Insight

Ngabuburit bersama Sekolahmu-Kita Kompeten: Jago Bahasa Inggris Setiap Hari Mulai dari Dasar

Bagikan

Selama bulan Ramadan, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menyajikan program pelatihan gratis bertajuk ‘Ngabuburit Bersama Kartu Prakerja’, digelar mulai pukul 14.00-16.00 WIB.

Pada Minggu 25 April 2021 salah satu topik yang diajarkan yakni ‘Jago Bahasa Inggris Setiap Hari Mulai dari Dasar’. Dipersembahkan oleh Platform Digital ‘Sekolahmu’ dan Lembaga Pelatihan ‘Kita Kompeten’, pelatihan gratis ini dibawakan Teacher Melati Aros.

Pelajaran dasar pertama yang disampaikan Teacher Mel, sapaan akrab Melati Aros, yakni bagaimana memperkenalkan diri dan menyapa lawan bicara kita menggunakan bahasa Inggris.

Menurut Mel, pada zaman sekarang sudah banyak orang Indonesia yang mahir berbahasa Inggris terutama untuk mengembangkan karir mereka, namun masih banyak juga yang belum bisa berbahasa Inggris dengan baik.

“Saya ingin melatih lidah kita bisa mengucapkan frasa atau gabungan kata seperti orang Inggris: ‘Good Morning’, ‘Good Afternoon’, ‘Good Evening’, ‘How Are You?’, ‘What’s Your Name?, ‘Hi, Nice to Meet You’, dan See You Again’. Ini adalah salah satu cara Anda untuk melatih pelafalan atau pronunciation. Jadi menyimak apa yang sudah Anda dengar, mengikuti input lalu Anda belajar melewati outputnya,” katanya.

Mel menekankan, dalam berbahasa Inggris, terlebih dahulu kita harus memahami tata bahasa atau grammar. Selain itu, kalimat yang baik dalam bahasa Inggris harus punya satu subyek dan satu kata kerja.

“Yang harus dikuasai dalam belajar berbahasa Inggris yakni menguasai simple present, karena dengan begitu semua jenis kalimat dapat kita ucapkan dengan baik. Simple present digunakan ketika kita menceritakan kebiasaan, informasi umum dan lainnya,” terangnya.

Salah satu contoh kalimat dalam simple present yaitu ‘I go to school every day’. Tapi pernah tidak kita bayangkan dalam situasi apa dalam kehidupan kalimat ini diucapkan?

“Misalnya saat usia kita 10 tahun, kita akan berangkat sekolah kita bilang ke orang tua kita, ‘Ok, Mama, Papa, I go to school every day’. Tentu tidak mungkin,” katanya.

Jadi, lanjut dia, kalimat ini akan diucapkan sesuai kebutuhan.

Teacher Mel menjelaskan bagaimana dengan kalimat yang tidak memiliki kata kerja, contohnya ‘I a teacher’. Kalimat ini bukanlah kalimat yang sempurna karena itu membutuhkan kata bantu atau to be sebagai pengganti kata bantu dalam kalimat. Sehingga kalimatnya menjadi ‘ I am a teacher’.

Terkait kata bantu atau to be ‘is’, ‘am’, ‘are’, Teacher Mel menerangkan bahwa dalam bahasa Indonesia tiga kata itu tidak memiliki arti. Kecuali ketika kita mendefinisikan sesuatu maka ‘is’, ‘am’, ‘are’, bisa berarti ‘adalah’.

“Jika subjeknya ‘I’ maka to be-nya pakai ‘am’. ‘You’, ‘we’, pakai ‘are’ dan ‘she’, ‘he’, menggunakan ‘is’,” ungkapnya.

Teacher Mel menyarankan agar dalam belajar Bahasa Inggris kita bisa memulai dengan belajar menulis dan mendengar. Salah satu caranya yakni melalui musik serta film.

“Kita pun bisa memulai dengan chatting-chattingan, atau bisa ngomong dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris,” ucap Teacher Mel.

Kelas ‘Jago Bahasa Inggris Setiap Hari Mulai dari Dasar’ ini berjalan menarik dan berlangsung interaktif. Banyak peserta mencoba menerapkan kemampuannya berbahasa asing mereka dengan bertanya dan berbagi pengalaman dengan Teacher Melati dengan menguasai bahasa Inggris.

Jangan lupa, ikuti terus pelatihan gratis ‘Ngabuburit Bersama Kartu Prakerja’ setiap hari pukul 14.00-16.00 WIB. Syarat dan tautan lengkapnya simak di akun Instagram @prakerja.go.id

Artikel Lainnya

InsightDesain Grafis Bisa Dipelajari Segala Profesi

Dalam berkomunikasi, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Selain verbal, pesan atau informasi juga bisa disampaikan lewat elemen grafis. Desain grafis saat ini bisa dipelajari oleh siapa pun untuk kepentingan beragam. Misalnya, pembuatan content media sosial atau materi presentasi. Bagi desainer grafis profesional, program Adobe Illustrator, Corel Draw, maupun Adobe Photoshop lumrah dikuasai. Namun demikian, …

InsightNgabuburit Bersama Kartu Prakerja: Tingkatkan Penjualan dengan Facebook Marketing

Pelatihan gratis ‘Ngabuburit Bersama Kartu Prakerja’ yang digelar pada Selasa, 27 April 2021, menghadirkan tema ‘Tingkatkan Penjualan dengan Facebook Marketing’ dipersembahkan oleh platform digital ‘Pijar Mahir’ dan lembaga pelatihan ‘Sertifikasiku’. Dipandu oleh Mudrika Kemala, pelatihan bagaimana mengoptimalkan Facebook sebagai sarana promosi produk/jasa ini menampilkan narasumber Juanda Marvelim, seorang mentor ‘Sertifikasiku’ yang menekuni bidang digital marketing. …

InsightNgabuburit bersama Kartu Prakerja: Strategi Marketing Dasar untuk Jualan

Salah satu kelas program pelatihan gratis ‘Ngabuburit bersama Kartu Prakerja’, Senin, 26 April 2021 membahas topik ‘Strategi Marketing Dasar untuk Jualan’ dipersembahkan oleh platform digital Bukalapak dan lembaga pelatihan Sekolahmu. Pelatihan gratis selama hampir dua jam ini dibawakan oleh CEO Brodo Foot Wear, Yukka Harlanda, dipandu Chief Operating Officer Sekolahmu Radinka Qiera. Sebagai bos sepatu …

InsightPasar Kerja Masa Depan Berubah, Asah Keterampilan Komunikasi agar Tetap Eksis

Kebutuhan pasar kerja di masa depan bakal berubah drastis. Pekerjaan yang terkait teknologi bakal lebih mendominasi. Seiring dengan itu, keterampilan kerja yang dibutuhkan untuk masa depan pun tak sama lagi dengan saat ini. World Economic Forum (WEF) dalam laporannya menyebutkan ada 15 keterampilan yang paling dibutuhkan pada 2025. Hasil survei WEF mencatat, 2 dari 15 …