Pelatihan

Terakhir diperbaharui: 30 April 2024

Kategori Pertanyaan

Di mana saja saya dapat menggunakan saldo pelatihan untuk membeli/membayar pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Kamu dapat menggunakan saldo pelatihan Kartu Prakerja hanya di Platform Digital yang resmi bekerja sama, yaitu:


Kamu dapat membaca tutorial pembelian pelatihan menggunakan Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran pada mitra Platform Digital, di sini.

Apa saja syarat yang perlu diperhatikan untuk membeli pelatihan di Platform Digital?
Subsstract IconExpand Icon
  • 1 (satu) akun atau user ID di Platform Digital hanya dapat menggunakan 1 (satu) nomor Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran pembelian pelatihan pada Platform Digital dan/atau tidak dapat menggunakan lebih dari 1 (multiple) nomor Kartu Prakerja.
  • Pastikan kamu memasukkan OTP yang benar saat membeli pelatihan di Platform Digital.
  • Memenuhi persyaratan usia yaitu berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 64 (enam puluh empat) tahun.
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
Bagaimana Cara Membeli Pelatihan di Platform Digital?
Subsstract IconExpand Icon

Mencari dan Memilih Pelatihan

Kamu dapat mencari pelatihan dengan mengetikkan kata kunci atau melalui fitur filter pencarian di menu pelatihan dashboard Prakerja kamu.

image83a.png

image83b.png

image83c.png

Perlu diketahui bahwa pelatihan daring dapat dibeli paling lambat 1 (satu) hari kalender dari tanggal pelatihan dimulai. Sedangkan untuk pelatihan luring dapat dibeli paling lambat 3 (tiga) hari kalender dari tanggal pelatihan dimulai.

Membeli Pelatihan

Setelah menemukan pelatihan yang diinginkan, kamu dapat melihat detail pelatihan di dashboard dan klik "Beli Pelatihan".

image83d.png

image83e.png

Kamu akan diminta untuk memilih Platform Digital untuk membeli pelatihan kamu

image83f.png

Kamu akan diminta untuk memilih jadwal pertemuan yang kamu inginkan, kemudian klik "Beli&" untuk melakukan transaksi pembelian pelatihan.

image83g.png

Pilih Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran, lalu masukkan nomor Kartu Prakerja kamu. Klik "Bayar" untuk melanjutkan transaksi pembelian pelatihan.

image83h.png

Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone yang terdaftar pada akun kamu.

image83i.png

Kamu akan mendapatkan informasi pembelian berhasil. Kode redeem dan kode voucher dapat dicek pada detail pembelian di dashboard kamu untuk digunakan saat redeem pelatihan.

image83j.png

Mengapa saya mendapatkan pemberitahuan "Akun kamu terindikasi melakukan kecurangan" pada dashboard saya?
Subsstract IconExpand Icon

Jika kamu mendapatkan pemberitahuan tersebut di dashboard kamu, berarti akun kamu terdeteksi melakukan kecurangan karena proses verifikasi wajah tidak sesuai dengan ketentuan. Pastikan kamu melakukan verifikasi wajah dengan wajah kamu sendiri, tidak diwakili oleh orang lain, dan scan wajah melalui kamera handphone atau laptop kamu langsung.

Apa saja jenis pelatihan yang bisa saya beli/bayar dengan Kartu Prakerja?
Subsstract IconExpand Icon

Ada 3 jenis pelatihan yang tersedia, yaitu:

  • Pelatihan Webinar

    Kegiatan pelatihan synchronous yang dilakukan secara online dimana peserta pelatihan dan instruktur melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan dengan metode live webinar.

  • Pelatihan Pembelajaran Mandiri

    Kegiatan pelatihan asynchronous dimana seluruh materi disampaikan secara online melalui platform LMS ( Learning Management System ) dan peserta tidak harus berinteraksi real-time dengan tenaga pelatih atau peserta lainnya dalam waktu yang sama.

  • Pelatihan Tatap Muka

    Pelatihan yang disampaikan secara synchronous dan bertemu secara tatap muka dimana peserta pelatihan dan instruktur hadir di dalam satu ruangan dan waktu yang sama.

Apa saja kategori pelatihan yang bisa saya beli/bayar dengan Kartu Prakerja?
Subsstract IconExpand Icon

Ada banyak kategori pelatihan yang bisa kamu beli dengan Kartu Prakerja, mulai dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha. Pelatihan yang bisa kamu pilih, antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial dan lain-lain. Kamu bisa cek kategori pelatihan lainnya yang tersedia di situs Platform Digital.

Apakah ada batas waktu pembelian pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Ya, kamu hanya dapat membeli pelatihan pertamamu dalam waktu 15 (lima belas) hari kalender setelah kamu mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai Penerima Kartu Prakerja dari Manajemen Pelaksana. Jika melebihi batas waktu tersebut dan kamu belum membeli pelatihan, Kartu Prakerja kamu akan dinonaktifkan/dicabut kepesertaannya dan kamu tidak dapat mengikuti kembali Program Kartu Prakerja. Saldo bantuan pelatihanmu juga akan hangus dan akan dikembalikan ke Rekening Negara.

Jika kamu ingin membeli pelatihan online, pastikan pembelian dilakukan minimal 1 (satu) hari kalender sebelum tanggal pelatihan dimulai. Sedangkan untuk Pelatihan Tatap Muka, batas waktu pembelian pelatihan adalah minimal 3 (tiga) hari kalender sebelum tanggal pelatihan dimulai.

Apakah saya dapat membeli lebih dari satu pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Bisa, namun kamu hanya boleh membeli pelatihan yang kedua setelah kamu menyelesaikan pelatihan pertama kamu dan mengisi rating ulasan. Pastikan kamu masih mempunyai sisa saldo yang cukup dan membeli pelatihan kedua dalam kurun waktu 15 (lima belas) hari kalender setelah penyelesaian pelatihan pertama dan mengisi rating ulasan.

Bagaimana jika saldo pelatihan saya tidak cukup untuk membeli pelatihan yang saya mau?
Subsstract IconExpand Icon

Saat ini, kamu hanya dapat membeli pelatihan dengan besaran sama atau kurang dari jumlah pagu kamu. Jadi, pastikan saldo kamu cukup ya untuk membeli pelatihan yang kamu mau!

Bagaimana jika saya gagal menggunakan saldo pelatihan di Platform Digital?
Subsstract IconExpand Icon

Kamu dapat menghubungi customer service Platform Digital atau kamu dapat menghubungi kami di Formulir Pengaduan. Tetapi sebelumnya pastikan kamu telah memasukkan nomor Kartu Prakerja dan OTP yang benar pada saat membeli pelatihan di Platform Digital. Selain itu, pastikan juga kamu telah memenuhi kriteria untuk mengikuti pelatihan, seperti batas minimal usia dan batas minimal pendidikan.

Bagaimana jika pembelian pelatihan saya bermasalah?
Subsstract IconExpand Icon

Saat membeli pelatihan, pastikan saldo pelatihan kamu cukup. Gunakan koneksi internet yang stabil dan pastikan memasukkan nomor Kartu Prakerja dan OTP yang benar.

Selain itu, kamu juga harus memenuhi kriteria untuk mengikuti pelatihan, seperti batas minimal usia dan batas minimal pendidikan. Jika masih mengalami kendala, hubungi customer service Mitra Platform Digital sesuai dengan pelatihan yang ingin kamu beli.

Mengapa saya tidak bisa melakukan pembelian pelatihan dan mendapatkan pemberitahuan "Akun kamu terindikasi melakukan kecurangan"?
Subsstract IconExpand Icon

Jika kamu mendapatkan pemberitahuan tersebut, berarti akun kamu terdeteksi melakukan kecurangan karena proses verifikasi wajah tidak sesuai dengan ketentuan. Akibatnya, kamu sudah tidak dapat membeli pelatihan kembali.

Apakah pelatihan yang sudah dibeli bisa diganti?
Subsstract IconExpand Icon
Apakah pelatihan yang sudah dibeli bisa dibatalkan?
Subsstract IconExpand Icon

Pelatihan yang sudah kamu beli bisa dibatalkan selama memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat dan ketentuan pembatalan pelatihan adalah sebagai berikut:

  • Pelatihan belum diikuti.
  • Pembatalan pelatihan dilakukan paling lambat 3 Hari Kalender setelah transaksi pembelian dilakukan.
  • Pembatalan pelatihan dilakukan paling lambat 3 Hari Kalender sebelum pelatihan dimulai.
  • Pelatihan yang sebelumnya sudah dibatalkan, tidak dapat dibeli lagi.

Contoh skenario batas maksimal melakukan pembatalan pelatihan:

  • Skenario 1

    Peserta membeli pelatihan pada tanggal 19 Juli 2023, pelatihan dimulai pada tanggal 22 Juli 2023. Peserta hanya bisa membatalkan pelatihan 3 Hari Kalender sebelum tanggal 22 Juli 2023 sehingga peserta harus membatalkan pelatihan yang sudah dibeli pada tanggal 19 Juli 2023.

  • Skenario 2

    Peserta membeli pelatihan pada tanggal 19 Juli 2023, pelatihan dimulai pada tanggal 23 Juli 2023. Peserta dapat melakukan pembatalan pelatihan pada tanggal 19 sampai 20 Juli 2023.

  • Skenario 3

    Peserta membeli pelatihan pada tanggal 19 Juli 2023, pelatihan dimulai pada tanggal 31 Juli 2023. Peserta dapat melakukan pembatalan pelatihan pada tanggal 19 sampai 22 Juli 2023.

  • Skenario 4

    Peserta membeli pelatihan pada tanggal 19 Juli 2023, pelatihan dimulai pada tanggal 20 Juli 2023. Peserta sudah tidak bisa membatalkan pelatihan karena pembatalan pelatihan bisa dilakukan paling lambat 3 Hari Kalender sebelum pelatihan dilakukan.

Bagaimana jika saya ingin melakukan pembatalan untuk pelatihan yang sudah saya beli?
Subsstract IconExpand Icon

Untuk melakukan pembatalan pelatihan, kamu dapat mengikuti langkah berikut:

Klik tombol Cek Detail Transaksi atau Lihat Detail pada dashboard akun Prakerja

Klik Batalkan Pelatihan untuk membatalkan transaksi pelatihan yang sudah dibeli.

Lalu kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi pembatalan pelatihan. Klik Batalkan Pelatihan.

Pilih alasan mengapa kamu ingin melakukan pembatalan pelatihan.

Pelatihan berhasil dibatalkan

Setelah pembatalan transaksi pelatihan berhasil, kamu dapat melihat riwayat pembatalan pelatihan kamu pada Riwayat Transaksi.

Kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan mengenai pembatalan pelatihan melalui email.

Saldo pelatihan akan langsung dikembalikan ke akun prakerja kamu dan silahkan untuk segera melakukan pembelian pelatihan kembali Bagaimana Cara Membeli Pelatihan di Platform Digital?.

Bagaimana jika saya tidak tahu pelatihan mana yang saya harus beli?
Subsstract IconExpand Icon

Kamu bisa mengunjungi situs Digital Platform untuk mencari pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa melihat rekomendasi pelatihan di dashboard kamu, lho!

Kamu juga bisa langsung memilih rekomendasi pelatihan yang tersedia di beberapa mitra Platform Digital.

Apakah saya bisa mencari pelatihan yang ingin saya ikuti?
Subsstract IconExpand Icon

Tentu saja bisa! Sekarang kamu bisa mencari pelatihan yang kamu inginkan di dashboard pelatihan kamu, lho!

Ketik nama atau judul pelatihan yang kamu minati

Lalu, akan muncul pelatihan sesuai dengan kata kunci yang kamu ketik

Kamu juga bisa menggunakan filter agar hasil pencarian pelatihan kamu lebih akurat. Kamu bisa menggunakan filter berdasarkan harga pelatihan, rating, durasi pelatihan, tingkat materi dan cara mengajar

Selanjutnya akan muncul hasil pencarian pelatihan sesuai filter yang telah kamu aplikasikan

Apakah saya bisa minta refund saldo pelatihan yang tidak bisa saya akses?
Subsstract IconExpand Icon

Pengembalian atau refund saldo pelatihan yang tidak bisa diakses tergantung pada kebijakan masing-masing Platform Digital tempat kamu membeli pelatihan. Silakan hubungi customer service Platform Digital untuk informasi lebih lanjut.

Selain kode redeem, mengapa saya juga harus memasukkan kode voucher untuk mengakses pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Kode voucher digunakan untuk memverifikasi pelatihan yang akan kamu ikuti. Jika kamu membeli pelatihan dari Digital Platform yang memberikan kode voucher, maka kamu harus memasukkan kode tersebut bersama dengan kode redeem untuk dapat mengakses pelatihan kamu.

Bagaimana jika saya tidak dapat melanjutkan pelatihan karena ada kendala di video/webinar saya?
Subsstract IconExpand Icon

Pastikan menggunakan koneksi jaringan yang stabil pada saat mengikuti pelatihan dan kamu dapat mencoba menggunakan perangkat lain terlebih dahulu. Jika masih terdapat kendala, hubungi Lembaga Pelatihan terkait.

Bagaimana cara melakukan redeem untuk pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Peserta yang berhasil redeem pelatihan adalah peserta yang memasukkan redeem code pelatihan yang sesuai & verifikasi wajah telah berhasil, pada saat sebelum memulai pelatihan.

Pelatihan Webinar dan Pelatihan Pembelajaran Mandiri
Gunakan kode redeem yang ada pada detail pelatihan di dashboard Prakerja kamu atau yang dikirim ke email kamu.

  • Kamu bisa melihat kode redeem pada dashboard kamu. Klik pelatihan yang sudah kamu beli di Pelatihan Saya.

    Kamu bisa melihat kode redeem dengan tampilan di bawah ini.

    Atau buka kotak masuk email yang kamu daftarkan ke akun Prakerja. Cari email dengan kata kunci “Pembelian Pelatihan” seperti di bawah ini. Kamu akan menemukan kode redeem yang bisa kamu gunakan untuk redeem pelatihan.

  • Masukkan kode redeem di LMS ( Learning Management System/Website ) Lembaga Pelatihan.
  • Setelah kode redeem diinputkan di LMS (Learning Management System)/Website Lembaga Pelatihan, kamu akan diarahkan ke halaman login di Website Prakerja untuk melakukan verifikasi wajah
  • Kamu akan diminta untuk login ke akun prakerja. Masukan email dan password akun Prakerja kamu. Masukkan kode OTP yang telah dikirim melalui email . Klik Ya, Berikan Akses untuk melanjutkan ke proses verifikasi wajah. Pastikan kamu ter- login dengan akun Prakerja atas nama kamu sendiri.
  • Setelah berhasil login dan memberikan akses, kamu dapat melakukan verifikasi wajah. Klik Scan Wajah untuk membuka kamera, dan lakukan verifikasi wajah sesuai instruksi.
    • Scan wajah sesuai instruksi. Untuk Pelatihan Pembelajaran Mandiri, maksimal 3x pengulangan scan wajah dalam 1 hari dan untuk Webinar, maksimal 5x pengulangan scan wajah dalam 1 hari.
  • Jika scan wajah berhasil maka akan menampilkan halaman Redeem Berhasil, dan kamu sudah dapat memulai pelatihan di situs lembaga pelatihan.

Pelatihan Tatap Muka

  • Apabila kamu membeli pelatihan yang diselenggarakan secara Tatap Muka, kamu bisa redeem pelatihan dengan mendatangi lokasi pelatihan dan tunjukkan kode QR dengan klik tombol Lihat QR .
  • Tunjukkan kode QR ke lembaga pelatihan untuk verifikasi pelatihan yang akan kamu ikuti.
  • Sistem sedang memverifikasi kode QR kamu.
  • Kode QR kamu berhasil terverifikasi. Kamu bisa mengikuti Pelatihan Tatap Muka dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  • Kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan scan wajah menggunakan device milik Lembaga Pelatihan.

Selain pada saat memulai pelatihan, kamu juga akan diminta melakukan verifikasi wajah pada saat:

Pelatihan Webinar

  • Setiap sebelum pertemuan dimulai dan sebelum post test.

Pelatihan Pembelajaran Mandiri

  • Setiap sebelum sesi pelatihan dan sebelum post test.

Pelatihan Tatap Muka

  • Setiap sebelum pertemuan dimulai.
Kapan saya harus melakukan verifikasi wajah pada saat pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Verifikasi wajah harus dilakukan pada setiap pertemuan atau sesi pelatihan, dengan detil sebagai berikut:

Pelatihan Webinar

  • Redeem pelatihan atau sebelum mulai pelatihan;
  • Setiap sebelum pertemuan dimulai dan sebelum post test.

Pelatihan Pembelajaran Mandiri

  • Redeem pelatihan atau sebelum mulai pelatihan;
  • Setiap sebelum sesi pelatihan dan sebelum post test.

Pelatihan Tatap Muka

  • Setiap sebelum pertemuan dimulai.
Bagaimana jika redeem pelatihan saya bermasalah?
Subsstract IconExpand Icon

Jika kamu mengalami kendala saat redeem pelatihan, pastikan lagi bahwa:

Pelatihan Webinar

  • Kode redeem adalah kode yang sesuai dengan pelatihan yang kamu beli
  • Kode redeem yang benar sesuai tertera pada dashboard Prakerja kamu
  • Kode redeem belum pernah digunakan dan/atau belum pernah dibatalkan
  • Lakukan verifikasi wajah. Ingat, wajah yang diverifikasi harus sesuai dengan yang ada pada sistem Prakerja
  • Lakukan redeem sesuai batas waktu yaitu 1 jam sebelum webinar dimulai sampai dengan 1 jam setelah webinar dimulai

    Skenario

    Pertemuan webinar kamu dijadwalkan pada tanggal 1 Maret 2024 pada pukul 09:00. Kamu harus melakukan redeem dengan cara verifikasi wajah yang harus dilakukan pada tanggal 1 Maret 2024 mulai pukul 08:00 hingga pukul 10:00.

Pelatihan Pembelajaran Mandiri

  • Kode redeem adalah kode yang sesuai dengan pelatihan yang kamu beli
  • Kode redeem yang benar sesuai tertera pada dashboard Prakerja kamu
  • Kode redeem belum pernah digunakan dan/atau belum pernah dibatalkan
  • Lakukan verifikasi wajah. Ingat, wajah yang diverifikasi harus sesuai dengan yang ada pada sistem Prakerja
  • Lakukan redeem sebelum kamu memulai pelatihan dan pastikan kamu melakukan redeem paling lambat 15 (lima belas) hari dari tanggal pembelian pelatihan

    Skenario

    Kamu membeli pelatihan pembelajaran mandiri pada tanggal 1 Maret 2024. Kamu harus memulai sesi pertama sekaligus redeem pelatihan kamu paling lambat pada tanggal 15 Maret 2024.

Pelatihan Tatap Muka

  • QR Code sesuai dengan pelatihan yang akan kamu ikuti
  • QR Code adalah milik lembaga pelatihan yang kamu pilih
  • Pelatihan belum pernah digunakan dan/atau belum pernah dibatalkan
  • Lakukan redeem sesuai batas waktu yaitu 1 jam sebelum pertemuan dimulai sampai dengan 2 jam setelah pertemuan dimulai

    Skenario

    Pelatihan tatap muka kamu dijadwalkan pada tanggal 1 Maret 2024 pada pukul 09:00. Kamu harus melakukan redeem dengan cara verifikasi wajah yang harus dilakukan pada tanggal 1 Maret 2024 mulai pukul 08:00 hingga pukul 11:00.

Pastikan kamu sudah mengisi kode redeem atau menunjukkan QR Code sesuai yang tertera di email dan detail pelatihan di dashboard kamu. Jika masih ada kendala, silakan isi Formulir Pengaduan.

Mengapa saya tidak bisa melakukan verifikasi wajah dan mendapatkan pemberitahuan "Akun terindikasi melakukan kecurangan"?
Subsstract IconExpand Icon

Jika kamu mendapatkan pemberitahuan tersebut, berarti akun kamu terdeteksi melakukan kecurangan karena proses verifikasi wajah tidak sesuai dengan ketentuan. Pastikan kamu melakukan verifikasi wajah dengan wajah kamu sendiri, tidak diwakili oleh orang lain, dan scan wajah melalui kamera handphone atau laptop kamu langsung.

Lho, kok saya tidak bisa akses pelatihan yang sudah saya beli?
Subsstract IconExpand Icon

Ada beberapa penyebab kamu tidak bisa akses pelatihan yang sudah dibeli, seperti:

  • Gagal melakukan redeem pelatihan dan/atau verifikasi wajah pada saat redeem.
  • Belum berhasil melakukan verifikasi wajah. Kamu perlu melakukan verifikasi wajah saat redeem pelatihan dan setiap masing-masing pertemuan/sesi pelatihan.
  • Mungkin saja kamu diharuskan untuk memasukkan kode voucher dari Platform Digital tempat kamu membeli pelatihan. Kamu bisa mengecek email yang terdaftar saat membeli pelatihan tersebut. Kamu juga dapat melakukan konfirmasi langsung ke Platform Digital.
  • Lupa akun atau password di Platform Digital dan Lembaga Pelatihan. Kamu bisa reset password di situs Platform Digital dan Lembaga Pelatihan yang kamu gunakan.
  • Belum menyelesaikan pelatihan sebelumnya. Kamu harus menyelesaikan pelatihan sebelumnya terlebih dahulu agar kamu bisa melakukan akses ke pelatihan berikutnya.
Mengapa saya tidak bisa melanjutkan pelatihan dan mendapatkan pemberitahuan "Akun kamu terindikasi melakukan kecurangan" pada menu pelatihan saya?
Subsstract IconExpand Icon

Jika kamu mendapatkan pemberitahuan tersebut di menu pelatihan kamu, berarti akun kamu terdeteksi melakukan kecurangan karena proses verifikasi wajah tidak sesuai dengan ketentuan. Akibatnya, kamu sudah tidak dapat melanjutkan pelatihan kamu.

Bagaimana cara melakukan verifikasi wajah pada pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Untuk Pelatihan Pembelajaran Mandiri, kamu harus melakukan verifikasi wajah setiap sebelum masuk ke sesi pelatihan. Untuk Webinar, kamu harus melakukan verifikasi wajah setiap sebelum hari pertemuan

  • Sebelum kamu mulai sesi (Pelatihan Pembelajaran Mandiri) atau pertemuan (Webinar), kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah.
  • Kamu akan diminta untuk login ke akun prakerja. Masukan email dan password akun Prakerja kamu. Masukkan kode OTP yang telah dikirim melalui email. Klik Ya, Berikan Akses untuk melanjutkan ke proses verifikasi wajah. Pastikan kamu ter-login dengan akun Prakerja atas nama kamu sendiri.
  • Setelah berhasil login dan memberikan akses, kamu dapat melakukan verifikasi wajah. Klik Scan Wajah untuk membuka kamera, dan lakukan verifikasi wajah sesuai instruksi.
    • Klik Scan Wajah untuk membuka kamera.
    • Scan wajah sesuai instruksi. Untuk Pembelajaran Mandiri, maksimal 3x pengulangan scan wajah dalam 1 hari dan untuk Webinar, maksimal 5x pengulangan scan wajah dalam 1 hari.
  • Bila scan wajah berhasil maka akan menampilkan halaman verifikasi wajah berhasil, lalu akan diteruskan kembali ke website lembaga pelatihan

Pelatihan Tatap Muka

Setelah kamu melakukan redeem dengan menunjukkan kode QR, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah dengan scan wajah menggunakan device milik Lembaga Pelatihan.

Bagaimana agar verifikasi wajah saya sebelum memulai pelatihan berhasil?
Subsstract IconExpand Icon

Pastikan kamu mengikuti panduan ini:

  • Pastikan kamu melakukan verifikasi wajah dengan wajah kamu sendiri, tidak diwakili oleh orang lain, dan scan wajah melalui kamera handphone atau laptop kamu langsung, sebelum mulai pelatihan di setiap tanggal jadwal pertemuan atau sesi pelatihan.
  • Seluruh wajah kamu harus masuk ke dalam frame yang tersedia dan terlihat jelas pada frame.
  • Pastikan wajah terlihat dengan pencahayaan yang cukup, tidak buram dan tidak gelap.
  • Pastikan verifikasi wajah dengan posisi lurus atau tidak miring.
  • Pastikan area wajah terlihat jelas tanpa menggunakan aksesoris (kacamata, masker dan sebagainya).
  • Kedipkan mata untuk verifikasi wajah.
  • Verifikasi wajah yang diambil tidak perlu disertai KTP.
  • Pastikan saat melakukan verifikasi wajah tidak ada orang lain di belakangmu.
Mengapa saya tidak bisa melakukan proses verifikasi wajah?
Subsstract IconExpand Icon

  • Pastikan kamu melakukan verifikasi wajah dengan wajah kamu sendiri, tidak diwakili oleh orang lain, dan scan wajah melalui kamera handphone atau laptop kamu langsung, sebelum mulai pelatihan di setiap tanggal jadwal pertemuan atau sesi pelatihan.
  • Lakukan proses verifikasi dengan jujur dan ikuti seluruh aturan verifikasi wajah dan ikuti panduan dan langkah-langkah verifikasi wajah dengan benar.

Kok saya tidak bisa mengerjakan post test untuk pelatihan online (Webinar dan Pembelajaran Mandiri)?
Subsstract IconExpand Icon

Jika kamu tidak bisa mengakses post test pada LMS/Website Lembaga Pelatihan, pastikan kamu telah berhasil melakukan verifikasi wajah untuk post test dan sudah mengumpulkan semua TPM (Tugas Praktik Mandiri) kepada Lembaga Pelatihan.

Selain itu, pastikan juga hal-hal berikut:

Pelatihan Webinar: Kamu harus melakukan verifikasi wajah di semua pertemuan dan mengerjakan post test paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah jadwal pertemuan terakhir.

Skenario

Kamu telah menyelesaikan pertemuan terakhir webinar kamu pada tanggal 1 April 2024. Kamu harus mengerjakan post test dan melakukan verifikasi wajah untuk post test paling lambat pada tanggal 30 April 2024.

Pelatihan Pembelajaran Mandiri: Kamu harus melakukan verifikasi wajah di semua sesi pelatihan dan mengerjakan post test paling lambat 60 (enam puluh) hari setelah tanggal redeem atau verifikasi wajah sesi pertama.

Skenario

Kamu melakukan redeem pelatihan pada tanggal 1 April 2024. Kamu harus mengerjakan post test dan melakukan verifikasi wajah untuk post test paling lambat pada tanggal 30 Mei 2024.

Mengapa saya tidak bisa mengumpulkan Unjuk Keterampilan pada LMS/Website Lembaga Pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Agar berhasil mengumpulkan Unjuk Keterampilan pada LMS/Website Lembaga Pelatihan, pastikan kamu sudah mengumpulkan seluruh TPM (Tugas Praktik Mandiri), berhasil melakukan post test dan Lembaga Pelatihan sudah memberikan feedback untuk TPM (Tugas Praktik Mandiri) kamu.

Jika belum menerima feedback untuk keseluruhan TPM (Tugas Praktik Mandiri), mohon menghubungi Lembaga Pelatihan terkait.

Apakah akan ada tes untuk pelatihan yang saya ikuti?
Subsstract IconExpand Icon

Kamu wajib mengikuti tes sesuai dengan jenis pelatihan yang kamu ikuti.

Pelatihan Tatap Muka

  • Pre-Test
  • Kuis
  • Post-Test
  • Unjuk Keterampilan

Pelatihan Webinar

  • Pre-Test
  • Kuis
  • Tugas Praktik Mandiri
  • Post-Test
  • Unjuk Keterampilan

Pelatihan Pembelajaran Mandiri

  • Pre-Test
  • Kuis
  • Pop-Up Kuis
  • Tugas Praktik Mandiri
  • Post-Test
  • Unjuk Keterampilan

  • Pre-Test : Dilakukan untuk mengukur tingkat pengetahuan terhadap program pelatihan yang dipilih oleh peserta sebelum sesi pelatihan dimulai.
  • Kuis: Dilakukan untuk mengukur pemahaman peserta secara berkala di akhir setiap sesi pelatihan.
  • Kuis Pop-Up : Bertujuan untuk mengukur pemahaman peserta dan meningkatkan engagement terhadap materi pelatihan di akhir setiap konten/video pelatihan.
  • Tugas Praktik Mandiri: Diberikan setiap akhir sesi pelatihan dan bertujuan untuk memberikan kesempatan berlatih keterampilan bagi peserta atas materi yang telah dilatih ataupun mempersiapkan materi pelatihan selanjutnya.
  • Post-Test : Dilakukan untuk mengukur peningkatan pengetahuan peserta setelah mengikuti pelatihan.
  • Unjuk Keterampilan: Merupakan evaluasi akhir dari seluruh rangkaian pelatihan.
Saya sudah menyelesaikan pelatihan, kok sertifikat belum muncul di dashboard Prakerja?
Subsstract IconExpand Icon

Pastikan kamu:

  • Berhasil redeem pelatihan
  • Berhasil verifikasi wajah untuk setiap sesi (Pelatihan Pembelajaran Mandiri)/hari (Pelatihan Webinar)/pertemuan (Pelatihan Tatap Muka), dan/atau mengikuti semua rangkaian pelatihan
  • Mengumpulkan TPM (Tugas Praktik Mandiri)
  • Mendapatkan feedback TPM (Tugas Praktik Mandiri) dari Lembaga Pelatihan
  • Melakukan post test
  • Mengumpulkan UK (Unjuk Keterampilan)
  • Mendapatkan feedback UK (Unjuk Keterampilan) dari Lembaga Pelatihan

Sertifikat pelatihan akan muncul di dashboard kamu paling cepat 7 hari setelah kamu menyelesaikan unjuk keterampilan. Jika sertifikat belum muncul di dashboard dalam waktu tersebut, kamu dapat menghubungi contact center Platform Digital atau menghubungi kami kembali.

Mengapa nama di sertifikat tidak sesuai dengan nama saya?
Subsstract IconExpand Icon

Sertifikat pelatihan diterbitkan langsung oleh Lembaga Pelatihan. Jika ada kekeliruan dalam penulisan nama di sertifikat pelatihan, kamu bisa menghubungi Lembaga Pelatihan untuk konfirmasi lebih lanjut. Selain itu, pastikan kamu menggunakan nama asli kamu di profil akun Platform Digital dan Lembaga Pelatihan agar nama di sertifikat sama dengan nama aslimu.

Bagaimana jika link sertifikat di dashboard saya tidak bisa dibuka?
Subsstract IconExpand Icon

Pastikan dahulu ya jaringan internet kamu dalam kondisi baik dan stabil, lalu kamu bisa coba kembali untuk membuka link sertifikat. Bila kamu masih menemui kendala, kamu bisa mengisi Formulir Pengaduan dengan melampirkan screenshot dashboard pada bagian sertifikat.

Apa yang harus saya lakukan setelah menyelesaikan pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat, kamu harus segera mengisi rating dan ulasan pelatihan di dashboard kamu. Pastikan kamu memberikan rating dan ulasan dengan jujur sesuai pengalaman pelatihan kamu.

Bagaimana cara mengisi rating dan ulasan di dashboard saya?
Subsstract IconExpand Icon

Untuk mengisi rating dan ulasan, pastikan kamu sudah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dan mengumpulkan unjuk keterampilan kepada Lembaga Pelatihan yang kamu ikuti.

  • Cek Pelatihan Saya di dashboard kamu dan pastikan tombol Beri Ulasan sudah aktif dan berwarna biru. Klik tombol tersebut.

  • Akan muncul pop up untuk mulai mengisi ulasan. Klik Mulai Beri Ulasan

  • Pilih bintang untuk mengisi rating sesuai dengan tingkat kepuasanmu saat mengikuti pelatihan. Bintang 1 (satu) artinya kamu sangat tidak puas dan bintang 5 (lima) artinya kamu sangat puas. Jika sudah memberi rating, klik Lanjut

  • Tulis ulasan dengan jujur untuk meningkatkan kualitas pelatihan yang kamu ambil. Jika sudah, klik Lanjut

  • Cek kembali rating dan ulasan yang sudah kamu isi. Pastikan ya sudah sesuai dengan pengalaman kamu selama mengikuti pelatihan! Jika sudah sesuai, klik Kirim

  • Rating dan ulasan kamu berhasil terkirim! Sekarang kamu bisa membeli pelatihan lainnya

Apakah rating dan ulasan yang saya berikan akan membantu penerima Prakerja lainnya dalam memilih pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Tentu saja! Selain meningkatkan kualitas pelatihan yang kamu ambil, kamu juga bisa membantu penerima Prakerja lainnya untuk menentukan pelatihan yang akan diambil sesuai minatnya. Kamu bisa melihat rating dan ulasan yang diberikan oleh penerima Prakerja lainnya di laman pelatihan seperti di bawah ini

Jika nilai tes akhir pelatihan saya tidak memuaskan, apakah saya tetap bisa menerima insentif?
Subsstract IconExpand Icon

Kamu tetap akan menerima insentif selama kamu sudah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan sertifikat penyelesaian pelatihan serta mengisi rating dan ulasan di dashboard Prakerja kamu. Nilai tes akhir pelatihan kamu hanya digunakan untuk menilai pemahaman kamu terhadap pelatihan yang telah diikuti.

Apakah saya bisa melihat rekomendasi pekerjaan di dashboard saya?
Subsstract IconExpand Icon

Tentu saja! Kamu bisa melihat rekomendasi pekerjaan di dashboard kamu dengan memasukkan keahlian yang kamu miliki atau berdasarkan pelatihan yang sudah pernah kamu ikuti di Kartu Prakerja.

Kamu juga dapat melihat detail rekomendasi pekerjaan, seperti deskripsi, persyaratan dan alamat kantor dengan cara klik pekerjaan yang menarik minatmu.

Apakah saya bisa mencari pekerjaan yang saya inginkan di dashboard Prakerja?
Subsstract IconExpand Icon

Sekarang kamu bisa mencari pekerjaan sesuai minat dan keahlian kamu di dashboard Prakerja, lho! Cek laman Info Pekerjaan untuk mencari pekerjaan

Ketik kata kunci untuk pencarian yang kamu mau

Akan muncul rekomendasi pekerjaan sesuai kata kunci yang kamu masukkan

Kamu juga bisa menyaring hasil pencarian dengan menggunakan filter lokasi pekerjaan, pendidikan, industri, gaji dan jenis pekerjaan seperti di bawah ini

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon telpWhatsappIcon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan