Persiapkan Dirimu, Kuasai Skill yang Dibutuhkan untuk Jadi Global Talent!

Artikel Tips


Persiapkan Dirimu, Kuasai Skill yang Dibutuhkan untuk Jadi Global Talent!

Tips Kartu Prakerja 19 Juni 2024 5 Menit Baca
Persiapkan Dirimu, Kuasai Skill yang Dibutuhkan untuk Jadi Global Talent!

Saat ini, kekurangan tenaga kerja terampil (skill shortage) telah menjadi isu global. Beberapa negara menawarkan visa kerja untuk menarik tenaga ahli dari luar negeri. Di sisi lain, kesempatan bekerja di dalam negeri pun tidak sebanding dengan banyaknya jumlah tenaga kerja yang tersedia, sehingga salah satu peluang yang bisa diambil adalah berkarir di luar negeri (global talent)!

Di tahun 2024, salah satu tantangan bonus demografi di era digital adalah kekurangan talenta dengan skill tertentu. Kekurangan talenta ini menyebabkan posisi kosong yang tidak terisi, pertumbuhan ekonomi yang terhambat, dan produktivitas yang menurun.

Negara maju seperti Jerman, Jepang, Singapura, Australia, atau Korea Selatan juga mengalami fenomena skill shortage ini. Jerman, misalnya, membutuhkan tenaga kerja di bidang IT, teknik, dan kesehatan. Jepang kekurangan tenaga ahli di bidang teknologi informasi, keperawatan, dan robotika. Sementara itu, Uni Emirat Arab mencari tenaga di bidang penjualan, pemasaran, IT, keuangan, hukum, dan employee relations.

 

Peluang Bagi Masyarakat Indonesia

Di tengah kebutuhan keterampilan tersebut, masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan peluang ini dengan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dan mempersiapkan diri untuk bersaing di pasar tenaga kerja global. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu kejar untuk mengambil kesempatan ini:

  1. Pendidikan dan Pelatihan: Kamu bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan di bidang yang sedang kekurangan tenaga ahli, seperti IT, kesehatan, dan teknik. Lulusan dengan kualifikasi tinggi dari universitas atau lembaga pelatihan yang diakui akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima bekerja di luar negeri.
  2. Penguasaan Bahasa: Menguasai bahasa Inggris atau bahasa negara tujuan merupakan nilai tambah untuk kamu. Bahasa merupakan kunci komunikasi yang penting dalam lingkungan kerja internasional.
  3. Sertifikasi Profesional: Mendapatkan sertifikasi profesional di bidang tertentu dapat meningkatkan kredibilitas dan daya saing di pasar tenaga kerja global. Misalnya, sertifikasi dalam bidang IT, manajemen proyek, atau kesehatan.
  4. Pengalaman Kerja: Memiliki pengalaman kerja yang relevan dalam bidang yang diminati. Pengalaman kerja di perusahaan multinasional atau proyek internasional dapat membuat kamu punya nilai tambah.

 

Jadi, Siapkan Dirimu Melalui Prakerja!

Untuk meningkatkan keterampilan dan memanfaatkan peluang tersebut, salah satu program yang disiapkan oleh Prakerja adalah Indonesia Skills Week. Kabar baiknya, Prakerja kembali membuka Indonesia Skills Week minggu ini! 

Indonesia Skills Week (ISW) adalah platform yang memberikan berbagai macam pelatihan online yang gratis, murah, dan mudah diakses. ISW diadakan selama satu minggu, dan di edisi kali ini ISW akan menawarkan berbagai macam pelatihan yang lebih beragam dibandingkan sebelumnya. 

 

Siapa yang bisa mengikuti ISW?

ISW terbuka untuk semua kalangan masyarakat, baik yang sudah bekerja, sedang mencari kerja, maupun ingin menambah keterampilan baru. Kamu hanya harus memiliki akun Prakerja untuk mengikuti program ini dan tidak ada seleksi yang perlu diikuti. Sehingga kamu yang belum bisa mengikuti Prakerja atau bahkan alumni Prakerja, semua bisa ikut ISW!

Pelatihan-pelatihan di ISW dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri dan pasar kerja saat ini, sehingga kamu dapat meningkatkan daya saing dan memperoleh peluang kerja yang lebih baik, termasuk bersaing sebagai talenta global.

 

Bagaimana cara mengikuti ISW?

  1. Pendaftaran ISW dapat dimulai dengan tahap pembuatan akun Prakerja di situs prakerja.go.id kapan saja
  2. Selanjutnya kamu dapat memilih dan membeli pelatihan melalui situs web resmi: skillsweek.prakerja.go.id
  3. Pemilihan pelatihan sudah dapat dilakukan dari tanggal 21 Juni 2024 sampai dengan hari terakhir ISW yaitu di tanggal 4 Juli 2024

 

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja! Info lebih lanjut kunjungi skillsweek.prakerja.go.id dan nantikan juga pengumuman resminya di akun instagram Prakerja @prakerja.go.id.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kartu Prakerja (@prakerja.go.id)

Banner image laporan 2023

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon telpWhatsappIcon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan