Alumni Prakerja Jember dukung digitalisasi UMKM melalui Kumpul Jasa Jember

Jumat , 19 April 2024 14:22 WIB
Alumni Prakerja Jember dukung digitalisasi UMKM melalui Kumpul Jasa Jember

Program Kartu Prakerja terus berinovasi dalam upaya meningkatkan daya saing dan inklusi ekonomi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah penyelenggaraan program Kumpul Jasa Jember. Kumpul, #JadiBisa atau yang disingkat menjadi Kumpul Jasa, adalah sebuah program matchmaking yang mempertemukan alumni Prakerja dengan pelaku UMKM, selanjutnya alumni yang memiliki berbagai keahlian memberikan layanan atau jasa kepada UMKM sesuai dengan kebutuhan juga tantangan yang dihadapi oleh UMKM yang didampingi. Lewat program ini UMKM mendapatkan akses kepada talenta-talenta muda yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka.

Membuka puncak acara hari ini Chairul Saleh, Asisten Deputi Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja Kemenko Perekonomian mengatakan bahwa Prakerja adalah kisah sukses pemerintah Indonesia. Salah satunya karena Prakerja membangun ekosistem yang besar, berkolaborasi dengan lembaga pelatihan dan pihak lainnya untuk menjangkau lebih banyak masyarakat di seluruh Indonesia.

Kolaborasi adalah kata kunci yang juga disampaikan oleh Cahyo Prihadi Direktur Pemantauan dan Evaluasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, dia mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa sendiri. Ekosistem Prakerja sendiri terdiri dari 4 portal kerja, 2 bank, 4 dompet digital, 244 Lembaga Pelatihan dengan 1200 lebih pelatihan di tahun lalu.

Acara yang berlangsung pada tanggal 2-3 Februari 2024 ini merupakan penutup rangkaian pilot project yang telah berlangsung dari bulan Oktober 2023. Melibatkan 16 kelompok alumni Prakerja yang terdiri dari 3 orang kemudian dipasangkan dengan 33 UMKM yang memiliki produk unggulan di berbagai bidang, seperti kuliner, fashion, dan kriya. Adapun peserta dari Kumpul Jasa seluruhnya berdomisili di Jember.  Tujuan Kumpul Jasa Jember sendiri adalah agar manfaat Prakerja juga dirasakan oleh masyarakat umum yang lebih luas diantaranya UMKM. 

“Dengan adanya pilot project ini, kita menciptakan wadah baru untuk alumni Prakerja agar dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan Prakerja sehingga alumni mendapatkan tambahan portfolio”, ujar Dwina M. Putri, Direktur KKPE Program Kartu Prakerja. 

Selain Alumni dan UMKM, Lembaga Pelatihan juga memiliki peran yang penting dalam program ini. Berperan sebagai mentor dari Alumni dan bertugas untuk mendampingi Alumni Prakerja dalam memberikan layanan yang terbaik, delapan lembaga pelatihan termasuk Baking World, Course-net, Karier.mu, Link Productive, Karisma Academy, Lingkaran, Rumah Siap Kerja, dan Wahana Tama Indonesia berkolaborasi dalam program ini. 

Data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KemenKopUKM) mencatat bahwa pada tahun 2021, penyerapan tenaga kerja UMKM sebanyak 117 juta orang, atau 97% dari total tenaga kerja Indonesia. Sehingga dapat dikatakan bahwa kontribusi UMKM terhadap ekonomi sangat signifikan. Kabupaten Jember sendiri merupakan salah satu daerah dengan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tinggi, dimana pada tahun 2023 secara total terdapat lebih dari 640 ribu UMKM di seluruh wilayah Jember.

Acara puncak Kumpul Jasa Jember ini juga dihadiri oleh total 200 undangan yang terdiri dari Alumi Prakerja Jember, UMKM Jember yang terlibat, mentor dari Lembaga Pelatihan, M. Animna Husna (Direktur YEC.co.id), Dany Laksana (Coach & Fasilitator Tokopedia),  Drs. H Saiful Bahri MM (Ketua PCNU), Bapak Imam Sudarmaji (Kadis TPHP Kabupaten Jember), Muhammad Zamroni (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kab. Jember), Suprihandoko (Kadisnaker Kabupaten Jember), juga Bapak Bobby Arie Sandy (Kadis Kominfo Kabupaten Jember)⁠. Pada kesempatan ini dilakukan juga diskusi bersama para alumni dimana terdapat banyak cerita menarik misalnya  Abrori Food yang menjadi viral karena cerita alumni menerjang hujan dan melewati lokasi yang sulit ketika melakukan kunjungan. 

Acara kemudian ditutup dengan pengumuman kelompok terbaik dan pemberian hadiah apresiasi dari Prakerja dan Tokopedia. Terpilih menjadi Juara 1 adalah Muhammad Muslihul Hadi, Juara 2 Andy Jeffry Mauludi Dzaqiri, Dinda Khairunnisa, dan Zainul Abidin, sementara Juara 3 sekaligus juara favorit diberikan kepada Muhammad Ilyas, Sementara itu Juara Favorit lainnya jatuh pada Nurul Mustaqim, Muhammad Qufaron, Umi Miftahul Jannah. 

Semangat dan kolaborasi bersama seluruh pihak begitu terlihat dalam rangkaian Kumpul Jasa ini. Prakerja berharap manfaat yang dirasakan dapat dinikmati bersama, dimana UMKM yang terlibat mendapatkan ilmu untuk diterapkan dalam pemasaran produknya, serta alumni dan lembaga pelatihan mendapatkan portofolio dan pengalaman yang menarik untuk dimanfaatkan di kemudian hari. Kumpul Jasa diharapkan dapat menjadi model yang dapat direplikasi di daerah lain di Indonesia. Kolaborasi antara alumni Prakerja dan UMKM ini diharapkan dapat menjadi kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon telpWhatsappIcon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan