Insight

Mengenal Pekerjaan di Bidang IT: Machine Learning Engineer

Bagikan

Machine Learning Engineer adalah salah satu pekerjaan di bidang IT yang dibutuhkan. Seorang Machine Learning Engineer bertanggung jawab untuk membuat program dan algoritma yang memungkinkan mesin untuk mengambil tindakan tanpa arahan manusia.

Jadi, mesin tersebut memiliki kemampuan untuk belajar secara otomatis dari data dan pengalaman tanpa diprogram ulang. Mau tahu lebih jauh tentang pekerjaan bidang IT ini? Berikut ulasannya.

Keahlian yang Dibutuhkan

Jika tertarik dengan pekerjaan Machine Learning Engineer, Anda tentu harus menguasai dasar-dasar ilmu komputer dan pemrograman. Bahasa pemrograman yang penting untuk dipelajari terutama Python, Java, dan R. Anda pun harus memahami struktur data, algoritma dan penerapannya, komputabilitas dan kompleksitas, serta arsitektur komputer.

Machine Learning Engineer juga perlu mengerti ilmu statistik, distribusi, dan metode analisis, serta karakteristik formal probabilitas. Selain itu, Anda harus bisa membuat pemodelan dan evaluasi data.

Dengan menemukan pola, memprediksi sifat dari contoh sebelumnya, menentukan akurasi, hingga strategi evaluasi. Dan, pada akhirnya Machine Learning Engineer mengerjakan perangkat lunak yang menjadi bagian sebuah ekosistem atau layanan yang lebih besar, jadi harus memahami bagaimana semua bagia dari sistem bekerja bersama.

Peran dan Tanggung Jawab

Berdasarkan keahliannya, Machine Learning Engineer diharapkan bisa menggunakan keterampilan matematika untuk melakukan perhitungan, dan bekerja dengan algoritma dalam pemrograman. Para insinyur juga akan bekerja dengan Big Data, menganalisis data yang besar dan kompleks sehingga mendapat wawasan sebagai dasar keputusan teknik yang sesuai. Kemudian, profesional di bidang ini juga dituntut untuk mampu mengatasi semua isu dan membuat program lebih efektif.

Selain berkutat dengan data dan algoritma, Machine Learning Engineer juga harus berhubungan dengan para pemangku kepentingan untuk menganalisis masalah bisnis, mengklarifikasi persyaratan, dan menentukan ruang lingkup resolusi.

Selain para pimpinan, insinyur juga bekerjasama dengan Data Engineer untuk membangun dan membuat model, dan mendukung manajer produk dalam menerapkan pembelajaran mesin dalam produk. Sehingga, tenaga ahli bidang IT ini juga harus mampu menjelaskan proses yang rumit tersebut pada orang yang tidak ahli pemrograman.

Gaji

Pekerjaan Machine Learning Engineer memang belum populer di Indonesia. Namun, banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga Data Scientist atau Data Engineer dengan keahlian dan pengalaman bidang IT khususnya terkait Machine Learning.

Gaji yang ditawarkan juga tidak main-main. Di situs Jobs.id, perusahaan yang membutuhkan jasa Data Scientist dengan kemampuan dan pengalaman Machine Learning berani memasang angka minimal pada nominal Rp25 juta. Jika kemampuan calon tenaga kerja sangat mumpuni, perusahaan mau membayar tenaga ahli di bidang ini hingga Rp50 juta.

Cara Memulai Karier

Machine Learning Engineer adalah pekerjaan bidang IT untuk orang-orang yang berpengalaman. And abisa mulai meniti karier menjadi Data Analyst untuk mengasah kemampuan pola pikir analitis yang memikirkan sebab-akibat, konsekuensi, menggali data, memahami data, dan evaluasi. Selain itu, Anda juga perlu punya pengalaman sebagai Software Engineer.

Dalam perjalanan menaiki tangga karier, Anda perlu meningkatkan keahlian dengan mengikuti kursus dan tutorial online tentang Machine Learning. Bahkan, Anda juga dapat mengikuti kompetisi Machine Learning. Jika punya waktu dan uang, Anda bisa mengikuti boothcamp untuk memelajari Machine Learning dalam waktu yang lebih cepat.

Seiring pekembangan teknologi, jenis pekerjaan baru di bidang IT akan terus muncul. Dengan mengetahui pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan, Anda bisa mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Nantinya, Anda akan menjadi tenaga ahli yang paling dicari.

sumber: qerja.com

Artikel Lainnya

TipsSimak Langkah-langkah Bermitra dengan Prakerja ini!

Ingin tahu cara menjadi mitra pelatihan Prakerja? Setiap lembaga pelatihan milik pemerintah, BUMD, BUMN ataupun lembaga pelatihan swasta dapat bergabung bersama Prakerja. Kartu Prakerja tidak membatasi jumlah lembaga pelatihan yang ikut dalam program ini, dan terbuka untuk semua. Pastikan badan usahamu memenuhi kriteria berikut ini: 1. Memiliki kerja sama dengan mitra platform digital resmi Kartu ...

Press ReleaseWaspada Penipuan Situs Prakerja dan Email Tidak Resmi

Jakarta, 14 April 2020 – Situs resmi program Kartu Prakerja adalah prakerja.go.id. Kami menghimbau akan para pendaftar untuk berhati-hati akan adanya situs-situs lain yang berjudul mirip (seperti Prakerja.id) yang tidak terafiliasi dengan program ini sama sekali. Kami juga meminta para pendaftar untuk berhati-hati jika menerima email dari alamat domain yang bukan prakerja.go.id. Kami mohon agar ...

Press ReleaseGoPay menjadi Mitra Resmi Pembayaran Kartu Prakerja

Sabtu, 11 April 2020 – GoPay resmi menjadi mitra pembayaran Program Kartu Prakerja setelah penandatanganan nota kesepahaman antara Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dengan PT. Dompet Anak Bangsa. Dengan kolaborasi ini, peserta program Kartu Prakerja dapat menggunakan akun GoPay miliknya untuk menerima bantuan insentif non-tunai dari Program Kartu Prakerja. GoPay menjadi mitra pembayaran resmi Kartu ...

Press ReleaseMelalui Kartu Prakerja, Pemerintah bantu 5.6 juta pekerja yang terkena dampak langsung dari wabah COVID-19

  Siaran Pers Melalui Kartu Prakerja, Pemerintah bantu 5.6 juta pekerja yang terkena dampak langsung dari wabah COVID-19 Rabu, 1 April 2020 – Komite Cipta Kerja kini mempersiapkan Program Kartu Prakerja bagi para pencari kerja dan pekerja formal atau informal yang terkena dampak langsung dari berkurangnya aktivitas ekonomi nasional saat pandemi COVID-19. Sebagai bagian dari ...