Frequently Asked Question: Survei Pemilihan Menu Pelatihan untuk Penerima Beasiswa Pelatihan 

Artikel Tips


Frequently Asked Question: Survei Pemilihan Menu Pelatihan untuk Penerima Beasiswa Pelatihan 

Tips Kartu Prakerja 22 April 2024 6 Menit Baca
Frequently Asked Question: Survei Pemilihan Menu Pelatihan untuk Penerima Beasiswa Pelatihan 

1. Apa itu Beasiswa Pelatihan?

Beasiswa Pelatihan merupakan kolaborasi antara Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP), Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K),  Program Kerjasama Indonesia Australia untuk Pembangunan Ekonomi (Prospera), Accenture, dan Indonesia Business Links (IBL) yang selanjutnya disebut sebagai “Tim”. Beasiswa Pelatihan dilaksanakan sebagai persiapan transisi skema Program Kartu Prakerja untuk pengembangan kompetensi angkatan kerja.

Beasiswa Pelatihan  akan dilakukan dengan tata cara berikut ini: 

  • Hanya dapat diikuti oleh Sobat yang belum menerima Program Kartu Prakerja. 
  • Sobat yang terpilih akan menerima voucher pelatihan sebesar Rp4.500.000.
  • Voucher hanya dapat digunakan untuk membeli pelatihan pada mitra Lembaga Pelatihan pada Beasiswa Pelatihan.
  • Pelatihan tersebut telah melalui proses seleksi Tim untuk memastikan pelatihan-pelatihan ini memberikan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.
  • Setelah menyelesaikan pelatihan pertama, Sobat akan memperoleh insentif pasca pelatihan atau bantuan pengganti transportasi dan/atau pembelian paket data sebesar Rp350.000 per orang sebanyak satu kali.

2. Bagaimana mengetahui apabila saya terpilih sebagai Peserta Beasiswa Pelatihan? 

Sobat yang terpilih dalam Beasiswa Pelatihan menerima SMS notifikasi pada tanggal 24 Desember 2021 yang berisi konfirmasi terpilihnya Sobat pada kegiatan ini.

3. Bagaimana tahapan untuk mengikuti Beasiswa Pelatihan?

Kami membagi Beasiswa Pelatihan  ini menjadi beberapa tahapan berikut: 

  • Calon Peserta menerima pengumuman hasil seleksi. Sobat telah menerima SMS pengumuman hasil seleksi ini pada tanggal 24 Desember 2021.
  • Peserta menerima SMS berisi link menu untuk memilih judul pelatihan pada tanggal 3-5 Januari 2022. Peserta dapat memilih judul pelatihan pertama sebelum 6 Januari 2022 pukul 17.00 WIB. Ayo pilih pelatihan pada Menu Pelatihan!
  • Peserta akan menerima informasi pelatihan termasuk lokasi pelatihan, voucher pelatihan, dan tata cara redeem/menukarkan voucher pelatihan melalui SMS/email. 
  • Peserta melakukan redeem voucher pelatihan sesuai dengan tata cara yang ditetapkan Lembaga Pelatihan. 
  • Mohon agar Peserta melakukan redeem voucher sebelum tanggal pelaksanaan pelatihan dimulai.
  • Setelah melakukan redeem, peserta akan mendapatkan konfirmasi jadwal pelatihan dari Lembaga Pelatihan dan dapat mengikuti proses belajar.
  • Gelombang pertama pelatihan akan dimulai pada tanggal 10 Januari 2022. Siapkan diri kamu ya Sobat.
  • Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta diminta untuk mengisi feedback form yang berguna dalam proses evaluasi Beasiswa Pelatihan.
  • Peserta berhak memperoleh insentif pasca pelatihan sebesar Rp350.000 setelah terkonfirmasi mendapatkan sertifikat penyelesaian pelatihan (certificate of completion). Peserta akan dihubungi secara pribadi oleh Tim Beasiswa Pelatihan untuk memberikan informasi nomor rekening bank/e-wallet.

Gambar berikut ini merangkum tahapan yang akan Sobat lalui pada Program Beasiswa Pelatihan.

Tahapan Program Beasiswa Pelatihan

4. Apakah ada tenggat waktu untuk memilih pelatihan?

Ya. Tenggat waktu memilih pelatihan pertama adalah tanggal 6 Januari  2022 pukul 17:00 WIB. Apabila Sobat melewati waktu pengisian Survei, maka kepesertaan Sobat akan dicabut. Ayo pilih pelatihan di Menu Pelatihan tersebut!

5. Apakah saya akan mendapat insentif setelah menyelesaikan pelatihan?

Ya. Sobat akan memperoleh insentif pasca pelatihan setelah menyelesaikan pelatihan pertama sebesar Rp350.000 sebanyak satu kali. Penyelesaian pelatihan pertama ditandai dengan selesainya post-test. Manfaat lain yang dapat Sobat peroleh setelah menyelesaikan pelatihan adalah Sobat akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang berguna saat mencari kerja.

6. Jika pelatihan yang saya minati tidak ada dalam daftar pelatihan yang ditawarkan, apa yang harus saya lakukan?

Pilihan pelatihan dalam Beasiswa Pelatihan  ini  terbatas. Jika pelatihan yang Sobat minati tidak ada dalam menu pelatihan Beasiswa Pelatihan, Sobat dapat memilih pelatihan yang mendekati minat Sobat dulu, ya!

7. Apakah ada tenggat waktu untuk menyelesaikan pelatihan pada Beasiswa Pelatihan

Pelatihan pada Beasiswa Pelatihan ini akan diselenggarakan pada bulan Januari 2022 selama 2-3 minggu lebih. Kami berharap Sobat dapat mengikuti dan menyelesaikan pelatihan pada periode tersebut. Informasi pelaksanaan pelatihan akan disampaikan oleh Lembaga Pelatihan dimana Sobat mengambil pelatihan.

8. Apakah terdapat tahapan selanjutnya setelah menyelesaikan pelatihan pertama?

Setelah menyelesaikan pelatihan pertama, Sobat dapat memilih pelatihan kedua pada ujicobapelatihan.id/pilihmandiri bila sisa saldo Beasiswa Pelatihan masih ada. Setelah menyelesaikan pelatihan pertama, Sobat juga akan memperoleh insentif. Selanjutnya, Sobat akan diminta untuk mengisi Survei Penyelesaian Pelatihan yang akan menanyakan pengalaman belajar Sobat. Jawaban Sobat akan menjadi masukan untuk perbaikan program.

9. Insentif pasca pelatihan akan dikirim melalui metode apa?

Setelah menyelesaikan pelatihan, Sobat akan dihubungi secara pribadi oleh Tim Beasiswa Pelatihan untuk memberikan informasi nomor rekening/e-wallet. Tim Beasiswa Pelatihan akan mengirimkan insentif pasca pelatihan melalui rekening bank atau top-up e-wallet, kurang lebih 14 hari kerja setelah Sobat menyelesaikan pelatihan pertama dalam Beasiswa Pelatihan dan menyerahkan informasi nomor rekening/e-wallet kepada Tim Beasiswa Pelatihan.

10. Apakah saya masih bisa menjadi Penerima Kartu Prakerja setelah berpartisipasi pada Beasiswa Pelatihan?

Sobat masih memiliki kesempatan untuk menjadi Penerima Kartu Prakerja tahun 2022 setelah berpartisipasi pada Beasiswa Pelatihan.

11. Bagaimana jika saya ingin bertanya mengenai proses pelatihan pada Beasiswa Pelatihan?

Sobat dapat menghubungi contact center kami pada email [email protected] dengan subject “Penerima Beasiswa Pelatihan”atau nomor telepon/Whatsapp +6281218367983.

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon telpWhatsappIcon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan