Kawasan Industri Semakin Akui Manfaat Prakerja

Jumat , 15 Desember 2023 19:05 WIB
Kawasan Industri Semakin Akui Manfaat Prakerja

Kabupaten Bekasi – Manfaat Program Kartu Prakerja untuk pengembangan kompetensi para pekerja semakin diakui. Hal ini terungkap dalam sosialisasi Manajemen Pelaksana Program Kartu ke berbagai kawasan industri. Setelah berkunjung ke Kawasan Industri Jababeka dan MM 2100, kali ini safari Prakerja berlanjut ke East Jakarta Industrial Park (EJIP), Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa, 12 Desember 2023.

Ketua Forum Komunikasi Human Resources Kawasan EJIP, Tetty Yanuarti, menyatakan Prakerja sangat bermanfaat dan berguna untuk pekerja agar mempunyai keterampilan tambahan. “Kami sangat mendukung program beasiswa pelatihan pemerintah ini agar para karyawan kawasan industri terus mengembangkan skill yang dimiliki,” katanya.

Tetty berharap di masa depan Prakerja dapat melakukan kolaborasi pelatihan luring untuk para pekerja di kawasan EJIP dan menjadi role model sinergi program pemerintah dengan  dunia industri. “Di kawasan industri EJIP ada 80 perusahaan dengan puluhan ribuan karyawan yang dapat menjadi segmen khusus Prakerja menawarkan pelatihan-pelatihan sesuai kebutuhan pasar kerja,” ungkapnya.

Kegiatan semacam ini merupaman langkah strategis yang dilakukan oleh Prakerja untuk menjangkau lebih banyak pekerja di kawasan industri. Peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat penting untuk mewujudkan Visi ‘Indonesia Emas 2045’, termasuk juga pengembangan kompetensi para buruh sektor manufaktur yang perlu terus dipoles dengan berbagai ilmu melalui pelatihan-pelatihan baru.

Pada kesempatan ini Manajer Pengembangan Ekosistem Sektor Publik Prakerja Ferdy Fabian mengungkapkan bahwa Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan (skilling, upskilling dan reskilling). “Anggapan keliru kalau dinyatakan bahwa Prakerja hanya untuk pengangguran. Selain untuk pencari kerja dan buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, Prakerja juga ditujukan bagi pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, serta pelaku usaha mikro dan kecil,” ungkapnya.

 Ferdy menjelaskan tiga potensi kerja sama Prakerja dengan kawasan industri. Pertama, korporasi yang memiliki pelatihan yang berkualitas bisa bergabung menjadi penyedia pelatihan di ekosistem Prakerja. Kedua, sosialisasi Prakerja ke perusahaan-perusahaan di kawasan industri. Dan ketiga, menginisiasi potensi kerjasama pelatihan lainnya antara Prakerja dan perusahaan.

 “Mari berkolaborasi untuk menghasilkan dampak lebih besar bagi kemajuan sumber daya manusia di negeri ini, tak terkecuali bagi semua pekerja di kawasan industri,” kata Ferdy.

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon telpWhatsappIcon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan