPPKP memberikan pemaparan tentang Program Kartu Prakerja dan menyampaikan inisiatif database publik yang berkolaborasi dengan FEB UGM termasuk dengan rencana kegiatan rilis database publik nantinya. 

Atas inisiatif ini, Ova Emilia menyikapi dengan sangat positif dan mendukung bilamana kegiatan penyusunan dan pengenalan database publik Prakerja akan dilakukan bersama UGM. Beliau tertarik memberikan masukan-masukan untuk penyelenggaraan Program Kartu Prakerja ke depan untuk peningkatan keterampilan angkatan kerja muda seperti pada kalangan mahasiswa.

Kerja sama pengelolaan Database Publik Prakerja ini menjadi kolaborasi lanjutan antara MPPKP dan UGM dalam lingkup pendidikan, pelatihan, dan penelitian setelah sejak tahun 2021, FEB UGM resmi bermitra sebagai ahli asesor pelatihan Prakerja.

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon telpWhatsappIcon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan