Prakerja, Program Unik Pemerintah yang Fokus Mendorong Peningkatan Produktivitas dan Bantuan Pengangguran  

Artikel Insight


Prakerja, Program Unik Pemerintah yang Fokus Mendorong Peningkatan Produktivitas dan Bantuan Pengangguran  

Insight Kartu Prakerja 19 April 2024 4 Menit Baca
Prakerja, Program Unik Pemerintah yang Fokus Mendorong Peningkatan Produktivitas dan Bantuan Pengangguran  

Program Kartu Prakerja merupakan program beasiswa pelatihan peningkatan skill, yang memiliki perbedaan mendasar dengan program bantuan pengangguran di berbagai negara lain. Penegasan itu disampaikan Head of Ecosystem and Development PMO Prakerja Andreas Swasti dalam ‘Emtek Career & Education Festival’ di Jakarta, Kamis, 31 Agustus 2023.

Mengutip akademisi Australian National University (ANU) Chris Manning, program bantuan pengangguran di negara-negara lain utamanya memberikan bantuan tunai. “Beda dengan Prakerja yang mengedepankan pelatihan peningkatan kompetensi, produktivitas, daya saing, dan pengembangan keterampilan kewirausahaan,” kata Andreas.

Dengan 17 juta peserta telah dijangkau sejak April 2020, Prakerja merupakan satu-satunya program pemerintah yang fokus pada pemanfaatan teknologi, dari awal pendaftaran peserta, pelaksanaan pelatihan, penyaluran insentif, hingga pengisian survei. “Dengan penggunaan teknologi secara ‘end to end digital’, penerima Prakerja bisa menerima bantuan secara utuh tanpa ada potongan sama sekali,” kata Andreas.

Andreas mengingatkan angkatan kerja Indonesia untuk terus menumbuhkan semangat belajar sepanjang hayat. “Banyak ilmu baru harus terus kita update, karena pelajaran yang kita dapat setelah lulus kuliah sekian tahun lalu bisa jadi sudah ketinggalan. Nah, untuk meningkatkan skill sesuai perkembangan zaman, semangat menjadi lifelong learner harus terus ditumbuhkan,” urainya,

Prakerja ajak ekosistem di dalamnya, gunakan tekno. Satu-satunya progam pemerintah fokus pada pengembangan teknologi.. pendaftaran end to end digital.. tak ada potongan sama sekali untuk pengembangan ekosistem

Emtek Career & Education Festival’ digelar Emtek Group, Karier.mu, Karir.com dan Prakerja secara hybrid, on site dan online di Emtek City Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, selama dua hari, 30 – 31 Agustus 2023. Secara online diselenggarakan melalui Vidio.com, dengan beberapa sesi talkshow, expert presentation, dan recruitment process onsite baik itu tes psikotes dan walk in interview; company presentation hybrid, dan workshop class onsite, melibatkan Karier.mu, Prakerja, Emtek Group, dan berbagai perusahaan ternama lainnya.

 “Event ini memfasilitasi pencari kerja menemukan pekerjaan yang sesuai kualifikasinya, mendapat pengalaman baru dalam mengembangkan diri dengan bantuan teknologi, mengenal pekerjaan-pekerjaan potensial di masa depan, serta mengikuti pelatihan pengembangan skill yang dibutuhkan pasar kerja di Indonesia,” kata Chief of Karier.mu Rangga Septyadi.

Ketua Umum DPP Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan Zoelkifli M. Adam mengapresiasi program Kartu Prakerja 2023 berjalan dengan lebih canggih dibanding sebelumnya. Ia menegaskan, kurikulum pendidikan dan pelatihan berubah sesuai dengan kebutuhan industri itu sendiri. “Ada 72 jenis program pelatihan yang sudah memiliki standar kompetensi di ekosistem Prakerja. Selain itu, evaluasi terhadap instruktur terus dilakukan agar kelas jadi menarik dan tidak monoton,” paparnya.

Zoelkifli menekankan agar para penerima Prakerja memanfaatkan optimal bantuan pelatihan yang diberikan pemerintah dalam program ini. “Jangan berfokus pada insentif uangnya. Uang akan habis, tapi skill tak akan habis seumur hidup jika kita aplikasikan dengan baik,” ungkapnya.

Saat membuka ‘Emtek Career & Education Festival’, pendiri Karier.mu Najelaa Shihab memaparkan pentingnya semangat belajar sepanjang hayat untuk angkatan kerja di Indonesia. Selain itu, Najelaa juga menyampaikan pentingnya proses belajar dalam keseharian, tidak terbatas tempat, waktu dan profesi. “Di era digital seperti saat ini, sumber pembelajaran terbaik dapat diakses kapan saja dan di mana saja,” kata Najeela.

Berbagai topik menarik dibahas dalam event ini adalah: Emerging Career in Creative Industry, #IamALifelongLearner : Why Should We Start Now?; Jurus Jitu memaksimalkan CV & Interview Kerja bagi Fresh Graduate; Knowing Your Worth :Tips on Salary Offering and Negotiations by Ahdiat Permana; Company Profile / Employer Branding by Ike Nerfita; The New Era of Streaming and Film Technology; Managing Self, Managing Wellness by Bambang Syumanjaya; Improve your Foreign language to Level Up Your Career; dan Personal Branding, Networking and Professional Relationships for Starter.  

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon telpWhatsappIcon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan