Pelatihan

Terakhir diperbaharui: 06 November 2023

Kategori Pertanyaan

Di mana saja saya dapat menggunakan saldo pelatihan untuk membeli/membayar pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Kamu dapat menggunakan saldo pelatihan Kartu Prakerja hanya di Platform Digital yang resmi bekerja sama, yaitu:

Kamu dapat membaca tutorial pembelian pelatihan menggunakan Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran pada mitra Platform Digital, di sini

Apa saja syarat yang perlu diperhatikan untuk membeli pelatihan di Platform Digital?
Subsstract IconExpand Icon
  • 1 (satu) akun atau user ID di Platform Digital hanya dapat menggunakan 1 (satu) nomor Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran pembelian pelatihan pada Platform Digital dan/atau tidak dapat menggunakan lebih dari 1 (multiple) nomor Kartu Prakerja.
  • Pastikan kamu memasukkan OTP yang benar saat membeli pelatihan di Platform Digital.
  • Memenuhi persyaratan usia yaitu berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 64 (enam puluh empat) tahun.
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
Apa saja jenis pelatihan yang bisa saya beli/bayar dengan Kartu Prakerja?
Subsstract IconExpand Icon

Ada 3 jenis pelatihan yang tersedia:

  • Pelatihan Online
    Pelatihan online adalah pelatihan dengan menggunakan perangkat digital, seperti komputer dan ponsel pintar yang terkoneksi ke jaringan internet. Pelatihan online tidak perlu tatap muka di lokasi fisik dan dapat dilakukan di mana saja sesuai jadwal yang dipilih. Contoh pelatihan online adalah webinar dan LMS (Learning Management System).

  • Pelatihan Offline
    Pelatihan offline adalah pelatihan secara tatap muka di lokasi dan jadwal yang sudah ditentukan oleh lembaga pelatihan.

  • Pelatihan Bauran
    Pelatihan bauran menggabungkan metode pelatihan online dan pelatihan offline, sehingga perlu ada perangkat digital yang terkoneksi ke jaringan internet. Kamu juga harus datang ke sesuai jadwal dan lokasi yang sudah ditentukan oleh lembaga pelatihan.

Apa saja kategori pelatihan yang bisa saya beli/bayar dengan Kartu Prakerja?
Subsstract IconExpand Icon

Ada banyak kategori pelatihan yang bisa kamu beli dengan Kartu Prakerja, mulai dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha. Pelatihan yang bisa kamu pilih, antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial dan lain-lain. Kamu bisa cek kategori pelatihan lainnya yang tersedia di situs Platform Digital.

Apakah ada batas waktu pembelian pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Ya, kamu hanya dapat membeli pelatihan pertamamu dalam waktu 15 (lima belas) hari kalender setelah kamu mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai Penerima Kartu Prakerja dari Manajemen Pelaksana. Jika melebihi batas waktu tersebut dan kamu belum membeli pelatihan, Kartu Prakerja kamu akan dinonaktifkan/dicabut kepesertaannya dan kamu tidak dapat mengikuti kembali Program Kartu Prakerja. Saldo bantuan pelatihanmu juga akan hangus dan akan dikembalikan ke Rekening Negara.

Jika kamu ingin membeli pelatihan online, pastikan pembelian dilakukan minimal 1 (satu) hari kalender sebelum tanggal pelatihan dimulai. Sedangkan untuk pelatihan offline, batas waktu pembelian pelatihan adalah minimal 3 (tiga) hari kalender sebelum tanggal pelatihan dimulai.

Apakah saya dapat membeli lebih dari satu pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Bisa, namun kamu hanya boleh membeli pelatihan yang kedua setelah kamu menyelesaikan pelatihan pertama kamu dan mengisi rating ulasan. Pastikan kamu masih mempunyai sisa saldo yang cukup dan membeli pelatihan kedua dalam kurun waktu 15 (lima belas) hari kalender setelah penyelesaian pelatihan pertama dan mengisi rating ulasan.

Bagaimana jika saldo pelatihan saya tidak cukup untuk membeli pelatihan yang saya mau?
Subsstract IconExpand Icon

Saat ini, kamu hanya dapat membeli pelatihan dengan besaran sama atau kurang dari jumlah pagu kamu. Jadi, pastikan saldo kamu cukup ya untuk membeli pelatihan yang kamu mau!

Bagaimana jika saya gagal menggunakan saldo pelatihan di Platform Digital?
Subsstract IconExpand Icon

Pastikan kamu telah memasukkan nomor Kartu Prakerja dan OTP yang benar pada saat membeli pelatihan di Platform Digital. Selain itu, pastikan juga kamu telah memenuhi kriteria untuk mengikuti pelatihan, seperti batas minimal usai dan batas minimal pendidikan. Jika masih terdapat kendala, kamu dapat menghubungi customer service Platform Digital atau kamu dapat menghubungi kami di Formulir Pengaduan .

Bagaimana jika pembelian pelatihan saya bermasalah?
Subsstract IconExpand Icon

Saat membeli pelatihan, pastikan bahwa saldo pelatihan kamu masih tersedia, koneksi internet stabil dan kamu telah memasukkan nomor Kartu Prakerja dan OTP yang benar. Kamu juga harus memastikan kamu memenuhi kriteria untuk mengikuti pelatihan, seperti batas minimal usia dan batas minimal pendidikan. Jika masih bermasalah, kamu bisa menghubungi customer service Mitra Platform Digital di bawah ini:

Apakah pelatihan yang sudah saya beli bisa diganti?
Subsstract IconExpand Icon

Jika kamu ingin mengganti pelatihan yang sudah kamu beli, kamu bisa melakukan pembatalan pelatihan terlebih dahulu sesuai dengan syarat dan ketentuan berikut:


  • Pelatihan belum diikuti.
  • Pembatalan pelatihan dilakukan paling lambat 3 Hari Kalender sebelum pelatihan dimulai dan paling lambat 3 Hari Kalender setelah transaksi pembelian dilakukan.
  • Pelatihan yang sebelumnya sudah dibatalkan, tidak dapat dibeli lagi.

Contoh skenario batas maksimal melakukan pembatalan pelatihan:

  • Skenario 1

Peserta membeli pelatihan pada tanggal 19 Juli 2023, pelatihan dimulai pada tanggal 22 Juli 2023. Peserta hanya bisa membatalkan pelatihan 3 Hari Kalender sebelum tanggal 22 Juli 2023 sehingga peserta harus membatalkan pelatihan yang sudah dibeli pada tanggal 19 Juli 2023.

  • Skenario 2

Peserta membeli pelatihan pada tanggal 19 Juli 2023, pelatihan dimulai pada tanggal 23 Juli 2023. Peserta dapat melakukan pembatalan pelatihan pada tanggal 19 sampai 20 Juli 2023.

  • Skenario 3

Peserta membeli pelatihan pada tanggal 19 Juli 2023, pelatihan dimulai pada tanggal 31 Juli 2023. Peserta dapat melakukan pembatalan pelatihan pada tanggal 19 sampai 22 Juli 2023.

  • Skenario 4

Peserta membeli pelatihan pada tanggal 19 Juli 2023, pelatihan dimulai pada tanggal 20 Juli 2023. Peserta sudah tidak bisa membatalkan pelatihan karena pembatalan pelatihan bisa dilakukan paling lambat  3 Hari Kalender sebelum pelatihan dilakukan.


Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pembatalan pelatihan yang sudah kamu beli:


Pembatalan transaksi dapat dilakukan di tombol Cek Detail Transaksi atau tombol Lihat Detail.



Klik Batalkan Pelatihan untuk membatalkan transaksi pelatihan yang sudah dibeli.


Lalu kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi pembatalan pelatihan. Klik Batalkan Pelatihan.


Pilih alasan mengapa kamu ingin melakukan pembatalan pelatihan.


Pelatihan berhasil dibatalkan


Setelah pembatalan transaksi pelatihan berhasil, kamu dapat melihat riwayat pembatalan pelatihan kamu pada Riwayat Transaksi.


Kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan mengenai pembatalan pelatihan melalui email.


Saldo pelatihan akan langsung dikembalikan ke akun prakerja kamu dan silahkan untuk segera melakukan pembelian pelatihan kembali.

Bagaimana jika saya tidak tahu pelatihan mana yang saya harus beli?
Subsstract IconExpand Icon

Kamu bisa mengunjungi situs Digital Platform untuk mencari pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa melihat rekomendasi pelatihan di dashboard kamu, lho!

Kamu juga bisa langsung memilih rekomendasi pelatihan yang tersedia di beberapa mitra Platform Digital.

Apakah saya bisa mencari pelatihan yang ingin saya ikuti?
Subsstract IconExpand Icon

Tentu saja bisa! Sekarang kamu bisa mencari pelatihan yang kamu inginkan di dashboard pelatihan kamu, lho!

Ketik nama atau judul pelatihan yang kamu minati

Lalu, akan muncul pelatihan sesuai dengan kata kunci yang kamu ketik

Kamu juga bisa menggunakan filter agar hasil pencarian pelatihan kamu lebih akurat. Kamu bisa menggunakan filter berdasarkan harga pelatihan, rating, durasi pelatihan, tingkat materi dan cara mengajar

Selanjutnya akan muncul hasil pencarian pelatihan sesuai filter yang telah kamu aplikasikan

Bagaimana saya bisa redeem pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Untuk bisa redeem pelatihan, kamu harus melihat kode redeem yang ada bisa dilihat di email atau detail pelatihan di dashboard kamu.

Buka kotak masuk email yang kamu daftarkan ke akun Prakerja. Cari email dengan kata kunci “Pembelian Pelatihan” seperti di bawah ini. Kamu akan menemukan kode redeem yang bisa kamu gunakan untuk redeem pelatihan.

Selain di email, kamu juga bisa melihat kode redeem di detail pelatihan yang sudah kamu beli di dashboard. Klik pelatihan yang sudah kamu beli di Pelatihan Saya.

Jika kamu membeli pelatihan yang diselenggarakan secara online, kamu bisa melihat kode redeem dengan tampilan di bawah ini.

Masukkan kode redeem di lembaga pelatihan untuk mengikuti pelatihan

Kode redeem kamu berhasil diverifikasi! Selanjutnya kamu bisa mengikuti pelatihan online di situs lembaga pelatihan

Apabila kamu membeli pelatihan yang diselenggarakan secara offline, kamu bisa redeem pelatihan dengan mendatangi lokasi pelatihan dan tunjukkan kode QR dengan klik tombol Lihat QR

Tunjukkan kode QR ke lembaga pelatihan untuk verifikasi pelatihan yang akan kamu ikuti.

Sistem sedang memverifikasi kode QR kamu

Kode QR kamu berhasil terverifikasi. Kamu bisa mengikuti pelatihan offline dengan jadwal yang sudah ditentukan

Selain kode redeem, mengapa saya juga harus memasukkan kode voucher untuk mengakses pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Jika kamu membeli pelatihan dari digital platform yang memberikan kode voucher, kamu harus juga harus memasukkan kode tersebut bersama dengan kode redeem untuk dapat mengakses pelatihan.

Bagaimana jika redeem pelatihan saya bermasalah?
Subsstract IconExpand Icon

Ada beberapa penyebab kode redeem kamu bermasalah, yaitu:

  • Kode redeem tidak ditemukan
  • Tipe pelatihan tidak sesuai
  • Kode redeem bukan milik lembaga pelatihan yang kamu pilih
  • Kode redeem sudah dibatalkan
  • Transaksi sudah dibatalkan
  • Kode redeem sudah digunakan
  • Tidak melakukan redeem pada jadwal yang sudah ditentukan, yaitu :
    • Pelatihan Online : 1 jam sebelum pelatihan dimulai sampai dengan 1 jam setelah pelatihan dimulai.
    • Pelatihan Offline : 1 jam sebelum pelatihan dimulai sampai dengan 2 jam setelah pelatihan dimulai.

Pastikan kamu sudah mengisi kode redeem sesuai yang tertera di email dan detail pelatihan di dashboard kamu. Jika masih ada kendala, silakan isi Formulir Pengaduan

Apakah ada tes yang harus saya ikuti sebelum memulai pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Ya, penerima Kartu Prakerja wajib mengikuti pre-test atau tes awal terlebih dahulu di lembaga pelatihan sebelum memulai pelatihan. Tes awal ini terdiri dari beberapa pertanyaan mengenai materi pelatihan yang kamu pilih. Tenang saja, tes awal ini hanya bertujuan untuk melihat pengetahuan awal kamu, kok!

Bagaimana jika saya tidak dapat melanjutkan pelatihan karena ada kendala di video/webinar saya?
Subsstract IconExpand Icon

Kamu harus memastikan koneksi jaringan stabil saat mengambil pelatihan dan coba menggunakan perangkat lain terlebih dahulu. Jika kamu masih mengalami kendala, kamu bisa menghubungi Lembaga Pelatihan terkait.

Lho, kok saya tidak bisa akses pelatihan yang sudah saya beli?
Subsstract IconExpand Icon

Ada beberapa penyebab kamu tidak bisa akses pelatihan yang sudah dibeli, seperti:

  • Lupa kode voucher. Kamu bisa mengecek e-mail yang kamu terdaftar saat membeli pelatihan tersebut. Silakan konfirmasi langsung ke Platform Digital di mana kamu membeli pelatihan.

  • Lupa akun atau password di Platform Digital dan Lembaga Pelatihan. Kamu bisa reset password di situs Platform Digital dan Lembaga Pelatihan yang kamu gunakan.

  • Belum menyelesaikan pelatihan sebelumnya. Kamu harus menyelesaikan pelatihan sebelumnya terlebih dahulu agar kamu bisa melakukan akses ke pelatihan berikutnya.

 

Apakah saya bisa minta refund saldo pelatihan yang tidak bisa saya akses?
Subsstract IconExpand Icon

Pengembalian atau refund saldo pelatihan yang tidak bisa diakses tergantung pada kebijakan masing-masing Platform Digital tempat kamu membeli pelatihan. Silakan hubungi customer service Platform Digital untuk informasi lebih lanjut.

Saya sudah menyelesaikan pelatihan, kok sertifikat belum muncul di dashboard Prakerja?
Subsstract IconExpand Icon

Sertifikat pelatihan akan muncul di dashboard kamu paling cepat 7 hari setelah kamu menyelesaikan unjuk keterampilan. Pastikan kamu sudah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dan mengumpulkan unjuk keterampilan kepada Lembaga Pelatihan yang kamu ikuti. Jika sertifikat belum muncul di dashboard dalam waktu tersebut, kamu dapat menghubungi contact center Platform Digital atau menghubungi kami kembali.

Mengapa nama di sertifikat tidak sesuai dengan nama saya?
Subsstract IconExpand Icon

Sertifikat pelatihan diterbitkan langsung oleh Lembaga Pelatihan. Jika ada kekeliruan dalam penulisan nama di sertifikat pelatihan, kamu bisa menghubungi Lembaga Pelatihan untuk konfirmasi lebih lanjut. Selain itu, pastikan kamu menggunakan nama asli kamu di profil akun Platform Digital dan Lembaga Pelatihan agar nama di sertifikat sama dengan nama aslimu.

Bagaimana jika link sertifikat di dashboard saya tidak bisa dibuka?
Subsstract IconExpand Icon

Pastikan dahulu ya jaringan internet kamu dalam kondisi baik dan stabil, lalu kamu bisa coba kembali untuk membuka link sertifikat. Bila kamu masih menemui kendala, kamu bisa mengisi Formulir Pengaduan dengan melampirkan screenshot dashboard pada bagian sertifikat.

Apa yang harus saya lakukan setelah menyelesaikan pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat, kamu harus segera mengisi rating dan ulasan pelatihan di dashboard kamu. Pastikan kamu memberikan rating dan ulasan dengan jujur sesuai pengalaman pelatihan kamu.

Bagaimana cara mengisi rating dan ulasan di dashboard saya?
Subsstract IconExpand Icon

Cek Pelatihan Saya di dashboard kamu dan pastikan tombol Tulis Ulasan sudah aktif dan berwarna biru. Klik tombol tersebut.

Akan muncul pop up untuk mulai mengisi ulasan. Klik Mulai Beri Ulasan

Pilih bintang untuk mengisi rating sesuai dengan tingkat kepuasanmu saat mengikuti pelatihan. Bintang 1 (satu) artinya kamu sangat tidak puas dan bintang 5 (lima) artinya kamu sangat puas. Jika sudah memberi rating, klik Lanjut

Tulis ulasan dengan jujur untuk meningkatkan kualitas pelatihan yang kamu ambil. Jika sudah, klik Lanjut

Cek kembali rating dan ulasan yang sudah kamu isi. Pastikan ya sudah sesuai dengan pengalaman kamu selama mengikuti pelatihan! Jika sudah sesuai, klik Kirim

Rating dan ulasan kamu berhasil terkirim! Sekarang kamu bisa membeli pelatihan lainnya

Apakah rating dan ulasan yang saya berikan akan membantu penerima Prakerja lainnya dalam memilih pelatihan?
Subsstract IconExpand Icon

Tentu saja! Selain meningkatkan kualitas pelatihan yang kamu ambil, kamu juga bisa membantu penerima Prakerja lainnya untuk menentukan pelatihan yang akan diambil sesuai minatnya. Kamu bisa melihat rating dan ulasan yang diberikan oleh penerima Prakerja lainnya di laman pelatihan seperti di bawah ini

Jika nilai tes akhir pelatihan saya tidak memuaskan, apakah saya tetap bisa menerima insentif?
Subsstract IconExpand Icon

Kamu tetap akan menerima insentif selama kamu sudah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan sertifikat penyelesaian pelatihan serta mengisi rating dan ulasan di dashboard Prakerja kamu. Nilai tes akhir pelatihan kamu hanya digunakan untuk menilai pemahaman kamu terhadap pelatihan yang telah diikuti.

Apakah saya bisa melihat rekomendasi pekerjaan di dashboard saya?
Subsstract IconExpand Icon

Tentu saja! Kamu bisa melihat rekomendasi pekerjaan di dashboard kamu dengan memasukkan keahlian yang kamu miliki atau berdasarkan pelatihan yang sudah pernah kamu ikuti di Kartu Prakerja.

Kamu juga dapat melihat detail rekomendasi pekerjaan, seperti deskripsi, persyaratan dan alamat kantor dengan cara klik pekerjaan yang menarik minatmu.

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Halo, sobat Prakerja.

Pilih menu berikut

Icon telpTelepon Kami (Gratis)Icon livechatLive ChatIcon sendForm Pengaduan