Fitur Rekomendasi Pekerjaan di Dashboard Kartu Prakerja: Inovasi yang Hubungkan Pendaftar dan Penerima dengan Pasar Kerja

Artikel Tips


Fitur Rekomendasi Pekerjaan di Dashboard Kartu Prakerja: Inovasi yang Hubungkan Pendaftar dan Penerima dengan Pasar Kerja

Tips Kartu Prakerja 22 April 2024 3 Menit Baca
Fitur Rekomendasi Pekerjaan di Dashboard Kartu Prakerja: Inovasi yang Hubungkan Pendaftar dan Penerima dengan Pasar Kerja

Ada yang baru pada dashboard penerima Kartu Prakerja di https://dashboard.prakerja.go.id. Selain dapat melihat dan mengakses rekomendasi pelatihan, jadwal pencairan insentif, saldo pelatihan, dan sertifikat yang sudah diperoleh, kini pengguna dashboard Kartu Prakerja juga dapat memanfaatkan fitur baru, yakni rekomendasi pekerjaan.

Fitur baru ini berguna untuk mempermudah akses peserta kepada lowongan pekerjaan sesuai keahlian serta pelatihan yang diikuti.

“Misalnya, seorang penerima Kartu Prakerja menyelesaikan pelatihan desain grafis, maka ia akan menerima informasi lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis di dashboard-nya,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Purbasari.

Fitur rekomendasi pekerjaan ini dibuat untuk membantu peserta Kartu Prakerja menemukan pekerjaan yang sesuai berdasarkan keahlian yang mereka miliki maupun pelatihan yang mereka ambil.

“Selain itu, juga untuk membantu meningkatkan kompetensi penerima Kartu Prakerja dengan pelatihan yang ada di ekosistem Kartu Prakerja sehingga bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian,” tambah Denni Purbasari.

Beberapa keuntungan diperoleh para penerima Kartu Prakerja dengan akses pada ‘Rekomendasi Pekerjaan’ ini. Antara lain, peserta mudah menemukan lowongan pekerjaan yang direkomendasikan oleh portal lowongan kerja yang telah bekerjasama dengan Kartu Prakerja. Begitu masuk ke portal lowongan kerja, peserta bisa memperluas pencariannya dan mencari yang benar-benar cocok dengan minat dan keahliannya. Proses mengirimkan lamaran dan CV juga bisa dilakukan secara daring di portal lowongan kerja tersebut. 

Fitur rekomendasi pekerjaan ini bisa dimanfaatkan oleh semua orang yang sudah memiliki akun di Kartu Prakerja, tidak terbatas hanya untuk mereka yang sudah menjadi penerima Kartu Prakerja. Untuk mereka yang sudah memiliki akun tetapi belum menjadi penerima Kartu Prakerja, rekomendasi pekerjaan akan muncul berdasarkan keahlian yang ditambahkan pada dashboard akun mereka. 

Sementara untuk mereka  yang sudah menjadi penerima Kartu Prakerja dan membeli pelatihan, rekomendasi pekerjaan akan muncul berdasarkan pelatihan yang dibeli dan/atau keahlian yang ditambahkan pada dashboard akun mereka. 

Jika peserta mengambil pelatihan berikutnya dan menambahkan keahlian baru, maka rekomendasi pekerjaan akan diperbaharui dengan keahlian baru tersebut.

“Kehadiran fitur ini diharapkan semakin melengkapi ekosistem Kartu Prakerja melalui proses job matching dan rekrutmen pekerjaan yang juga dilaksanakan secara digital,” tegas Denni Purbasari.

Jadi, tunggu apalagi, masuk ke akun Kartu Prakerja kamu, cek fitur rekomendasi pekerjaan di dashboard prakerja.go.id pada akun milikmu. Tambahkan terus keahlian milikmu, dan segera temukan jalan untuk mendapatkan pekerjaan impian!

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon telpWhatsappIcon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan