FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

Terakhir diperbaharui: 16 September 2020

Tentang Kartu Prakerja

Apa itu Program Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Apa sih tujuan Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.

Apakah Kartu Prakerja menggaji pengganguran?

Tidak. Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja. Jadi, bukan untuk menggaji pengangguran ya!

Siapa aja sih yang bisa dapat manfaat Kartu Prakerja?

Kamu bisa mendaftar Kartu Prakerja jika kamu adalah pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Untuk itu, kamu harus memenuhi persyaratan sebagai warga negara Indonesia berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya. Namun, jika kamu adalah salah satu dari pekerjaan di bawah ini, maka kamu tidak bisa mendaftar Program Kartu Prakerja:

  1. Pejabat Negara
  2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  3. Aparatur Sipil Negara
  4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  6. Kepala Desa dan perangkat desa
  7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Eh, apakah harus menganggur?

Tidak, kok! Orang yang sudah bekerja, karyawan, korban PHK dan pelaku usaha mikro dan kecil juga boleh mendaftar sepanjang memenuhi persyaratan Program Kartu Prakerja dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi.

Apakah lulusan universitas unggulan dan sudah bekerja bisa dapat manfaat Kartu Prakerja?

Tentu saja bisa! Pekerja, baik itu lulusan universitas unggulan ataupun tidak, juga butuh peningkatan kompetensi kerja dan keahlian. Namun, prioritas tetap diberikan pada pencari kerja usia muda dan pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID-19.

Siapa yang akan melaksanakan operasional Kartu Prakerja dan memberikan persetujuan manfaat Kartu Prakerja?

Manajemen Pelaksana sebagai unit yang melaksanakan Program Kartu Prakerja dan berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia yang akan melaksanakan operasional Kartu Prakerja. Semua kebijakan Kartu Prakerja dirumuskan oleh Komite Cipta Kerja yang diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Kepala Staf Kepresiden sebagai Wakil Ketua, terdiri dari 12 (dua belas) menteri dan kepala lembaga sebagai anggota dan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebagai Sekretaris Komite.

Akun Saya

Bagaimana cara daftar akun?

Daftar akun Kartu Prakerja sangat mudah, lho! Kamu bisa pakai email kamu yang masih aktif. Berikut panduannya: Masukkan email dan password kamu, lalu klik Daftar.

Kamu akan menerima notifikasi via email.

Selanjutnya buka email kamu dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.

Pendaftaran berhasil. Selamat, kamu telah berhasil membuat akun Kartu Prakerja!

Bagaimana ya cara Login Akun?

Buka laman www.prakerja.go.id.

Klik Login pada Laman Depan

Masukkan email dan password akun yang sudah kamu daftarkan. Klik Login.

Kamu berhasil masuk ke akun.

Bagaimana jika saya lupa password?

Klik Login pada situs Kartu Prakerja.

Klik Lupa Password?

Masukkan alamat email kamu yang telah terdaftar, lalu klik Kirim.

Kamu akan menerima email link verifikasi. Klik link tersebut untuk melanjutkan.

Setelah itu, masukkan password baru kamu.

Klik Atur Ulang. Kamu telah berhasil mengubah password.

Saya tidak menerima Kode Verifikasi atau OTP

Kode Verifikasi atau OTP (One-Time Password) adalah password dinamis yang terdiri dari 4 maupun 6 digit angka unik dan rahasia yang biasanya dikirimkan melalui SMS atau email yang tercantum pada akun Kartu Prakerja kamu. Kode ini berfungsi sebagai alat validasi untuk mencegah adanya tindakan penyalahgunaan akun. Setiap kode yang dikirimkan ini umumnya hanya berlaku selama beberapa menit.

Kamu tidak akan menerima kode OTP apabila nomor telepon atau email yang tercantum pada akun sudah tidak digunakan atau sudah tidak aktif. Untuk itu, kamu harus pastikan bahwa nomor telepon maupun email yang terdaftar pada akun kamu sudah sesuai dengan yang digunakan saat ini.

Apabila nomor telepon dan email yang kamu gunakan saat ini masih aktif namun kamu tidak menerima kode OTP, silakan hubungi kami di [email protected]

Akun saya diblokir

Manajemen Pelaksana sebagai pengelola situs Kartu Prakerja berhak memblokir akun pengguna yang melanggar Syarat dan Ketentuan. Pastikan bahwa kamu telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan.

Apabila kamu merasa tidak melakukan pelanggaran yang ada di bagian Syarat dan Ketentuan Kartu Prakerja namun akun kamu diblokir, silakan hubungi kami di [email protected]

Saya ingin mengubah nama akun

Akun Kartu Prakerja kamu harus sesuai dengan nama yang ada di Kartu Tanda Penduduk dan tidak dapat diubah.

Saya ingin ubah password

Password merupakan hal penting saat kamu ingin login ke akun Kartu Prakerja. Apabila kamu merasa passwordmu mudah ditebak atau sudah tidak aman, kamu dapat melakukan perubahan password secara berkala.

Apabila kamu ingin mengubah password, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Login atau masuk ke akun Kartu Prakerja kamu
  • Pilih Profile, lalu klik Ubah Password/Password
  • Masukkan password lama, lalu masukkan password baru
  • Klik Ubah/Atur Ulang

Tolong diingat bahwa password merupakan hal rahasia. Oleh karena itu, jangan memberikan atau menyebarkan password akunmu kepada pihak lain.

Saya ingin mengubah nomor HP

Apabila kamu ingin mengubah nomor HP, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Login atau masuk ke akun Kartu Prakerja kamu
  • Pastikan kamu sudah memutuskan akun e-wallet jika sebelumnya sudah tersambung. Kamu bisa melihat langkah-langkah melakukan pemutusan e-wallet di artikel ini.
  • Di dashboard kamu, pilih Profile. Klik Ubah pada bagian Nomer Telfon
  • Masukkan nomor HP yang masih aktif, lalu pilih Lanjut. Pastikan nomor HP kamu benar.
  • Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS, lalu pilih Verifikasi
  • Kamu telah berhasil mengubah nomor HP kamu.

Akun saya disalahgunakan orang lain

Apabila kamu merasa ada orang lain yang menggunakan akun kamu atau ada perubahan password tanpa sepengetahuan kamu, segera ubah password di halaman Profil kamu.

Apabila terdapat perubahan password tanpa sepengetahuan kamu sebagai pemilik akun, silakan klik tombol Lupa password? yang ada di halaman awal login/masuk.

Apabila kamu tetap tidak bisa mengakses akun Kartu Prakerja kamu, silakan klik Hubungi Kami di bawah ini.

Saat mengganti password, jangan pernah membagikan link verifikasi atau kode verifikasi/OTP atau password-mu kepada orang lain untuk menghindari kebocoran akun.

Cara menjaga keamanan akun

Untuk mencegah penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, pastikan kamu memahami panduan keamanan berikut:

  • Kode one-time password (OTP) atau kode verifikasi adalah informasi rahasia. Jangan bagikan kode tersebut ke pihak manapun, termasuk ke pihak yang mengaku sebagai karyawan Manajemen Pelaksana atau Pemerintah.
  • Jangan mudah percaya pada pihak yang mengaku sebagai karyawan Manajemen Pelaksana atau Pemerintah, dan jangan memberitahukan data pribadi atau mentransfer sejumlah dana ke pihak tersebut.
  • Waspadalah apabila kamu diminta untuk mengakses sebuah link oleh pihak lain. Jangan mengakses link yang mengharuskan kamu untuk memberikan nama akun dan password.
  • Ganti password akun Kartu Prakerja dan akun email pribadi kamu secara berkala dan jangan menggunakan password yang sama.
  • Semua informasi akan dipublikasikan melalui kanal resmi Kartu Prakerja, yaitu di website www.prakerja.go.id, email dengan domain @prakerja.go.id, atau lewat media sosial resmi Kartu Prakerja.
  • Kenali akun resmi Kartu Prakerja dengan baik.

Pendaftaran Kartu Prakerja

Apa saja tahap pendaftaran Kartu Prakerja?

Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun kamu, kamu akan masuk ke dashboard akun.

Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir kamu, lalu klik Berikutnya

Lengkapi data diri kamu dan unggah foto KTP kamu

Lakukan verifikasi nomor handphone

Klik Kirim

Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP kamu. Klik Verifikasi.

Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar

Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.

Berikutnya, kamu wajib melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar

Klik Mulai Tes Sekarang

Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi.

Pendaftaran kamu sedikit lagi selesai dan kamu tinggal ikut seleksi Gelombang. Pilih Gelombang yang kamu inginkan disesuaikan dengan domisili kamu, lalu klik Gabung

Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang kamu. Bila sudah sesuai, klik Ya, Gabung

Setelah mengisi Gelombang, akan muncul Persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Kamu harus klik Saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Tahap pendaftaran kamu selesai!

Selanjutnya kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos melalui SMS setelah penutupan Gelombang. Jika kamu belum lolos, kamu bisa ikut Gelombang berikutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard akun kamu.

Bagaimana cara saya mengecek status pendaftaran?

Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek di dashboard kamu. Jika lolos seleksi Gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu.

Jika kamu tidak lolos, akan ada notifikasi “Tidak Lolos” pada dashboard akun kamu.

Tes & Seleksi Gelombang

Apakah saya harus menjalani tes untuk mendapatkan bantuan dari Kartu Prakerja?

Iya, kamu harus mengikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran.

Apakah tes mempengaruhi kelolosan saya?

Ya, tes merupakan salah satu komponen yang wajib kamu ikuti untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja.

Apakah tes mempunyai durasi atau batas waktu?

Tes Motivasi & Kemampuan Dasar berdurasi maksimal 25 menit dengan 18 soal. Kamu bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.

Ada berapa banyak soal tes?

Total soal Tes Motivasi & Kemampuan Dasar adalah 18 soal.

Apa yang perlu saya siapkan sebelum tes?

Untuk membantu kamu, kamu bisa menyiapkan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.

Apakah seleksi Gelombang mempengaruhi kelolosan saya?

Tentu, setiap seleksi Gelombang mempunyai periode tertentu dan kuota. Pada saat kamu melakukan proses pendaftaran, jangan lupa untuk segera ikut seleksi Gelombang agar tidak ketinggalan kuota, ya!

Apakah setiap gelombang (batch) mempunyai kuota?

Ya, setiap Gelombang mempunya kuota untuk area dan periode tertentu. Kamu hanya bisa memilih Gelombang sesuai dengan domisili yang didaftarkan pada Kartu Prakerja. Cek dashboard akun kamu untuk cek Gelombang yang masih terbuka.

Kalau saya tidak dapat kuota Gelombang, apakah saya bisa ikut seleksi Gelombang berikutnya?

Tentu kamu boleh mengikuti seleksi Gelombang periode berikutnya. Di setiap Gelombang yang kamu pilih, kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos atau tidak di dashboard akun kamu.

Jika saya gagal atau tidak lolos seleksi Gelombang apakah harus ulang lagi pendaftaran?

Tidak, jika gagal seleksi gelombang karena kuota habis, kamu dapat mengikuti seleksi periode Gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

Status lolos atau tidak lolos Kartu Prakerja

Bagaimana cara untuk tahu saya lolos atau tidak?

Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek dashboard kamu. Jika lolos seleksi gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu. JIka tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja kamu. Jika gagal seleksi Gelombang karena kuota habis, kamu dapat mengikuti seleksi periode Gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

Jika tidak lolos, akan ada notifikasi “Tidak Lolos” pada dashboard akun kamu.

Jika saya kehabisan kuota, apakah saya harus melakukan pendaftaran ulang?

Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya.

Apa yang harus saya lakukan jika sudah tiga kali gagal mendaftar gelombang?

Jika kamu mengalami masalah tersebut, kamu bisa mengunduh Surat Pernyataan ini. Isi dengan benar sesuai data diri kamu, lalu kirimkan ke email [email protected] untuk bisa dilakukan pengecekan oleh Manajemen Pelaksana.

Bantuan Biaya / Pagu / Saldo Pelatihan

Apakah bantuan biaya pelatihan Kartu Prakerja diberikan secara tunai?

Tidak. Bantuan untuk pelatihan diberikan secara non-tunai.

Berapa kali bantuan/manfaat Kartu Prakerja diberikan?

Sekali saja, namun kamu bisa menggunakannya untuk mengikuti beberapa pelatihan.

Berapa jumlah saldo bantuan pelatihan yang akan saya terima?

Jika kamu lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, untuk anggaran tahun 2020 kamu akan menerima bantuan pelatihan sebesar 1 (satu) juta rupiah.

Bagaimana saya mengetahui besarnya pagu Kartu Prakerja yang diberikan pada saya?

Kamu akan menerima notifikasi besaran pagu yang disetujui pada dashboard akun kamu. Pastikan kamu cek secara berkala di akun kamu, ya!

Apakah pagu / saldo Kartu Prakerja saya dapat dipakai oleh orang lain?

Tidak, pagu hanya dapat dipakai oleh kamu sendiri sebagai penerima manfaat Kartu Prakerja. Pagu tidak dapat dipindahtangankan kepada orang lain.

Apakah saldo bantuan pelatihan ada masa kedaluwarsanya?

Ya, jika kamu lolos mendapatkan Kartu Prakerja, kamu harus memakainya untuk membeli pelatihan di Platform Digital dalam waktu 30 (tiga puluh) hari setelah kamu mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai penerima Kartu Prakerja dari Manajemen Pelaksana. Jika sudah melebihi 30 (tiga puluh) hari dan kamu belum membeli pelatihan, Kartu Prakerja kamu akan dinonaktifkan/dicabut kepesertaannya. Saldo bantuan pelatihanmu juga akan hangus dan akan dikembalikan ke Rekening Dana Kartu Prakerja.

Apakah saya dapat meminta penambahan pagu/saldo bantuan pelatihan?

Manajemen Pelaksana tidak dapat menambah pagu yang telah disetujui. Namun, Manajemen Pelaksana berhak membatalkan pagu secara sementara atau permanen jika ada indikasi kecurangan atau terbukti ada pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Kartu Prakerja.

Pembelian Pelatihan di Platform Digital

Di mana saja saya dapat menggunakan pagu untuk membeli/membayar pelatihan?

Kamu dapat menggunakan pagu Kartu Prakerja hanya di Platform Digital yang resmi bekerja sama, yaitu:

Apakah ada batas waktu pembelian pelatihan?

Ya, kamu hanya dapat membeli pelatihan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari setelah Kartu Prakerja diterima. Jika sudah melebihi 30 (tiga puluh) hari, Kartu Prakerja kamu akan dinonaktifkan dan kamu tidak dapat mengikuti kembali Program Kartu Prakerja.

Bagaimana jika pagu saya tidak cukup untuk membeli pelatihan yang saya mau?

Saat ini, kamu hanya dapat membeli pelatihan dengan besaran sama atau kurang dari jumlah pagu kamu.

Bagaimana jika saya gagal menggunakan pagu/saldo di Platform Digital?

Pastikan kamu telah memasukkan nomor Kartu Prakerja dan OTP yang benar pada saat membeli pelatihan di Platform Digital. Kamu dapat menghubungi customer service Platform Digital atau kamu dapat menghubungi kami di [email protected]

Pelatihan apa saja yang bisa saya beli / bayar dengan Kartu Prakerja?

Kamu bisa memilih beragam jenis pelatihan, mulai dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha. Pelatihan yang bisa kamu pilih, antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial dan lain-lain. Cek jenis-jenis pelatihan yang tersedia di situs Platform Digital.

Apakah saya dapat membeli lebih dari satu pelatihan?

Bisa, namun kamu hanya boleh membeli pelatihan yang kedua setelah kamu menyelesaikan pelatihan pertama kamu. Pastikan kamu masih mempunyai sisa saldo yang cukup.

Insentif

Siapa saja yang bisa mendapatkan insentif?

Insentif hanya diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama.

Apa saja jenis insentif dan berapa jumlahnya?

Insentif terdiri dari 2 (dua) jenis:

  • Insentif Pelatihan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp600.000 (enam ratus ribu rupiah) perbulan (selama 4 bulan)
  • Insentif Survei Keberkerjaan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp50.000 (lima puluh ribu rupiah) persurvei (akan ada 3 survei)

Kapan saya bisa mendapatkan insentif?

  • Insentif Pelatihan

    Jika kamu lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, kamu akan menerima insentif Pelatihan jika:

    1. Telah menyelesaikan Pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat
    2. Dalam hal penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, Insentif Pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.
    3. Telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan
    4. Telah memberikan penilaian kepada Lembaga Pelatihan di Platform Digital
    5. Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs www.prakerja.go.id
    6. Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.

    Penyaluran insentif akan dilakukan maksimum 7 (tujuh) Hari Kerja setelah semua persyaratan di atas terpenuhi.

  • Insentif Survey

    Akan diterima jika penerima Kartu Prakerja telah mengisi survey di akun www.prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja.

Apakah saya bisa mendapatkan insentif jika belum mendapatkan persetujuan Kartu Prakerja?

Tidak, kamu hanya bisa mendapatkan insentif ketika kamu telah menjadi pemegang Kartu Prakerja yang sah dan telah menyelesaikan pelatihan pertama kamu.

Di mana saya bisa mengecek jumlah insentif yang akan saya terima?

Kamu bisa cek pada akun dashboard kamu. Pastikan kamu cek statusnya secara berkala, ya.

Apa saja yang membuat insentif saya gagal dicairkan?

Insentif kamu bisa gagal dicairkan apabila:

  1. Belum mengisi ulasan pada Lembaga Pelatihan
  2. Belum memberikan penilaian terhadap Lembaga Pelatihan
  3. Nomor rekening atau akun e-wallet yang kamu daftarkan pada Kartu Prakerja tidak aktif
  4. Akun e-wallet kamu belum di-upgrade atau melakukan KYC (verifikasi KTP dan swafoto)
  5. Data KTP dan swafoto yang didaftarkan pada e-wallet tidak sesuai dengan yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja.

Apakah insentif diberikan secara tunai atau non-tunai?

Insentif kamu akan diberikan non-tunai dengan cara ditransfer ke rekening bank atau akun e-wallet yang telah kamu daftarkan.

Bagaimana saya mendapatkan insentif?

Insentif akan disalurkan melalui akun e-wallet atau rekening bank yang telah kamu daftarkan di akun kamu melalui situs www.prakerja.go.id

Apa saja yang dapat saya gunakan dengan insentif?

Insentif dapat kamu gunakan untuk apa saja. Bisa untuk untuk meringankan biaya yang sudah kamu habiskan ketika pelatihan seperti makan, transportasi, dan pulsa. Bisa juga kamu gunakan untuk meringankan biaya selama mencari pekerjaan.

Menyambungkan dan Memutuskan Nomor Rekening atau E-wallet untuk Penyaluran Insentif

Bagaimana cara saya menyambungkan nomor rekening atau akun e-wallet untuk insentif?

Sebelum menyambungkan rekening bank atau e-wallet, pastikan:

  1. Nomor rekening bank dan e-wallet/e-money kamu merupakan atas nama kamu sendiri (menggunakan NIK yang sama dengan NIK yang terdaftar di Kartu Prakerja) ;
  2. Jika memilih e-wallet, pastikan kamu telah mempunyai akun e-wallet di salah satu mitra kami (OVO, LinkAja, Gopay);
  3. Pastikan nomor HP yang teregistrasi di Kartu Prakerja merupakan nomor telepon akun e-wallet/e-money kamu;
  4. Akun e-wallet kamu sudah di-upgrade atau akun e-wallet yang KYC (verifikasi KTP & swafoto).

Cara sambung rekening/e-wallet:

Login ke akun kamu di www.prakerja.go.id

Masuk ke dashboard akun kamu

Pada bagian Rekening, klik Sambungkan Rekening

Pilih bank atau e-wallet pilihanmu, lalu klik Sambungkan

Jika kamu memilih nomor rekening bank, masukan data rekening kamu. Pastikan kamu memasukkan data yang benar.

Jika kamu memilih e-wallet, pastikan nomor HP yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja merupakan nomor telepon e-wallet kamu yang telah KYC atau e-wallet yang sudah di-upgrade atau premium.

Jika nomor HP sudah benar, klik Aktifkan

Masukkan nomor OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor HP kamu

Selamat, kamu berhasil menyambungkan rekening/e-wallet kamu!

Bagaimana jika saya gagal menyambungkan nomor rekening atau e-wallet saya?

Pastikan kamu memasukkan nomor rekening atau nomor HP yang digunakan di e-wallet kamu dengan benar dan OTP yang benar. Untuk saat ini, kamu bisa mendaftarkan nomor rekening BNI dan nomor HP e-Wallet OVO, LinkAja dan Gopay.

Jika kamu gagal karena memasukkan nomor HP yang belum terdaftar di e-wallet, daftarkan terlebih dahulu ke e-wallet pilihan kamu (OVO, LinkAja, atau Gopay). Jangan lupa segera upgrade akun e-wallet kamu, ya!

Rekening bank atau e-wallet akan gagal tersambung jika NIK di rekening bank atau e-wallet tidak sama dengan yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja. Kamu wajib memakai NIK kamu sendiri yang terdaftar di akun Kartu Prakerja dan tidak boleh memakai NIK orang lain.

E-wallet kamu juga akan gagal tersambung jika kamu belum upgrade akun e-wallet kamu. Lakukan upgrade akun e-wallet kamu terlebih dahulu di aplikasi e-wallet yang ingin kamu sambungkan.

Jika kamu masih mengalami kendala pada saat menyambungkan rekening bank atau e-wallet, kamu dapat menghubungi customer service mitra bank dan e-wallet di:

Mitra Pembayaran:

Bagaimana cara saya upgrade akun e-wallet?

Kamu dapat melakukan upgrade akun e-wallet di aplikasi e-wallet pilihan kamu (OVO, LinkAja, Gopay). Ikuti langkah-langkah upgrade di aplikasi e-wallet tersebut.

Jika kamu masih mengalami kendala, kamu dapat menghubungi customer service e-wallet di:

Bagaimana cara saya melakukan pemutusan nomor rekening atau akun e-wallet untuk insentif?

Jika kamu telah menyambungkan rekening e-wallet, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

Pada tampilan dashboard rekening kamu, pilih Atur

Klik Putuskan Rekening untuk memutuskan rekening kamu

Klik Putuskan Rekening

Sistem akan memproses putusan rekening

Rekening berhasil diputuskan. Kamu harus segera menyambung ulang rekening sesuai langkah penyambungan rekening.

Jika sebelumnya kamu telah menyambungkan rekening bank BNI, kamu bisa ikuti langkah berikut:

Pada tampilan dashboard rekening kamu, pilih Atur

Klik Putuskan Rekening untuk memutuskan rekening kamu.

Klik Putuskan Rekening

Sistem akan memproses pemutusan rekening

Rekening berhasil diputuskan. Kamu harus menyambung ulang rekening sesuai langkah penyambungan rekening.