Strategi Marketing Kekinian, Sobat Prakerja Wajib Manfaatkan Teknologi Komunikasi
Artikel Insight
Strategi Marketing Kekinian, Sobat Prakerja Wajib Manfaatkan Teknologi Komunikasi
Dunia saat ini berubah. Di era serba digital ini, berbagai aktivitas manusia mengandalkan teknologi termasuk soal pemasaran.
Meski masih bertahan, pemasaran tradisional sudah mulai ditinggalkan. Masyarakat Indonesia pun sedikit demi sedikit menggunakan teknologi komunikasi terkini.
Digital marketing saat ini menjadi salah satu cara baru untuk mencapai tujuan pemasaran. Pemanfaatan media digital tak bisa diabaikan. Pasalnya, digital marketing mampu menjangkau target konsumen yang spesifik.
Adhitia Himawan dari Hacktiv8 mengatakan siapa pun bisa belajar digital marketing, salah satunya lewat Youtube.
“Memang kekurangannya random karena pelajarannya tanpa kurikulum,” ujarnya saat pelatihan daring gratis Ngabuburit yang digelar Kartu Prakerja bersama Tokopedia, Rabu, 21 April 2021.
Tak hanya itu, peminat digital marketing juga bisa bergabung dalam komunitas. Namun demikian, workshop berbayar juga menjadi pilihan tak kalah andal bila punya modal.
“ Tidak ada sertifikat tidak masalah. Karena di Indonesia memang belum terlalu tergantung sertifikat. Yang penting anda punya pengalaman dalam bidang tertentu,” katanya.
Dalam pelatihan daring bertema “Dasar-dasar Strategi Marketing Modern” itu, Adhitia memaparkan berbagai langkah yang bisa dilakukan dalam berbisnis.
Ia mengatakan menerapkan strategi marketing modern bisa dilakukan secara mandiri dan tanpa mengeluarkan biaya khusus.
Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan blog. Ia mengingatkan, artikel yang diunggah lewat blog harus memperhatikan SEO (search engine optimization). Selanjutnya,sobat perlu berinvestasi dengan membuat content video. Selain itu, media sosial perlu dimanfaatkan dalam pemasaran.
“Dalam memanfaatkan media sosial, jangan cuma bikin content produk, tapi juga story supaya orang terinspirasi, tersentuh. Content yang memiliki value sehingga bisa di-share dan jadi viral,” tuturnya.
Tak berhenti di situ, Adhitia membongkar cara mudah untuk mendapatkan benefit optimal lewat media sosial, yakni menggunakan paid advertising. Misalnya, Facebook Ads, Instagram Ads, maupun google ads.
“Yang namanya paid advertising adalah sesuatu yang terukur. Content bisa menjangkau berapa banyak akun. Kita bisa atur kategori target market. Itu sudah terjamin karena bisa menjangkau pasar yang sangat spesifik, berbeda dengan organik,” katanya.
Ia menyarankan Sobat Kartu Prakerja untuk jangan segan ikut pelatihan paid advertising. Dengan begitu, pelaku usaha bisa mengetahui secara detail teknis paid advertising.
Pilihan lain adalah podcast yang mulai digemari sekitar 2 tahun terakhhir. Pasalnya, banyak orang berpikir podcast merupakan wahana mencari informasi atau ilmu.
“Bisa buat sendiri buat podcastnya atau Anda diinterview orang-orang yang punya podcast.
Kalau belum terlalu terkenal, mereka masih mencari-cari narasumber. Kalau podcast seperti Deddy Corbuzier, mereka akan pilih-pilih,” ujarnya.
Selain itu, email marketing bisa dimanfaatkan untuk pemasaran. Kalangan profesional banyak menggunakan email dalam melakukan pekerjaan.
“Dengan email marketing, kita bisa menyebarkan content yang kita inginkan,” jelasnya.
Ia mengatakan, saat ini banyak perusahaan yang menyediakan jasa untuk membantu pemasaran melalui email marketing.
“Informasi yang cukup padat, bisa dikirim secara berkala,” katanya.
Langkah lainnya adalah melakukan pemasaran lewat forum dan komunitas. Dalam wadah forum maupun komunitas, orang-orang yang memiliki ketertarikan serupa akan berkumpul.
Pada era modern, komunitas maupun forum minat tertentu bisa ditemukan lewat Whatsapps group, Telegram, maupun Kaskus.
Secara naluri, ia menambahkan, manusia senang berbagi dengan sesama dan bersosialisasi karena manusia senang berinteraksi. Oleh karena itu, forum dan komunitas menjadi potensi yang tak bisa diabaikan karena menjadi wahan untuk melakukan edukasi produk.
“Maka, garaplah forum dan komunitas,” ucapnya.
Artikel dengan kategori Insight
Memanfaatkan Platform Digital untuk Kesejahteraan Inklusif di Asia Tenggara
21 Nov 2024 7 Menit BacaSudirta: Alumni Prakerja dari Minahasa yang Mengubah Tantangan Pandemi Menjadi Peluang
14 Okt 2024 5 Menit BacaKarier Perbankan Digital: Anti Risau Soal Batasan Usia
05 Sep 2024 4 Menit BacaPerut Kenyang, Otak Cerdas: Advokat Sekjen PBB singgung Program Makan Bergizi Gratis untuk Pembangunan Berkelanjutan
12 Jul 2024 4 Menit BacaMengenal Green Skills: Kunci Masa Depan Kerja Ramah Lingkungan
04 Jun 2024 6 Menit Baca