Kolaborasi Seru, Bukalapak bersama Kartu Prakerja Luncurkan Business Hub

Senin , 24 Mei 2021 15:02 WIB
Kolaborasi Seru, Bukalapak bersama Kartu Prakerja Luncurkan Business Hub

Memperingati Setahun Program Kartu Prakerja, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja bersama Bukalapak meluncurkan Bukalapak-Kartu Prakerja Business Hub.

Selama ini, Bukalapak menawarkan 200 kelas yang dapat diakses oleh peserta Program Kartu Prakerja. Sekitar 32 persen dari peserta yang mengikuti pelatihan di Bukalapak membeli pelatihan dengan kategori bisnis.

Berangkat dari situ, Bukalapak bersama PMO Kartu Prakerja berupaya mengakomodasi para alumni yang berminat untuk berwirausaha.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi langkah strategis Bukalapak. Pasalnya, para alumni Kartu Prakerja bisa berperan menjadi produsen, pelapak, atau reseller di Bukalapak.

“Bukalapak mengambil peran sebagai platform penyedia pelatihan dan ikut memberdayakan alumni agar bisa menjadi wirausaha baru,” kata Airlangga saat peluncuran Bukalapak-Kartu Prakerja Business Hub, 30 Maret 2021.

Ia menegaskan upaya tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo saat tatap muka dengan para alumni Kartu Prakerja pada 17 Maret 2021. 

Presiden Jokowi saat itu meminta agar alumni Kartu Prakerja dan masyarakat tidak berhenti belajar dan meningkatkan skill. Pasalnya, ketika pandemi dapat diatasi akan banyak peluang kerja dan berwirausaha.

“Business Hub mendorong para alumni bisa menciptakan produk dengan brand-brand unggulan yang mendukung kampanye Banggga Buatan Indonesia,” kata Airlangga.

Nantinya, imbuh dia, alumni Kartu Prakerja bukan hanya dikenalkan soal kewirausahaan ataupun business making, melainkan juga dibukakan akses pembiayaan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro dan reguler.

“Kolaborasi digital ini semoga dapat terus ditingkatkan. Bukan hanya menyukseskan Kartu Prakerja tetapi juga dapat menciptakan multiplier effect yang positif dan memberikan dampak sosial ekonomi yang positif bagi masyarakat di era ekonomi digital,” ujarnya.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menjelaskan Bukalapak mendukung pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital untuk mengoptimalkan bisnisnya.

“Bukalapak menyediakan peluang alumni Kartu Prakerja untuk berbisnis. Kami ingin mewujudkan new entrepreneur,” kata Rachmat.

Para alumni bisa menghasilkan produk untuk dijual lewat Bukalapak. Sementara itu, alumni Kartu Prakerja yang tidak memiliki produk sendiri untuk dijual bisa berperan sebagai reseller

“Bukalapak menjadi hub untuk mempertemukan produsen produk unggulan dengan para alumni Program Kartu Prakerja,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, 70 persen dana insentif digunakan para alumni Program Kartu Prakerja untuk modal usaha.

Para alumni Program Kartu Prakerja saat ini telah paham literasi digital dan memiliki akses ke lembaga keuangan formal, baik perbankan maupun peer to peer lending.

Oleh karenanya, alumni Kartu Prakerja berpeluang untuk dapat mengakses pinjaman ke lembaga keuangan formal untuk membuka maupun mengembangkan usahanya.

“Saat mengikuti Program Kartu Prakerja, ada pelatihan pengelolaan keuangan, laporan keuangan. Ini penting untuk menyusun laporan keuangan agar bisa dinilai lembaga keuangan dalam kelayakan bisnis,” kata Denni.

Denni menjelaskan, PMO Kartu Prakerja untuk memperbaiki fitur dan layanan serta memperbesar ekosistem agar lebih bermanfaat.

Ia mengajak para alumni Program Kartu Prakerja untuk memanfaatkan berbagai peluang yang ditawarkan para mitra kerja Kartu Prakerja.

“Saya ingat saat kelas gratis, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan kunci seorang pebisnis adalah ide bisnisnya dulu, bukan modal. Nah, Bukalapak sudah membuka satu pintu itu,” ucapnya.

Lewat Business Hub ini, para alumni yang telah menjadi pelapak bisa mencari produk-produk baru. Bahkan, para alumni bisa mengambil peran sebagai reseller berbagai jenis produk yang tersedia di Bukalapak. 

“Bukalapak membuka peluang untuk mempraktekkan materi pelatihan Kartu Prakerja. Buat Sobat Prakerja yang penting niat. Jangan ditunda-tunda, ini sudah ada pintu dibuka, masuk, belajar,” katanya. 

Simak selengkapnya di sini

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon telpWhatsappIcon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan