Deputi KSP Luncurkan Indonesia Skills Week Prakerja

Artikel Siaran Pers


Deputi KSP Luncurkan Indonesia Skills Week Prakerja

Siaran Pers Kartu Prakerja 22 April 2024 4 Menit Baca
Deputi KSP Luncurkan Indonesia Skills Week Prakerja

Dibaca normal 5 menit

Ambon – Prakerja kembali menggelar program pelatihan gratis dan pelatihan dengan biaya terjangkau setiap dua bulan sekali. Event bertajuk ‘Indonesia Skills Week’ (ISW) ini berlangsung untuk kali ketiga pada tahun 2023, terbuka bagi masyarakat umum, menghadirkan 361 judul pelatihan peningkatan keterampilan secara daring dengan tiga jenis keistimewaan: pelatihan gratis, pelatihan seharga Rp 20 ribu, dan pelatihan dengan diskon lebih dari 50 persen. Jumlah ini mengalami peningkatan signifikan, karena ISW pada Juni 2023 menyediakan 263 pelatihan, sementara ISW pada Agustus 2023 menampilkan 292 pelatihan dengan harga khusus.
Deputi III Bidang Perekonomian Kantor Staf Presiden Edy Priyono mengajak alumni Prakerja untuk terus meningkatkan semangat belajar tanpa henti, dengan mengikuti ‘Indonesia Skills Week’. “Kepada seluruh alumni Kartu Prakerja, besar harapan agar dapat semakin sukses setelah mendapat pelatihan yang sangat bagus dari Program Prakerja. Ke depannya, kami juga berharap kalian dapat menjadi agent of change, yang mampu bergerak maju dan bergerak cepat (move), memotivasi masyarakat sekitar (motivate), dan membuat perubahan positif (make a difference),” kata Edy yang juga Wakil Ketua Tim Pelaksana Prakerja.

Peluncuran ISW ini dilakukan bersamaan dengan Temu Alumni Kartu Prakerja di Ambon, Kamis, 26 Oktober 2023. Edy memaparkan, 98% penerima merasa Program Kartu Prakeja mampu meningkatkan kompetensi/pengetahuan, keterampilan, dan soft-skills. Selain itu, sebanyak 21% penerima yang awalnya menganggur sebelum mengikuti program, saat ini sudah bekerja/berwirausaha.

“Menyambut HUT ke-95 Sumpah Pemuda, Indonesia Skills Week menjadi kado dari pemerintah pada angkatan kerja Indonesia untuk dapat menggali potensi diri dengan mengikuti pelatihan gratis dan pelatihan dengan biaya terjangkau. Ayo terus kembangkan semangat belajar sepanjang hayat dengan mengikuti berbagai pelatihan peningkatan keterampilan di ISW 2023,” ajak Edy.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Prakerja Denni Puspa Purbasari menekan, Indonesia Skills Week merupakan event dua bulanan di mana masyarakat dapat mengakses aneka pelatihan daring secara gratis, murah, dan mudah selama satu minggu. “ISW bertujuan menarik lebih banyak angkatan kerja untuk mendapatkan kesempatan mengembangkan diri melalui skilling, upskilling, dan reskilling, sejalan dengan spirit lifelong learning yang digaungkan UNESCO di seluruh dunia,” ujar Denni.

ISW sesi ketiga ini berlangsung dari 26 Oktober – 2 November 2023. Berbeda dengan pelatihan-pelatihan yang disediakan dalam berbagai gelombang Prakerja, kursus peningkatan keterampilan ISW boleh diikuti siapa saja yang sudah berusia di atas 18 tahun dan memiliki akun Prakerja, termasuk bagi kategori yang selama ini masuk “blacklist”Prakerja, yakni mahasiswa, ASN, TNI/Polri, serta seluruh angkatan kerja baik yang sudah maupun belum bekerja. “Alumni Prakerja pun bisa bergabung dalam ISW, sehingga Sobat Prakerja bisa meneruskan semangat belajar untuk meningkatkan keterampilan diri setelah lulus dari pelatihan-pelatihan Prakerja,” lanjut Denni.

Terdapat 361 jumlah pelatihan yang bisa dipilih oleh peserta, diantaranya terdapat judul pelatihan seperti Mendesain Dengan Corel Draw, Pelatihan Membuat Website & SEO, Administrasi Perkantoran, Manajemen Risiko bagi Pengawas K3, Belajar Bahasa Korea, dan masih banyak pelatihan lainnya. Pelatihan-pelatihan tersebut ada yang gratis, berharga Rp 20 ribu, dan ada juga yang diskon besar di atas 50 persen.

Untuk mengikuti ISW, calon peserta harus berusia minimal 18 tahun dan terlebih dulu memiliki akun Prakerja dengan dipersilakan datang ke laman ISW skillsweek.prakerja.go.id dan memilih pelatihan yang diinginkan.Tidak ada batasan jumlah pelatihan yang bisa dipilih oleh peserta, selama voucher yang disediakan oleh Lembaga Pelatihan masih tersedia. Indonesia Skills Week untuk periode Oktober 2023 dibuka pada Kamis, 26 Oktober 2023 dan akan ditutup pada Kamis, 2 November 2023 pukul 23.59 WIB mendatang. Jika belum memiliki akun Prakerja, calon Peserta cukup melakukan registrasi melalui www.prakerja.go.id.

Selain pelatihan gratis dan berbiaya terjangkau, ISW juga menghadirkan webinar series bertujuan memberikan ketertarikan bagi alumni untuk menumbuhkan minat belajar dan layanan pasca-pelatihan bagi Peserta Prakerja.

 

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon telpWhatsappIcon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan