Penyambungan Rekening/E-Money

Terakhir diperbaharui: 29 November 2023

Kategori Pertanyaan

Bagaimana cara saya menyambungkan nomor rekening atau akun e-money untuk insentif?
Subsstract IconExpand Icon

Sebelum menyambungkan rekening bank atau e-money, pastikan:

  • Rekening bank/e-money kamu masih aktif

  • Rekening bank dalam mata uang Rupiah;

  • Nomor rekening bank/e-money kamu merupakan atas nama kamu sendiri yang sesuai dengan KTP atau sesuai dengan terdaftar di Kartu Prakerja dan menggunakan NIK yang sama dengan NIK yang terdaftar di Kartu Prakerja;

  • Jika memilih e-money, pastikan kamu telah mempunyai akun e-money di salah satu mitra kami (OVO, LinkAja, GoPay dan DANA);

  • Pastikan nomor HP yang teregistrasi di Kartu Prakerja merupakan nomor telepon akun e-money kamu;

  • Akun e-money kamu sudah di-upgrade atau akun e-money yang KYC (verifikasi KTP & swafoto).

Cara sambung rekening/e-money:

Setelah menonton 3 video tentang Kartu Prakerja, kamu akan diarahkan untuk melakukan penyambungan rekening/e-money. Klik Sambungkan Sekarang.

Jika kamu mau menyambungkan dengan rekening bank, pilih bank yang diinginkan lalu klik Sambungkan.

Masukkan data rekening kamu. Pastikan kamu memasukkan data yang benar. Lalu klik Sambungkan .

Klik Ya, Sambungkan. Pastikan data rekening yang kamu masukkan selalu aktif.

Selamat! Rekening bank kamu sudah tersambung ke akun Prakerja.

Jika kamu memilih e-money, pilih e-money yang diinginkan lalu klik Sambungkan. Pastikan nomor HP yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja merupakan nomor HP e-money kamu yang telah KYC atau e-money yang sudah di-upgrade atau premium.

Masukkan nomor HP kamu. Pastikan kamu memasukkan data yang benar. Lalu klik Sambungkan.

Klik Ya, Sambungkan . Pastikan data nomor HP yang kamu masukkan selalu aktif.

Masukkan nomor OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor HP kamu.

Jika kamu telah salah memasukkan OTP lebih dari 3 (tiga) kali, maka kamu harus menunggu dan mencoba kembali setelah 1 (satu) jam untuk mengirimkan ulang OTP yang benar.

Selanjutnya, masukkan security code akun e-money yang kamu pilih untuk disambungkan.

Selamat, kamu berhasil menyambungkan akun e-money kamu!.

Bagaimana jika saya gagal menyambungkan nomor rekening atau e-money saya?
Subsstract IconExpand Icon

Pastikan kamu memasukkan nomor rekening atau nomor HP yang sudah kamu daftarkan di e-money kamu serta memasukkan OTP yang benar. Kamu bisa mendaftarkan nomor rekening BNI dan BCA, serta e-money OVO, LinkAja, GoPay, dan DANA.

Jika kamu belum mendaftarkan nomor HP kamu, daftarkan terlebih dahulu ke e-money sesuai dengan preferensi kamu dengan cara berikut:

  • GoPay: Hubungi email [email protected] atau melalui menu bantuan di aplikasi Gojek
  • OVO: Download aplikasi OVO di Play Store atau App Store dan ikuti instruksi untuk mendaftarkan nomor HP kamu
  • LinkAja: Download aplikasi LinkAja di Play Store atau App Store dan lakukan upgrade ke full service
  • DANA: Download aplikasi DANA di Play Store atau App Store dan ikuti instruksi untuk mendaftarkan nomor HP kamu

Atau daftarkan ke rekening dengan cara berikut:

  • BNI: Hubungi BNI Call 1500046 atau kunjungi cabang BNI terdekat
  • BCA: Hubungi Halo BCA 1500888 atau kunjungi cabang BCA terdekat

Rekening bank/e-money akan gagal tersambung jika NIK di rekening bank atau e-money tidak sama dengan yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja. Kamu wajib memakai NIK kamu sendiri yang terdaftar di akun Kartu Prakerja dan tidak boleh memakai NIK orang lain.

E-money kamu juga akan gagal tersambung jika kamu belum upgrade akun e-money kamu. Lakukan upgrade akun e-money kamu terlebih dahulu di aplikasi e-money yang ingin kamu sambungkan.

Jika kamu masih mengalami kendala pada saat menyambungkan rekening bank atau e-money, kamu dapat menghubungi customer service mitra bank dan e-money berikut:

Bagaimana cara saya upgrade akun e-money?
Subsstract IconExpand Icon
Apakah ada batas waktu penyambungan rekening?
Subsstract IconExpand Icon

Tentu saja ada! Pastikan kamu sudah menyambungkan rekening bank/e-money yang masih aktif ke akun Prakerja kamu paling lambat tanggal 3 Desember pada tahun anggaran berjalan.

Bagaimana jika saya belum upgrade akun e-money?
Subsstract IconExpand Icon

Jika kamu belum melakukan melakukan upgrade akun e-money kamu, akan muncul tampilan seperti ini:

Segera lakukan upgrade e-money agar kamu dapat menerima insentif, ya!

Bagaimana jika akun bank atau e-money saya tidak aktif atau terblokir?
Subsstract IconExpand Icon
Bagaimana jika data rekening saya sudah pernah didaftarkan?
Subsstract IconExpand Icon

Jika rekening bank yang kamu daftarkan sudah pernah didaftarkan sebelumnya, kamu bisa menggantinya dengan rekening bank yang lain.

Bagaimana jika nama saya tidak sesuai dengan rekening bank/e-money?
Subsstract IconExpand Icon

Nama kamu harus sesuai antara akun prakerja dan e-money/bank yang kamu daftarkan.

Jika kamu masih mengalami kendala, contact center ke masing-masing mitra pembayaran

Bagaimana cara saya melakukan pemutusan nomor rekening atau akun e-money untuk insentif?
Subsstract IconExpand Icon

Jika kamu telah menyambungkan rekening e-money, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

Pada tampilan dashboard rekening kamu, pilih Ubah.

Klik Ya, Putuskan Rekening untuk memutuskan rekening kamu.

Sistem akan memproses pemutusan rekening

Rekening berhasil diputuskan. Kamu harus segera menyambung ulang rekening sesuai langkah penyambungan rekening.

Jika sebelumnya kamu telah menyambungkan rekening bank, kamu bisa ikuti langkah berikut:

Pada tampilan dashboard rekening kamu, pilih Ubah.

Klik Ya, Putuskan Rekening untuk memutuskan rekening kamu.

Sistem akan memproses pemutusan rekening

Rekening berhasil diputuskan. Kamu harus menyambung ulang rekening sesuai langkah penyambungan rekening.

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan