Terakhir diperbaharui: undefined

Kategori Pertanyaan

Pertanyaan populer

Di mana saja saya dapat menggunakan saldo pelatihan untuk membeli/membayar pelatihan?

Kamu dapat menggunakan saldo pelatihan Kartu Prakerja hanya di Platform Digital yang resmi bekerja sama, yaitu:

Kamu dapat membaca tutorial pembelian pelatihan menggunakan Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran pada mitra Platform Digital, di sini.

Apakah ada batas waktu pembelian pelatihan?

Ya, kamu hanya dapat membeli pelatihan pertamamu dalam waktu 30 (tiga puluh) hari setelah kamu mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai Penerima Kartu Prakerja dari Manajemen Pelaksana. Jika sudah melebihi 30 (tiga puluh) hari, Kartu Prakerja kamu akan dinonaktifkan dan kamu tidak dapat mengikuti kembali Program Kartu Prakerja. Jika sudah melebihi 30 (tiga puluh) hari dan kamu belum membeli pelatihan, Kartu Prakerja kamu akan dinonaktifkan/dicabut kepesertaannya. Saldo bantuan pelatihanmu juga akan hangus dan akan dikembalikan ke Rekening Dana Kartu Prakerja.

Pelatihan apa saja yang bisa saya beli/bayar dengan Kartu Prakerja?

Kamu bisa memilih beragam jenis pelatihan, mulai dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha. Pelatihan yang bisa kamu pilih, antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial dan lain-lain. Cek jenis-jenis pelatihan yang tersedia di situs Platform Digital.

Apakah saya dapat membeli lebih dari satu pelatihan?

Bisa, namun kamu hanya boleh membeli pelatihan yang kedua setelah kamu menyelesaikan pelatihan pertama kamu. Pastikan kamu masih mempunyai sisa saldo yang cukup.

Bagaimana jika saldo pelatihan saya tidak cukup untuk membeli pelatihan yang saya mau?

Saat ini, kamu hanya dapat membeli pelatihan dengan besaran sama atau kurang dari jumlah pagu kamu. Jadi, pastikan saldo kamu cukup ya untuk membeli pelatihan yang kamu mau!

Bagaimana jika saya gagal menggunakan saldo pelatihan di Platform Digital?

Pastikan kamu telah memasukkan nomor Kartu Prakerja dan OTP yang benar pada saat membeli pelatihan di Platform Digital. Kamu dapat menghubungi customer service Platform Digital atau kamu dapat menghubungi kami di Formulir Pengaduan.

Bagaimana jika pembelian pelatihan saya bermasalah?

Saat membeli pelatihan, pastikan bahwa saldo pelatihan kamu masih tersedia, koneksi internet stabil dan kamu telah memasukkan nomor Kartu Prakerja dan OTP yang benar. Jika masih bermasalah, kamu bisa menghubungi customer service Mitra Platform Digital di bawah ini:

  • Bukalapak: 021-508 13333

  • Mau Belajar Apa: +62 811 8807 172 (WhatsApp)

  • Pijar Mahir: +62 821 1111 3630 (WhatsApp)

  • Pintaria: www.pintaria.com

  • Sekolahmu: +62 813 1579 2171 (WhatsApp)

  • Sisnaker: 021-508 16000

  • Tokopedia: www.tokopedia.com/help

Apakah pelatihan yang sudah saya beli namun belum diikuti bisa diganti?

Kamu tidak bisa mengganti pelatihan yang sudah dibeli meskipun belum kamu ikuti. Kamu harus mengikuti pelatihan tersebut sampai selesai.

Bagaimana jika saya tidak tahu pelatihan mana yang saya harus beli?

Kamu bisa mengunjungi situs Digital Platform untuk mencari pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa melihat rekomendasi pelatihan di dashboard kamu, lho!

Apakah ada tes yang harus saya ikuti sebelum memulai pelatihan?

Jika kamu adalah Penerima Kartu Prakerja gelombang 18 dan seterusnya, kamu wajib mengikuti pre-test atau tes awal terlebih dahulu di lembaga pelatihan sebelum memulai pelatihan. Tes awal ini terdiri dari beberapa pertanyaan mengenai materi pelatihan yang kamu pilih. Tenang saja, tes awal ini hanya bertujuan untuk melihat pengetahuan awal kamu, kok!

Bagaimana jika saya tidak dapat melanjutkan pelatihan karena ada kendala di video/webinar saya?

Kamu harus memastikan koneksi jaringan stabil saat mengambil pelatihan dan coba menggunakan perangkat lain terlebih dahulu. Jika kamu masih mengalami kendala, kamu bisa menghubungi Lembaga Pelatihan terkait.

Lho, kok saya tidak bisa akses pelatihan yang sudah saya beli?

Ada beberapa penyebab kamu tidak bisa akses pelatihan yang sudah dibeli, seperti:

  • Lupa kode voucher. Kamu bisa mengecek e-mail yang kamu terdaftar saat membeli pelatihan tersebut. Silakan konfirmasi langsung ke Platform Digital di mana kamu membeli pelatihan.

  • Lupa akun atau password di Platform Digital dan Lembaga Pelatihan. Kamu bisa reset password di situs Platform Digital dan Lembaga Pelatihan yang kamu gunakan.

  • Belum menyelesaikan pelatihan sebelumnya. Kamu harus menyelesaikan pelatihan sebelumnya terlebih dahulu agar kamu bisa melakukan akses ke pelatihan berikutnya.

Apakah saya bisa minta refund pelatihan yang tidak bisa saya akses?

Refund pelatihan yang tidak bisa diakses tergantung pada kebijakan masing-masing Platform Digital tempat kamu membeli pelatihan. Silakan hubungi customer service Platform Digital untuk informasi lebih lanjut.

Saya sudah menyelesaikan pelatihan, kok sertifikat belum muncul di dashboard Prakerja?

Sertifikat pelatihan akan muncul di dashboard kamu setelah menyelesaikan pelatihan paling lambat satu hari kerja sesudah Manajemen Pelaksana menerima laporan penyelesaian pelatihan dari Platform Digital. Jika sertifikat belum muncul, kamu dapat menghubungi contact center Platform Digital.

Mengapa nama di sertifikat tidak sesuai dengan nama saya?

Sertifikat pelatihan diterbitkan langsung oleh Lembaga Pelatihan. Jika ada kekeliruan dalam penulisan nama di sertifikat pelatihan, kamu bisa menghubungi Lembaga Pelatihan untuk konfirmasi lebih lanjut. Selain itu, pastikan kamu menggunakan nama asli kamu di profil akun Platform Digital dan Lembaga Pelatihan agar nama di sertifikat sama dengan nama aslimu.

Bagaimana jika link sertifikat di dashboard saya tidak bisa dibuka?

Pastikan dahulu ya jaringan internet kamu dalam kondisi baik dan stabil, lalu kamu bisa coba kembali untuk membuka link sertifikat. Bila kamu masih menemui kendala, kamu bisa mengisi Formulir Pengaduan dengan melampirkan screenshot dashboard pada bagian sertifikat.

Apa yang harus saya lakukan setelah menyelesaikan pelatihan?

Setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat, kamu harus segera mengisi rating dan ulasan pelatihan di dashboard kamu. Pastikan kamu memberikan rating dan ulasan dengan jujur sesuai pengalaman pelatihan kamu.

Bagaimana cara mengisi rating dan ulasan di dashboard saya?

Cek Pelatihan Saya di dashboard kamu dan pastikan tombol Tulis Ulasan sudah aktif dan berwarna biru. Kilik tombol tersebut.

Pilih bintang untuk mengisi rating sesuai dengan tingkat kepuasanmu saat mengikuti pelatihan. Bintang 1 artinya kamu sangat tidak puas dan bintang 5 artinya kamu sangat puas.

Tulis ulasan dengan jujur untuk meningkatkan kualitas pelatihan yang kamu ambil.

Simpan rating dan ulasan kamu dengan klik tombol Kirim. Sekarang kamu bisa membeli pelatihan lainnya.

Jika nilai tes akhir pelatihan saya tidak memuaskan, apakah saya tetap bisa menerima insentif?

Kamu tetap akan menerima insentif selama kamu sudah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan sertifikat penyelesaian pelatihan serta mengisi rating dan ulasan di dashboard Prakerja kamu. Nilai tes akhir pelatihan kamu hanya digunakan untuk menilai pemahaman kamu terhadap pelatihan yang telah diikuti.

Apakah saya bisa melihat rekomendasi pekerjaan di dashboard saya?

Tentu saja! Kamu bisa melihat rekomendasi pekerjaan di dashboard kamu dengan memasukkan keahlian yang kamu miliki atau berdasarkan pelatihan yang sudah pernah kamu ikuti di Kartu Prakerja.

Kamu juga dapat melihat detail rekomendasi pekerjaan, seperti deskripsi, persyaratan dan alamat kantor dengan cara klik pekerjaan yang menarik minatmu.

Halo, Sobat Prakerja.

Butuh bantuan?

Halo, Sobat Prakerja.

Butuh bantuan?

Live Chat FeatureForm PengaduanHubungi Kami